Bolehkan Ibu Menyusui Makan Durian?

Durian merupakan buah musiman di Indonesia. Bagi sebagian orang durian menjadi buah yang enak dan wajib dicoba. Tapi apakah ibu menyusuai boleh makan durian? Masalah ibu menyusuai makan durian memang sering menjadi perbincangan banyak orang. ada banyak mitos yang berkembang di masyarakat tentang durian. Katanya ibu menyusui tidak boleh makan durian, karena bisa mempengaruhi produksi asinya. Selain itu akan berpengaruh ke bayi. Apakah semua itu benar? Oleh karena itu kita akan membahasnya semuanya lengkap disini.

 

bolehkan ibu menyusui makan durian

Kandungan Gizi Buah Durian

Sebelumnya kita akan membahas tentang kandungan yang terdapat di dalam durian. Sehingga anda tahu apakah buah ini baik untuk ibu menyusui atau tidak. Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat di dalam buah durian.

  • Antioksidan

Buah durian termasuk jenis buah yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas. Radikal bebas inilah yang menjadi penyebab berbagai jenis penyakit.

  • Serat Tinggi

Kandungan serat di dalam buah durian pun cukup tinggi. Serat digunakan untuk membantu proses pencernaan. Kandungan serat di dalam buah durian sekitar 3,8 gram. Jika serat dalam tubuh terpenuhi, sistem pencernaan lancar dan terhindar dari masalah sembelit.

  • Kalium

Kalium berfungsi dalam semua sistem metabolisme tubuh. Kandungan kalium di dalam durian sekitar 436 mg. kalium juga berfungsi untuk menjaga kepadatan otot dan tulang, menurunkan tekanan darah, menjaga sistem kardiovaskuler dan masih banyak lainnya.

  • Vitamin
Baca Juga  Bolehkan Memberikan Asi Campur Sufor (Susu Formula) Pada Bayi?

Ada beberapa kandungan vitamin di dalam buah durian. Misalnya vitamin B6 yang berfungsi untuk mengatasi stres, membuat emosi lebih stabil dan lainnya. selain itu masih banyak kandungan vitamin lainya, yang baik untuk tubuh.

  • Fosfor

Fosfor berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Di dalam buah durian juga mengandung fosfor, walaupun jumlahnya tidak begitu banyak.

Selain kandungan nutrisi diatas, tentunya masih banyak kandungan nutrisi yang terdapat di buah durian. Lalu melihat kandungan diatas, apakah ibu menyusui makan durian diperbolehkan? Inilah yang menjadi pertanyaan banyak orang. apalagi anda tipe orang yang sangat suka durian. Ketika musim durian, pasti ingin mencobanya walaupun hanya sedikit.

Durian Untuk Ibu Menyusui, Bolehkan?

ibu menyusui makan durian

Hampir semua dokter kandungan atau dokter anak, tidak melarang ibu menyusui konsumsi durian. Asalkan masih dalam jumlah yang pantas atau secukupnya. Seperti yang anda tahu, durian mengandung gas tinggi. Ibu yang tidak menyusui saja, bila konsumsi durian terlalu banyak akan membuat perut kurang nyaman. Konsumsi durian berlebihan akan membuat produksi gas di dalam lambung meningkat dan mmebuat sistem pencernaan kurang nyaman. Apalagi anda memiliki penyakit maag, rasa sakitnya akan terasa lebih parah.

Jika sistem pencernaan kurang nyaman, tentunya akan berpengaruh cara mengurus bayi. Ibu tidak bisa menyusui bayi dengan baik. tetapi sampai saat ini belum ada penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi durian bisa mempengaruhi produksi asi atau rasa asi. Itu hanyalah mitos, apapun makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu tidak akan mempengaruhi rasa asi. Rasa asi akan sama saja dan tidak membahayakan bayi.

Baca Juga  ASI vs Susu Formula, Mana Yang Baik Untuk Bayi?

Kalau ibu menyusui makan durian, silahkan saja. tidak ada larangan untuk memakannya. Tetapi ingat selalu makan secukupnya, jangan sampai terlalu banyak. setiap orang memiliki ketahanan yang berbeda-beda. Ada ibu hamil yang makan satu saja sudah bermasalah, ada juga yang makan banyak tetapi tidak bermasalah. Jadi selalu lihat kondisi ibu sendiri, hanya diri sendiri yang tahu kekuatan diri. Bila dipaksakan akan membuat perut kurang nyaman bahkan muntah-muntah. Kepala terasa pusing dan perut kurang nyaman. Jika hal ini terjadi pada anda, tentunya akan mengganggu cara mengurus bayi.

Secara umum berikut ini dampak buruk, jika ibu menyusui konsumsi buah durian terlalu banyak:

  • Kadar gula semakin meningkat, ini tidak baik untuk penderita diabetes.
  • Perut terasa panas, perih dan kurang nyaman bila konsumsi terlalu banyak
  • Mual, muntah bahkan bisa menyebabkan diare
  • Jika dikonsumsi bersama dengan alkohol bisa menyebabkan kehilangan kesadaran diri dan penyakit jantung
  • Meningkatkan kadar kolesterol di dalam darh

Dan masih banyak dampak buruk lainnya, yang harus dihindari. Jika ibu memiliki penyakit maag, hipertensi, jantung atau diabetes lebih baik untuk menghindari konsumsi durian. Karena bisa membuat penyakit semakin buruk. Kandungan karbohidrat di dalam buah durian pun sangat tinggi. Akan membuat kita cepat kenyang, akhirnya tidak mengkonsumsi sumber karbohidrat lainnya. padahal ibu hamil membutuhkan asupan gizi yang tinggi.

Baca Juga  Ibu Menyusui Minum Es, Boleh Atau Tidak?

Dari penjelasan diatas, diharapkan ibu menyusui tahu apa hal yang baik untuk di konsumsi dan mana yang tidak. Ibu menyusui makan durian memang tidak masalah, asalkan dalam jumlah yang wajar dan secukupnya. Jika takut dengan resiko lainnya, lebih baik untuk menghindari konsumsi durian terlebih dahulu. Lebih baik untuk konsumsi makanan yang lebih bergizi. Ada banyak buah dan sayuran yang lebih bagus untuk ibu menyusui. Membuat jumlah produksi asi meningkat dan memenuhi semua kebutuhan gizi bayi.

Jadilah ibu menyusui yang cerdas, jangan mudah percaya dengan mitos yang beredar di masyarakat. Cari tahu semuanya dengan lengap. Kalau perlu tanyakan langsung ke ahlinya, apalagi kini banyak dokter yang melayani pertanyaan online. Sehingga ibu bisa merawat dan membesarkan buah hati dengan baik. sekian infromasi tentang ibu menyusui makan durian. Semoga memberikan infromasi yang bermanfaat.