Ibu menyusui juga bisa terkena penyakit. Apalagi saat cuaca kurang bersahabat, pasti sangat mudah terkena Influenza. Cuaca yang tiba-tiba hujan panas dan berangin akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun dan membuat ibu menyusui sakit. Walaupun flu termasuk penyakit ringan, tetapi tetap butuh pengobatan. Apalagi kondisinya dibarengi dengan batuk, pilek dan demam. Untuk meredakan penyakit flu, biasanya ibu akan mengkonsumsi obat flu. Tetapi amankan? Ibu menyusui minum obat flu, apakah diperbolehkan?

ibu menyusui minum obat flu amankah

Amankan Ibu Menyusui Minum Obat Flu?

Inilah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh ibu menyusui, terutama ibu muda yang baru pertama kali melahirkan. Jawabannya adalah aman, ibu menyusui boleh mengkonsumsi obat flu. Saat anda terkena flu, anda diperbolehkan konsumsi obat flu asalkan tidak menunjukan gejala apapun. tetapi saat memilih obat flu, harus dperhatikan kandungan di dalamnya. Pastikan kandungan didalamnya aman untuk dikonsumsi dan hanya digunakan untuk menyembuhkan satu gejala. Karena ada beberapa kandungan di dalam obat flu yang tidak aman untuk ibu menyusui.

Sampai saat ini belum ada bahaya ibu menyusui minum obat flu. Aat flu anda membutuhkan dekongestan untuk mengatasi gejala flu. Seperti hidung yang tersumbat. Tetapi terkadang obat dekongestan oral, seperit kapsul, tablet atau sirup mengandung phenylephrine atau pseudoephedrin. Kedua kandungan kimia tersebut mungkin bisa mempengaruhi produksi asi. Kedua zat tersebut bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke payudara pun terganggu. Akhirnya produksi asi pun ikut menurun.

Baca Juga  Ibu Menyusui Makan Pedas, Bolehkah?

Oleh karena itu, anda harus memperhatikan kandungan zat kimia yang terdapat di obat flu. Walaupun begitu hal ini masih dibutuhkan pembuktikan lebih lanjut. Karena ada beberapa teori yang mengatakan, phenylephedrine an pseudoefedrin tidak mempengaruhi produksi asi. Terutama untuk ibu menyusui yang sudah menyusui selama satu atau dua bulan. Karena kelenjar sudah bekerja secara otomatis memproduksi asi sesuai dengan kebutuhan. America academy of pediatric pun mengatakan bahwa bahan kimia tersebut aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Bila anda masih ragu, bisa menggunakan obat dekongestan semprot atau jenis obat flu lainnya. saat ini pun banyak obat flu yang lebih aman. Tetapi perlu anda pahami, jangan konsumsi obat flu terlalu lama. Cukup 3-4 hari saja, karena tidak baik untuk produksi asi. Kandungan lain yang terdapat di obat flu adalah dextomethorphan. Kandungan ini berguna untuk mengatasi batuk karena fliu. Kandungan kimia ini aman untuk ibu menyusui. Sehingga ibu menyusui minum obat flu memang tidak berbahaya atau mempengaruhi kesehatan bayi.

Ada banyak sekali gejala yang sering muncul pada flu. Setiap orang mengalami gejala yang berbeda-beda. Misalnya anda yang mengalami sakit tenggorokan, batuk, demam, pilek dan lainnya. lebih baik untuk minum obat sesuai dengan gejala yang anda alami. Jika tenggorakan terasa sakit, anda bisa mengobati dengan konsumsi ibuprofen, acetaminophen (paracetamol), atau naproxen sodium. Bahan kimia tersebut aman untuk ibu menyusui. Asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai aturan.

Baca Juga  Ibu Menyusui Minum Es, Boleh Atau Tidak?

Jika muncul gejala alergi yang menyertai flu, anda bisa mengkonsumsi obat yang mengandung antihistamin. Obat ini aman dikonsumsi oleh ibu menyusui. Obat alergi banyak yang menyebabkan kantuk. Terutama yang mengandung chlorpheniramine dan diphenhydramine. Kedua bahan tersebut akan menyebabkan lesu dan kantuk. Jika anda mengkonsumsi obat tersebut saat menyusui, bisa menyebabkan bayi mengantuk. Oleh karena itu plihlah obat alergi antihistamin yang tidak menyebabkan kantuk. Misalnya jenis fexofenadine dan loratadine.

Hal Yang Harus Diperhatikan Bila Konsumsi Obat Flu Saat Menyusui

bolehkah ibu menyusui minum obat flu

Ibu menyusui minum obat flu memang aman, tetapi tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Anda tidak boleh konsumsi obat flu sembarangan, karena bisa mempengaruhi produkasi ASI. Selalu perhatikan kandungan di dalamnya. Jangan sampai konsumsi obat flu yang mengandung bahan berbahaya buat ibu menyusui. Cek petunjuk penggunan obatnya. Minum obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Perhatikan juga efek samping bagi ibu dan bayi.

Selain itu lebih baik hindari konsumsi obat flu mendekati jadwal memberikan asi pada bayi. Anda bisa mengkonsumsi obat 1-2 jam sebelum menyusui. Supaya lebih aman, anda bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Apalagi flu anda tidak sembuh dalam waktu yang lama. Sehingga dokter bisa memberikan obat yang tepat dan aman bagi ibu menyusui. Jika harus mengkonsumsi obat kumur untuk sakit tenggorokan. Hindari obat yang mengandung povidone-iodine. Karena bahan tersebut bisa meningkatkan kadar yodium di dalam asi.

Baca Juga  ASI vs Susu Formula, Mana Yang Baik Untuk Bayi?

Mengatasi Flu Tanpa Obat

Jika anda takut untuk mengkonsumsi obat flu. Lebih baik atasi dengan cara alami, tanpa harus konsumsi obat flu. Apalagi flu bukanlah penyakit berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya. Asalkan kita bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut ini cara mengatasi flu tanpa obat yang bisa anda lakukan:

  • Minum air putih yang banyak
  • Istirahat yang cukup
  • Hirup uap air hangat, untuk mengatasi hidung yang tersumbat
  • Konsumsi makanan sehat yang banyak
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin c tinggi
  • Minum air hangat yang dicampur dengan madu dan air lemon. Ramuan ini terbukti ampuh mengatasi flu

Dengan melakukan cara diatas, penyakit flu lebih cepat sembuh tanpa harus minum obat. Pastikan untuk menjaga kesehatan tubuh, bila flu tidak kunjung sembuh segera periksa ke dokter. jika dibiarkan bisa menular ke bayi anda. Sekian infromasi tentang amankan ibu menyusui minum obat flu. Semoga bermanfaat.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *