Kesehatan Ibu dan Anak: Apakah Boleh dan Baik Bila Ibu Menyusui Minum Soda Susu?

Apakah ini pertama kalinya anda dikaruniai seorang anak? Mendapatkan seorang anak memang merupakan hal yang membahagiakan. Namun, perlu anda ketahui bahwa mengandung hingga merawat anak sampai besar bukanlah hal yang mudah. Masalah kesehatan misalnya, menjadi hal paling penting untuk dipikirkan ketika anda hamil. Bahkan seorang ibu masih harus memperhatikan kesehatan ketika mulai menyusui. Bagaimana pun juga apa yang ibu makan akan mempengaruhi si anak. Lalu, apakah baik seorang ibu menyusui minum soda susu? Mari kita diskusikan lebih lanjut.

Ibu menyusui minum soda susu aman

Soda Susu dan Apa Manfaatnya Yang Dikenal

Sebelum kita dapat menyimpulkan baik tidaknya bila kita minum soda susu, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa yang membuat banyak orang masih menggemari minuman yang satu ini. Berbicara soal minuman, tidak semua minuman enak itu dibuat dengan bahan yang kompleks dan pengerjaan yang rumit. Soda susu adalah salah satu minuman yang meski dengan pembuatannya yang sederhana dan bahannya yang sedikit, masih tetap digemari banyak orang. Rasanya yang legit dan manis menjadikannya makanan penutup yang sempurna. Manisnya ini memanjakan mulut kita.

Namun, bukan rasanya saja yang membuat orang gemar meminumnya. Soda susu sangatlah segar karena sodanya. Dengan manisnya susu dan ditambah dinginnya es batu, minuman ini menjadi pelepas dahaga yang tepat di tengah teriknya mentari. Bukan hanya soal rasanya saja, banyak manfaat minum soda susu sebenarnya. Sebagai sumber energi adalah salah satunya. Bagaimana tidak? Susu mengandung gula. Gula inilah yang membantu menambah energi karena kandungan kalorinya. Selain kalorinya, susu sendiri juga punya kandungan yang dikenal untuk kesehatan tulang.

Baca Juga  Tata Cara Dan Manfaat Pemberian ASI Esklusif

bolehkah Ibu menyusui minum soda susu

Kandungan itu adalah kalsium. Selain kalsium, susu adalah salah satu sumber protein juga. Bahkan susu juga dikenal dapat membantu mencegah asma, membersihkan paru-paru dari nikotin, mengobati perut kembung, dan mengatasi masuk angin. Meski susu sendiri menawarkan banyak manfaat bagi tubuh, manfaat soda di sini hanyalah kesegarannya. Penting kiranya kita menilik lebih jauh apa yang terkandung dalam soda dan pengaruh apa yang soda itu dapat berikan pada tubuh kita. Bila sudah jelas sehatnya, tak akan ada yang bertanya mengenai soda susu untuk ibu menyusui.

Kandungan Soda Lebih Lanjut Untuk Diketahui

Hanya karena soda susu menawarkan banyak manfaat seperti yang sudah dijabarkan di atas, bukan berarti minuman ini baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Menjawab pertanyaan bolehkah ibu menyusui minum soda susu, kita perlu mengetahui kandungan soda lebih lanjut. Tahukah anda? Sebenarnya soda mengandung pewarna buatan, pemanis buatan, dan kafein. Seperti yang anda ketahui, pewarna dan pemanis buatan bukanlah bahan yang sesehat pewarna dan pemanis alami. Meski bahan buatan seperti ini banyak digunakan, pewarna alami tetaplah pilihan yang paling baik.

Selain bahan buatan, kandungan kafein juga perlu menjadi perhatian di sini. Kafein adalah stimulan. Bagi orang yang ingin tetap aktif melewati waktu istirahat misalnya, kafein menjadi efektif. Akan tetapi, perlu anda ketahui bahwa kafein memiliki daya serap yang tinggi. Begitu diserap usus dan darah, kandungan ini akan cepat disebarkan ke seluruh bagiian tubuh. Sayangnya, kafein tidak mudah dikeluarkan melalui urin. Setengah kadar dalam darah baru bisa dikeluarkan orang dewasa dalam jangka waktu 5 sampai 6 jam. Ide ibu menyusui minum soda susu perlu dipikirkan kembali.

Baca Juga  Ibu Menyusui Makan Mie Instan: Sehat dan Amankah Mie Ini Untuk Kesehatan Si Bayi?

Metabolisme bayi belumlah sanggup melakukan hal yang sama. Sekiranya, dibutuhkan waktu selama 14 jam untuk bayi mengeluarkannya melalui urin. Ingat bahwa apa yang ibu minum mempengaruhi bayi. Lebih tepatnya, apa yang ibu minum memberi pengaruh pada ASI yang kemudian ketika diminum bayi juga pada akhirnya akan mempengaruhi si bayi. Selain itu, menimbulkan gas dalam tubuh sehingga membuat perut tidak nyaman, baik itu pada sang ibu atau si bayi. Lalu, sebenarnya boleh atau tidak ibu menyusui minum soda susu? Mari kita simpulkan di bagian diskusi di bawah ini.

Apa Yang Dapat Disimpulkan Dari Faktanya

Setelah kita mengetahui fakta kandungan minuman soda susu, kita dapat menyimpulkan bahwa soda hanya bermanfaat karena efek segarnya saja. Memang, di saat-saat tertentu, kafeinnya menjadi stimulan yang diperlukan tubuh. Namun, jangan salah kira karena manfaat ini hanya diperuntukkan bagi orang dewasa dan tidak sedang dalam keadaan hamil atau menyusui. Anda memang yang meminumnya, tapi bayi kita juga akan merasakan efeknya. Saat hamil dan menyusui, asupan makanan dan minuman untuk ibu memang harus benar-benar diperhatikan dengan seksama.

Baca Juga  Cara Pemberian ASI Pada Bayi Baru Lahir yang Benar Agar Tidak Muntah

Bukan berarti soda susu seperti haram untuk ibu hamil dan menyusui. Mengingat bahwa kandungan susunya menyimpan banyak manfaat, masih ada kemungkinan soda susu dapat diminum. Hanya saja, tidak dianjurkan bagi ibu hamil maupun menyusui untuk mengkonsumsi minuman ini dan minuman bersoda lainnya. Ingat kembali potensi bahaya apa saja yang datang dari kandungannya. Bagaimana pun juga, sebelum anda berhenti menyusui, apa yang anda makan dan minum akan mempengaruhi bayi melalui ASI anda. Tentunya, anda tidak ingin si bayi sakit karena anda, bukan?

Karena itu, kurangi minuman bersoda seminim mungkin selama masa tersebut. Tubuh bayi belumlah kuat untuk menerima kandungan yang ada dalam susu soda, meskipun itu adalah susu. Ide ibu menyusui minum soda susu itu boleh, hanya saja harus dalam kadar yang wajar. Jangan minum kalau anda tidak benar-benar ingin minum. Pastikan juga bahwa asupan minuman ini tidak boleh lebih dari 300mg per hari. Tentu saja, akan lebih bagus lagi bila ibu tidak meminum minuman beralkohol sama sekali. Untuk kesehatan anda sendiri dan bayi anda, lebih berhati-hatilah lagi dalam mengkonsumsi.