Bolehkah Ibu Hamil Meminum Pocari Sweat? Nih, Informasinya!

Pocari Sweat Untuk Ibu Hamil – Salah satu brand minuman kemasan yang terkenal di Indonesia mengembangkan sayapnya dengan memproduksi minuman isotonic bertajuk Pocari Sweat. Minuman ini dipercaya sebagai salah satu minuman yang dapat menggantikan cairan ion yang hilang dalam tubuh saat beraktifitas, sehingga menghindarkan diri dari dehidrasi.

Ada banyak tantangan yang harus dilalui ibu hamil. Ada banyak pantangan yang tidak boleh dilanggar, supaya janin bisa  tumbuh dengan baik.  termasuk memilih minuman dan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Ibu hamil harus memperhatikan minuman makanan yang ia konsumsi, karena mempengaruhi kesehatan hamil.

Selain itu ibu hamil mudah stres dan lelah. Akibatnya tidur tidak nyenyak dan nyaman. Apalagi memasuki umur janin semakin tua, membuat kondisi ibu semakin labil dan mudah lelah. Oleh karena itu ibu hamil membutuhkan nutrisi tinggi.  Konsumsi minuman dan makanan yang mengandung gizi tinggi. Salah satunya konsumsi minuman isotonik, yang mampu mengganti ion di dalam tubuh, sehingga tubuh lebih semangat dan tidak stres. Tetapi apakah ibu hamil diperbolehkan konsumsi pocari sweet.

Kandungan ion dalam Pocari Sweat memang banyak dimanfaatkan orang untuk mengembalikan stamina, namun Bolehkah Ibu Hamil Minum Pocari Sweat? Jika ini menjadi pertanyaan, maka jawabannya boleh-boleh saja asalkan diminum dengan takaran yang sesuai. Berikut ini merupakan  manfaat yang didapatkan apabila ibu hamil mengkonsumsi pocari sweat dan kami rangkum untuk Anda agar mudah untuk dipahami semua orang.

pocari sweat untuk ibu hamil

Kandungan di Dalam Pocari Sweet

Sebelum membahas pocari sweat aman atau tidak untuk ibu hamil, lebih baik ketahui kandungan didalamnya. Minuman isotonik dari jepang ini diklaim bisa mengganti cairan tubuh yang hilang.  Memiliki rasa jeruk yang ringan dan perpaduan rasa manis yang enak. Menurut situs resminya, minuman ini mengandung anion dan kation yang bagus untuk tubuh. Seperti Ca2+Na+, K+, Mg3+ dan laktat.

Untuk komposisinya terdiri dari asam nitrat, air, magnesium, natrium sitrat, kalsium laktat dan lainya. Semua kandungan itu, sangat dibutuhkan tubuh kita. Masalah kandungan di dalam pocari sweat ini sempat menjadi perdebatan. Banyak yang mengatakan bahwa kandungan tersebut tidak bagus untuk tubuh. Tetapi hal itu sepenuhnya tidak benar, bagi sebagai orang. Konsumsi isotonik bisa membantu mengembalikan cairan yang hilang.

Pocari Sweat Aman Untuk Ibu Hamil?

Amankah ibu hamil mengkonsumsi pocari sweat? Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh para ibu hamil di forum dokter. ibu hamil memang lebih hati-hati memilih minuman yang ia konsumsi. Bila konsumsi minuman sembarangan, bisa mempengaruhi janinnya. Dalam  kondisi yang lelah dan lemah, ibu hamil  ingin konsumsi minuman yang segar dan bisa mengembalikan energinya. Minuman isotonik menjadi pilihan yang tepat. Tetapi masih banyak yang takut mengkonsumsinya.

Menurut para dokter, ibu hamil boleh-boleh saja mengkonsumsi pocari sweat atau minuman isotonik lainnya. Kandungan didalamnya tidak berbahaya bagi ibu hamil ataupun janin. Bahkan kandungan di pocari sweat bisa membantu ibu hamil lebih sehat dan berenergi. Asalkan dikonsumsi dengan jumlah yang tepat. Jangan konsumsi pocari sweat setiap hari atau terlalu banyak.

Manfaat Pocari Sweat Untuk Ibu Hamil

  • Mengganti Cairan Elektroilt Tubuh

Tubuh dalam melakukan aktifitas pasti akan melepaskan cairan elektrolit maupun ion-ion dari tubuh. Ibu yang sedang hamil diwajibkan untuk tidak boleh sampai kekurangan cairan dalam tubuhnya. Cairan dibutuhkan dalam pembentukan plasenta serta ketuban dalam kandungan pocari sweat untuk ibu hamil. Ibu hamil sangat mudah berkeringat dan dehidrasi. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Dengan konsumsi pocari sweat membantu mengganti cairan elektrolit tubuh yang hilang.

  • Menstabilkan Suhu Tubuh

Mengkonsumsi  Pocari Sweat dapat membantu menstabilkan suhu tubuh, terutama saat Anda mengalami demam. Tubuh yang kekurangan asupan cairan akan kehilangan kemampuannya untuk menurunkan demam. Saat demam tubuh akan mengeluarkan secara berlebihan sehingga dapat menimbulkan dehidrasi apabila tidak ditangani dengan benar. Selain itu, pada saat dehidrasi atau kekurangan cairan, suhu tubuh akan melemah dan membuat ibu hamil semakin lesu.  Suhu tubuh harus distabilkan supaya tidak membuat ibu hamil kehilangan cairan lebih banyak.

  • Menjaga Stamina Tubuh

Tubuh yang mengandung cairan sesuai dengan porsinya akan memberikan dampak positif pada sistem pencernaan dalam tubuh. Tubuh akan lebih optimal dalam menyerap sari-sari makanan sehingga Ibu hamil dan janinnya akan mendapatkan asupan nutrisi dengan baik. seorang ibu hamil harus menjaga stamina  tubuhnya dengan baik. apalagi di trimester pertama, ibu hamil masih sering mengalami muntah, mual dan pusing. Dengan konsumsi pocari sweat dalam takaran yang tepat, akan membuat stamina tubuh tetap stabil. Bahkan bisa menghilangkan mual dan muntah.

Melancarkan Pencernaan

Konsumsi pocari sweat bisa membantu melancarkan pencernaan. Ibu hamil sering mengalami masalah pencernaan.  Misalnya susah buang air besar atau sembelit. Selain konsumsi makanan berserat, anda bisa mengkonsumsi pocari sweat. Kandungan didalamnya, membantu sistem pencernaan lebih lancar.

Pengonsumsian Pocari Sweat sebagai pengganti cairan tubuh ibu hamil memang diperlukan sebab calon ibu yang mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi dapat mengalami hal berbahaya, semisal:

Artikel Menarik Lainnya:  Jahe Untuk Ibu Hamil? Amankah Dikonsumsi?

Kumpulan Bahaya Dehidrasi Pada Ibu Hamil:

  • Resiko Bayi Lahir Cacat

Kekurangan cairan yang dialami Ibu hamil akan mempengaruhi berkurangnya cairan ketuban pada rahim Ibu. Fungsi dari cairan ketuban adalah untuk menghalangi janin bersentuhan langsung dengan rahim Ibu. Apabila hal ini terjadi maka dapat menyebabkan bayi lahir dengan resiko cacat

  • Resiko Demam

Dehidrasi akan menyebabkan tubuh kehilangan kemampuannya untuk melepaskan panas sehingga akan mengeluarkan keringat lebih banyak. Ibu hamil yang tidak mengimbanginya dengan mengonsumsi air akan menyebabkan demam yang juga akan ikut dirasakan oleh Sang bayi di dalam kandungan

  • Resiko Sembelit dan kerusakan Ginjal

Massa tubuh manusia di dominasi oleh air, maka jika asupan air berkurang maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dampak buruk kesehatan terutama dirasakan di sistem pencernaan. Kekurangan cairan akan menyebabkan feses menjadi lebih keras sehingga muncul keluhan sembelit pada Ibu hamil. Selain itu, kekurangan cairan juga menuntut ginjal untuk bekerja lebih ekstra.

Minuman isotonik yang satu ini memang memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Namun, jangan sepelekan Bahaya Ibu Hamil Minum Pocari Sweat secara berlebihan. Mengkonsumsi minuman isotonik kemasan secara berlebihan akan menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah Ibu hamil.

Unsur pengawet pada minuman kemasan isotonik ini akan menyebabkan timbulnya penyakit diabetes. Apabila penyakit ini timbul saat hamil, maka dipastikan janin juga akan ikut mengalami diabetes. Jadi konsumsilah makanan atau minuman sesuai dengan porsinya. Jangan konsumsi terlalu berlebih, karena kandungan gulanya cukup tinggi. Lebih baik untuk konsumsi air putih atau minuman alami lainnya  sekian artikel kali ini, Semoga memberikan informasi bermanfaat

 

Baca Juga  Ibu Hamil Makan Sardin Kalengan Terlalu Sering, Apakah Boleh?