Tata Cara Dan Manfaat Pemberian ASI Esklusif

Pemberian asi eksklusif merupakan hal yang sangat direkomendasikan bagi ibu yang sedang menyusui bayinya. Anda perlu untuk mengetahui mengenai asi eksklusif karena hal ini penting untuk membuat setiap ibu menyusui menjadi sadar akan manfaat dan pentingnya asi bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi. Asi eksklusif diberikan kepada bayi selama 6 bulan penuh dan tanpa diberi tambahan makanan apapun selain asi. Program ini telah digalakkan oleh pemerintah karena memang manfaat dari asi sangatlah banyak dan bahkan mengalahkan jenis susu formula apapun.

pemberian asi eksklusif

Banyak dari ibu menyusui yang belum mengetahui keistimewaan dari asi dibandingkan dengan susu formula. Sehingga banyak ibu menyusui lebih memberikan susu formula karena memang malas untuk memberikan asi. Pemberian asi secara eksklusif mampu memberikan manfaat bukan hanya untuk bayi saja melainkan juga akan memberikan manfaat kesehatan yang sangat baik untuk sang ibu. Kandungan gizi yang ada pada susu ibu benar-benar memiliki banyak keunggulan. Kita akan membahas keunggulan gizi dari susu ibu agar semakin anda yakin dengan pemberian asi secara eksklusif.

Gizi yang sangat luar biasa

pemberian asi eksklusif yang aman

Kandungan gizi yang ada air susu ibu sangatlah luar biasa. Bagaimana tidak, asi mengandung gizi yang sudah sangat lengkap sehingga bayi tidak akan memerlukan makanan pendamping asi hingga usia 6 bulan. Dengan memberikan asi yang cukup kepada anak, maka anak akan tumbuh dengan lebih sehat dan semua kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi dengan baik. Namun juga sangat penting bagi ibu menyusui untuk menjaga asupan nutrisi yang dikonsumsi karena apa yang di makan ibu itulah yang ada pada asi anda.

Baca Juga  Ibu Menyusui Makan Mie Instan: Sehat dan Amankah Mie Ini Untuk Kesehatan Si Bayi?

Mudah dicerna dan juga mudah diserap

Kelebihan dari asi memang sangat menarik. Jika anda melakukan pemberian asi eksklusif maka anak akan tetap sehat karena asi sangat mudah dicerna. Karena asi mudah dicerna, bayi yang mendapatkan asi eksklusif akan sangat jarang mengalami masalah pencernaan kecuali jika ibu mengkonsumsi makanan yang tidak baik maka itu bisa mengganggu dan merusak kandungan gizi pada asi. Selain itu, asi juga mudah diserap oleh tubuh sehingga bayi akan selalu aktif dan tidak mudah lesu setelah meminum asi dengan cukup.

Mengandung lipase

Enzim lipase juga sudah terdapat pada bayi. Perlu anda ketahui jika enzim lipase merupakan enzim yang akan membantu untuk mencerna lemak. Lemak yang ada pada tubuh bayi jika tidak dicerna dengan baik nantinya dapat menyebabkan tubuh bayi terlalu gemuk namun tidak sehat. Jika bayi mengkonsumsi asi secara cukup maka berat badan akan sangat baik dan meskipun gemuk adalah gemuk yang sehat.

Membantu meningkatkan penyerapan kalsium

Asi merupakan susu yang memiliki kandungan sangat lengkap dengan kandungan kalsium yang tinggi. Dengan melakukan pemberian asi eksklusif maka bayi akan dapat tumbuh dengan optimal karena kandungan kalsium pada asi sangat mudah diserap. Berbeda dengan jenis susu formula, asi memang lebih mudah dicerna sehingga kandungan ghizi yang ada pada asi akan dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Anda tidak perlu ragu untuk memberikan asi eksklusif pada anak anda.

Baca Juga  Cara Pemberian ASI Pada Bayi Baru Lahir yang Benar Agar Tidak Muntah

Meningkatkan imunitas

Jika bayi anda mendapatkan asi yang eksklusif maka sistem imunitasnya juga akan sangat baik. Air susu ibu memiliki kandungan yang dapat membantu untuk melawan segala macam jenis virus dan bakteri yang dapat menyebabkan anak mengalami diare, infeksi pernafasan, infeksi telinga dan jenis penyakit lainnya. Kandungan anti bodi yang tinggi dari asi ini juga sangat baik melindungi bayi dari penyakit seperti asma, eksim dan juga alergi. Anda harus memahami manfaat asi yang sangat banyak agar tidak pernah lagi meremehkan kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Aspek psikologis

Manfaat pemberian asi eksklusif  juga merambah pada aspek psikologis. Ketika ibu memberikan asi secara eksklusif itu berarti ibu memiliki banyak waktu untuk memberikan kasih sayang kepada bayi. Manfaat pricologi yang pertama adalah akan mendekatkan hubungan antara ibu dan bayi. Semakin anda sering menyusui anak tentu saja kasih sayang akan semakin terpaut dengan kuat. Ketika momen menyusui dilakukan, ibu dan si kecil akan saling bertatapan sehingga menyebabkan rasa nyaman pada bayi, rasa sayang pada ibu, dan mengembangkan kepercayaan dasar bagi keduanya.

Baca Juga  Mengetahui Beragam Kandungan ASI Eksklusif

Manfaat bagi ibu

Ibu yang menyusui akan mendapatkan banyak manfaat yang sangat mengagumkan. Manfaat pemberian asi eksklusif yang pertama adalah membantu untuk mengurangi resiko insiden kanker pada leher rahim serta mengurangi resiko kanker payudara. Selain itu juga akan mengurangi resiko hpv atau yang disebut human papilo virus yang merupakan penyebab dari kanker serviks. Pada saat menyusui, akan ada proses pengeluaran hormo oksitoksin sehingga menyebabkan rahim berkontraksi. Hal ini akan membantu mengurangi resiko pendarahan setelah persalinan dan bahkan membantu mengembalikan bentuk rahim ke bentuk semula.

Pemberian asi eksklusif akan membuat ibu menjadi lebih sehat serta bayi tumbuh lebih optimal. Jika bayi mendapatkan gizi yang lengkap dan juga cukup tentu pertumbuhannya juga akan sangat baik. Ada banyak sekali hal istimewa yang didapatkan oleh keluarga jika memiliki prinsip untuk memberikan asi secara eksklusif. Pemberian asi juga akan sangat baik untuk negara dan bangsa karena membantu menurunkan angka kematian bayi dan bahkan meningkatkan kualitas generasi yang akan datang. Hubungan emosional antara ibu dan anak juga akan semakin kuat bahkan hingga anak dewasa. Oleh karena itu, mulai dari sekarang anda perlu untuk menanamkan prinsip memberi asi secara eksklusif bagi anak-anak anda yang akan anda lahirkan.