Cara Pemberian ASI Pada Bayi Baru Lahir yang Benar Agar Tidak Muntah

Setelah proses melahirkan, hal pertama yang harus dilakukan oleh bunda adalah memberikan ASI eksklusif pada bayi yang baru lahir. Ya, pemberian ASI pada bayi baru lahir merupakan tugas pertama seorang ibu untuk menjaga kesehatan bayi. Selain itu, ASI eksklusif menjadi satu-satunya makanan yang aman dan bisa diterima oleh sistem pencernaan bayi yang baru lahir.

pemberian ASI pada bayi baru lahir yang baik

Dalam kesempatan ini, kita akan membahas cara pemberian ASI pada bayi baru lahir yang benar. Ya, hal ini penting untuk bunda perhatikan. Salah satu kesalahan ibu menyusui adalah mereka tidak mengetahui cara menyusui yang tepat sehingga terkadang bayi akan tersedak dan muntah. Lantas, bagaimana cara memberikan ASI yang tepat untuk bayi baru lahir? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Tips Memberikan ASI Pada Bayi Baru Lahir

Ada beberapa hal penting terkait pemberian ASI pada bayi baru lahir yang harus bunda ketahui. Dengan mengetahui cara pemberian ASI tersebut, tentu bunda akan bisa memberikan ASI pada bayi dengan lebih maksimal. Adapun beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Cara Memegang Bayi

Hal pertama terkait cara pemberian ASI pada bayi baru lahir yang harus bunda perhatikan adalah cara memegang bayi. Tentu, bunda harus memegang bayi dengan benar agar bayi merasa nyaman saat diberi ASI. Untuk memegang bayi, bunda harus menempatkan tubuh bayi berhadapan dengan tubuh bunda.

Setelah itu, atur posisi kepala bayi agar sesuai dengan payudara bunda. Nah, posisi seperti ini akan membuat bayi merasa nyaman. Tidak hanya itu, bayi juga tidak akan tersedak ataupun muntah karena posisi pemberian ASI memudahkan ASI masuk dalam sistem pencernaan.

  • Membuka Mulut Bayi
Baca Juga  Kesehatan Ibu dan Anak: Apakah Boleh dan Baik Bila Ibu Menyusui Minum Soda Susu?

Bayi yang baru lahir belum memiliki insting yang kuat, termasuk pada saat diberikan ASI. Nah, dalam hal ini, untuk pemberian ASI pada bayi baru lahir, bunda terkadang harus membuka mulut bayi dan mengarahkannya pada putting payudara bunda. Selain itu, bunda juga bisa menepuk pipi bayi dengan ringan sehingga bayi bisa menoleh ke bagian payudara dengan lebih mudah.

  • Jangan Bersandar Saat Menyusui

Cukup banyak ibu yang menyusui bayi mereka sambil bersandar. Mereka beralasan bahwa punggung mereka terasa pegal jika tidak bersandar. Padahal, bunda perlu tahu bahwa bersandar saat menyusui bisa menyulitkan posisi bayi. Ya, dengan bersandar, seolah posisi payudara dan mulut bayi menjadi semakin jauh.

Dengan demikian, pemberian ASI pada bayi baru lahir tentu tidak bisa maksimal, terlebih insting bayi baru lahir yang belum terlatih. Oleh karena itu, bunda sebaiknya lebih fleksibel dan menyesuaikan posisi bayi.

  • Melihat Pola Napas Bayi

Hal lain yang perlu diperhatikan terkait tips memberikan ASI pada bayi baru lahir yang bunda harus perhatikan adalah melihat pola napas bayi. Ya, ini adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Pola napas tersebut akan berpengaruh tentang bagaimana bayi menghisap dan mendapatkan ASI secara langsung.

Baca Juga  Ibu Menyusui Makan Mie Instan: Sehat dan Amankah Mie Ini Untuk Kesehatan Si Bayi?

Terkadang, napas bayi tampak tersengal-sengal saat meminum ASI. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti ASI susah keluar ataupun posisi bayi yang sebenarnya kurang pas. Nah, jika napas bayi belum teratur, coba bunda perbaiki posisi bayi saat meminum ASI. Bisa saja, badan bayi terlalu menekuk sehingga ia tidak bisa menghirup napas dengan bebas dan leluasa.

  • Gunakan Penyangga Tubuh

Seringkali, ibu hamil menyusui bayi mereka sambil berjalan-jalan di dalam rumah. Ini adalah salah satu hal yang biasa saja dan diperbolehkan. Selain mengurangi rasa bosan, gerakan tersebut bisa menjadi bentuk olahraga ibu menyusui.

Nah, dalam hal ini, jika bunda ingin menyusui sambil membopong bayi, maka sebaiknya bunda menggunakan penyangga tubuh. Penyangga tubuh ini merupakan hal yang cukup penting. Selain membuat posisi bayi lebih stabil, bunda juga bisa mengatur tubuh bayi dengan lebih mudah.

  • Gunakan Tangan Untuk Menopang Kepala

Selain menggunakan penyangga tubuh, bunda juga bisa menggunakan tangan untuk menopang kepala bayi. Ini adalah salah satu tips pemberian ASI pada bayi baru lahir yang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan menggunakan tangan untuk menopang kepala, bayi juga bisa diatur posisinya dengan lebih baik.

Selain mengatur posisi bayi, hal ini sebenarnya juga memberikan manfaat lain. Salah satu manfaat kenapa menopang kepala bayi menjadi hal penting adalah bunda bisa menempatkan kepada di posisi yang lebih tinggi dari badan. Dengan demikian, ASI yang disedot oleh bayi bisa langsung masuk ke sistem pencernaan. Selain itu, bayi juga bebas dari masalah, seperti tersedak.

  • Jangan Menyusui Sambil Tidur
Baca Juga  Mengetahui Beragam Kandungan ASI Eksklusif

Cukup banyak ibu menyusui yang memberikan ASI pada bayi mereka sambil tidur. Memang, dari sudut pandang ibu menyusui, hal ini akan memberikan kenyamanan. Ya, bunda bisa sambil istirahat saat harus memberikan ASI pada bayi. Namun, posisi ini termasuk salah satu posisi yang tidak disarankan dan sebaiknya bunda tinggalkan.

Ya, memberikan ASI pada bayi baru lahir sambil tiduran cukup berbahaya pada bayi. Sebagaimana diketahui bahwa bayi baru lahir memiliki kondisi yang masih lemah dan belum bisa banyak bergerak. Saat bunda memberikan ASI sambil tiduran, mau tidak mau bayi baru lahir harus berada dalam posisi miring.

Nah, posisi miring inilah yang berbahaya. Selain bisa membuat badan bayi menjadi sakit, menyusui sambil tiduran juga bisa membuat napas bayi kurang lancar dan efeknya bayi bisa tersedak.

Demikian beberapa hal penting terkait pemberian ASI pada bayi baru lahir yang perlu bunda ketahui. Beberapa tips di atas harus diperhatikan demi bayi yang sehat dengan ASI eksklusif. Semoga bermanfaat bagi bunda.