Ada banyak sekali mitos yang beredar di kalangan Ibu menyusui. Terkadang kita tidak bisa membedakan mana yang mitos dan mana yang fakta. Apalagi untuk ibu muda yang belum memiliki banyak pengalaman. Harus tahu pantangan apa saja yang dilarang bagi ibu hamil. Salah satu pantangan yang sering anda dengar adalah larangan minum air es karena takut bayi menjadi flu atau pilek. Apakah itu benar? Apakah ibu menyusui minum es memang tidak diperbolehkan? Oleh karena itu kita akan membahas semuanya secara lengkap dibawah ini.

ibu menyusui minum es amankah

Ibu Menyusui Minum Es Tidak Akan Membuat Anak Flu

Banyak ibu menyusui yang percaya bahwa minum es saat menyusui bisa mempengaruhi kesehatan bayi. Bayi bisa terserang flu dan pilek. Katanya es bisa membuat air asi dingin dan bila diminum bayi akan membuat bayi flu. Tetapi semua itu hanya mitos saja, belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Ketika masuk ke dalam tubuh, suhu air es berubah dan tidak akan mempengaruhi suhu asi ibu. Entah itu konsumsi makanan atau minuman panas dan dingin tidak akan mempengaruhi suhu asi.

Saat kita mengkonsumsi sesuatu, suhu makanan akan mengikuti suhu di dalam tubuh. Walaupun suhu makanan di luar tubuh dingin atau panas, saat masuk ke dalam tubuh langsung menyesuaikan suhu tubuh. Jadi secara tidak langsung, ibu menyusui minum es tidak akan mempengaruhi suhu asi di dalam tubuh dan membuat bayi kedinginan atau saki. Suhu asi akan tetap normal dan bisa dikonsumsi bayi seperti pada umumnya. Saat kita mengkonsumsi es pun, sebenarnya tidak bisa menyebabkan flu. Karena flu disebabkan oleh virus, yang bisa ditularkan lewat bersin, batuk,berbicara dan lainnya,. virus akan masuk ke dalam tubuh dan mengakibatkan influenza. Proses penularannya juga bisa melalui kotoran, ingus, air liur dan lainya.

Baca Juga  ASI vs Susu Formula, Mana Yang Baik Untuk Bayi?

Walaupun konsumsi es tidak mempengaruhi kesehatan bayi. Tetapi ibu menyusuai harus tetap waspada. Jangan konsumsi air es sembarangan, apalagi yang tidak diketahui kebersihannya. Jangan membeli es di pinggir jalan yang tidak steril. Lebih baik minum es buatan sendiri yang terbuat dari air matang dan sudah dipastikan kebersihannya. Es batu yang dipinggir jalan biasanya terbuat dari air mentah dan kotor. Bakteri atau virus tidak akan mati dan tetap ada di es, bila dikonsumsi bisa menyebabkan penyakit flu dan lainnya.

Terkadang air yang digunakan juga sudah tercemar berbagai hal. Bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya, termasuk diare. Bila ibu menyusui diare, akan mempengaruhi produksi asi. Tubuh akan mengalami dehidrasi dan membuat produksi ASI berkurang. Jika jumlah asi ibu menyusui berkurang tentunya akan mempengaruhi kesehatan bayi. Jika anda ingin mengkonsumsi air es pastikan untuk minum air es yang bersih dan dibuat sendiri. Jadi mulai sekarang tidak perlu takut lagi untuk konsumsi air es saat masih menyusui. Karena ibu menyusui minum es tidak mempengaruhi kesehatan bayi.

Menjaga Asupan Gizi Saat Menyusui

Ibu menyusui memang harus memperhatikan asupan makanannya. Karena bisa mempengaruhi banyak tidaknya produksi asi. Semua makanan yang dikonsumsi ibu saat menyusuai, akan diambil dan diserap oleh bayi. Oleh karena itu harus memperhatikan asupan gizi yang ia konsumsi setiap harinya. Ibu harus pintar memilih jenis makanan mana yang harus di makan dan mana yang tidak. Pastikan memilih makanan yang bisa mempengaruhi produksi asi dan memenuhi kebutuhan gizi bayi. Karena bayi yang baru lahir hanya mendapatkan asupan gizi dari asi. Berikut ini beberapa makanan yang baik untuk ibu menyusui,

  • Telur
Baca Juga  Bolehkan Memberikan Asi Campur Sufor (Susu Formula) Pada Bayi?

Telur merupakan sumber protein yang paling tinggi. Telur bisa membantu menambah asam lemak esensial yang bagus untuk asi. Anda bisa memilih telur yang difortifikasi DNA. Masak dengan cara direbus, diorak-arik atau dibuat omlete.

  • Salmon

Salmon merupakan sumber DHA yang sangat tinggi. DHA bisa membantu perkembangan sistem saraf bayi. Jika ibu menyusui banyak konsumsi makanan yang mengandung DHA tinggi, akan mempengaruhi tingkat DHA di ASI. DHA di dalam salmon juga ampuh mengatasi depresi setelah melahirkan. Batasi konsumsi salmon sekitar 12 ons per minggunya, untuk menghindari paparan merkuri terlalu banyak pada bayi.

  • Sayuran Hijau

Konsumsi sayuran hijau memiliki manfaat yang banyak sekali. Ada banyak kandungan vitamin dan nutrisi lainnya di sayuran hijau. Seperti vitamin A, Vitamin C, kalsium, antioksidan dan masih banyak lainnya. semua nutrisi tersebut sangat bagus untuk ibu hamil. Bisa meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan produksi asi dan lainnya. anda bisa membuat jus dari sayuran dan ditambahkan es. Karena ibu menyusui minum es tidak akan membahayakan kesehatan bayi.

  • Kurma

Kurma memang memiliki manfaat yang banyak sekali. Termasuk untuk ibu menyusui, akndungan kalsium bisa membantu meningkatkan produksi asi ibu. Seratnya yang tinggi akan membuat tubuh sang ibu tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Sebenarnya masih banyak makanan yang baik untuk ibu hamil. Pastikan untuk selalu memperhatikan kandungan gizi yang dikonsumsi setiap harinya. Selain itu perhatikan kebersihan makanan yang anda konsumsi. Jangan konsumsi makanan yang di jual di pinggir jalan dan tidak diketahui kebersihannya. Ila sang ibu terkena penyakit, bisa mempengaruhi produksi asi. Akhirnya bayi tidak bisa mengkonsumsi asi dengan baik. Tetapi untuk mitos ibu menyusuai minum es, tidak bermasalah bagi bayi. Anda tetap bisa konsumsi air dingin kapanpun.

Baca Juga  Ibu Menyusui Makan Pedas, Bolehkah?

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *