Mengetahui Beragam Kandungan ASI Eksklusif

Memberikan ASI secara eksklusif merupakan tugas dari seorang ibu yang memiliki bayi. Sebagaimana diketahui, ASI adalah makanan yang dibutuhkan dan aman bagi sistem pencernaan bayi, terutama bagi bayi yang baru lahir. Nah, perlu diketahui bahwa kandungan ASI eksklusif begitu komplet sehingga anda perlu memberikan ASI secara eksklusif pada bayi anda.

kandungan ASI eksklusif nyata

Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beberapa kandungan yang ada di dalam ASI eksklusif. Dengan mengetahui beberapa kandungan tersebut, tentu anda menjadi tahu betapa pentingnya ASI bagi bayi. Lantas, apa saja kandungan yang terdapat dalam ASI tersebut? Simak beberapa ulasan singkat di bawah ini. Selamat membaca.

Beragam Kandungan ASI yang Baik Untuk Bayi

ASI eksklusif memiliki cukup banyak kandungan yang baik dan menjadi nutrisi yang sangat bagus untuk perkembangan bayi. Nah, adapun beberapa kandungan yang ada di dalam ASI eksklusif adalah sebagai berikut:

kandungan ASI eksklusif

  • Lemak

Kandungan pertama yang ada di dalam ASI eksklusif adalah lemak. Pada awalnya, ASI memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Salah satu kandungan ASIeksklusif terbaik ini memiliki dampak yang bagus untuk tubuh. Lemak yang ada dalam ASI bisa memacu pertumbuhan tubuh bayi sehingga berat badan bayi akan meningkat dengan cukup pesat.

  • Protein

Di dalam ASI eksklusif juga terdapat kandungan protein yang cukup tinggi. Kandungan protein yang ada di dalam ASI cenderung lebih baik daripada susu formula khusus bayi. Nah, kandungan protein ini sangat penting untuk perkembangan bayi, terutama untuk menutrisi otak bayi sehingga jaringan otak bisa tumbuh dengan lebih maksimal dan baik.

  • Gula
Baca Juga  Boleh Tidaknya Ibu Menyusui Minum Yakult Dilihat Dari Kandungan dan Manfaatnya

Selain protein, terdapat kandungan gula di dalam ASI eksklusif. Ini juga termasuk salah satu kandungan ASI eksklusif yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Gula mengandung glukosa. Zat inilah yang berperan untuk menghasilkan tenaga pada bayi. Dengan mengkonsumsi ASI eksklusif secara teratur, maka bayi akan tumbuh dengan lebih baik dan lebih aktif untuk bergerak.

  • Vitamin

Kandungan lain yang terdapat dalam ASI eksklusif dan penting untuk bayi adalah vitamin. Salah satu kandungan ASI eksklusif terbaik ini akan mengontrol sistem imun pada bayi. Dengan vitamin yang lengkap, tentu bayi bisa tumbuh dengan lebih baik dan memiliki pertahanan tubuh yang lebih baik untuk bertahan dari serangan berbagai jenis penyakit.

  • Mineral dan Zat Besi

Kandungan lain yang ada dalam ASI eksklusif adalah mineral dan zat besi. Kedua kandungan ASI eksklusif ini memiliki peran yang penting bagi perkembangan bayi. Nah, dengan adanya kedua kandungan ini, pertumbuhan bayi akan lebih maksimal, terutama pertubuhan tulang bayi yang akan semakin kuat dan lebih sehat.

Beragam kandungan ASI tersebut tentu menandakan betapa pentingnya pemberian ASI eksklusif pada bayi. Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan kandungan ASI eksklusif terbaik, anda juga harus memastikan jika produksi ASI lancar dan jumlah ASI juga banyak serta mampu mencukupi kebutuhan bayi.

Baca Juga  Tata Cara Dan Manfaat Pemberian ASI Esklusif

Makanan Penyokong Produksi ASI

Selain melihat beragam jenis kandungan ASI eksklusif terbaik sebagaimana dijelaskan di awal, hal lain yang perlu anda ketahui adalah makanan penyokong produksi ASI. Ya, mengkonsumsi jenis makanan ini tentu sangat baik agar produksi ASI menjadi lebih stabil dan banyak. Ada cukup banyak makanan yang bisa diandalkan untuk hal ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah terbaik yang bisa diandalkan untuk memacu produksi ASI eksklusif. Buah ini memiliki cukup banyak nutrisi yang sangat baik, seperti vitamin A, vitamin C, asam, kalium dan beragam jenis enzim. Konsumsi buah ini secara teratur akan merangsang kelenjar payudara untuk memproduksi lebih banyak ASI setiap hari.

  • Daun Katuk

Daun ini memang dianggap sebagai salah satu tanaman yang paling baik untuk membantu produksi ASI. Ya, hal ini cukup beralasan karena pada daun ini ditemukan beragam jenis protein penting yang sangat efektif meningkatkan produksi ASI secara signifikan. Nah, dengan kandungannya yang baik, anda bisa mengkonsumsi daun ini setiap hari jika dibutuhkan.

  • Sup Daging

Makanan lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan produksi ASI adalah sup daging. Dalam hal ini, anda bisa membuat sup dengan daging sapi, ayam ataupun ikan. Kandungan vitamin dan mineral yang begitu tinggi dari makanan ini merupakan faktor kenapa anda sebaiknya mengkonsumsi makanan ini setiap hari. Kandungan tersebut akan merangsang kelenjar payudara guna memproduksi ASI dengan jumlah yang lebih banyak.

  • Oatmeal
Baca Juga  Ibu Menyusui Makan Mie Instan: Sehat dan Amankah Mie Ini Untuk Kesehatan Si Bayi?

Oatmeal sering menjadi menu sarapan bagi sebagian orang. Namun, selain sebagai salah satu menu sarapan terbaik, oatmeal juga bisa digunakan untuk merangsang produksi ASI. Dengan beragam kandungan yang ada, oatmeal bisa diandalkan untuk membuat produksi ASI bertambah banyak dengan lebih mudah dan lebih cepat.

  • Bayam

Bayam adalah jenis sayuran yang begitu dinikmati. Selain rasanya yang cukup enak, kandungan nutrisi sayuran hijau ini tidak bisa di pungkiri banyaknya. Bayam memiliki vitamin komplet serta beragam jenis mineral. Kandungan yang ada dalam bayam inilah yang bisa membuat produksi ASI menjadi lebih meningkat dengan signifikan.

  • Wortel

Mengkonsumsi wortel juga bisa dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan produksi ASI. Ya, wortel adalah salah satu tanaman terbaik dengan beragam vitamin, mineral, dan zat lain yang bisa membantu memaksimalkan produksi ASI ibu menyusui.

Nah, demikian pembahasan mengenai kandungan ASI eksklusif dan juga beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan produksi ASI. Konsumsi makanan tersebut sehingga kebutuhan ASI bayi anda bisa terpenuhi dengan lebih maksimal. Semoga bermanfaat.