Gerhana Bulan Total, Begini Doa Gerhana Bulan Untuk Ibu Hamil

Setelah gerhana bulan 31 januari 2018 yang lalu, indonesia akan mendapatkan kesempatan untuk melihat gerhana bulan lagi. 28 juli 2018 nanti akan menjadi gerhana bulan terlama di abad ke -21 ini. gerhana bulan terjadi selama 1 jam 43 menit. Gerhana total super blood moon ini akan menjadi gerhana bulan terakhir di tahun ini. Saat terjadi gerhana bulan banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat. Termasuk mitos ibu hamil yang harus mandi saat gerhana bulan. Padahal dalam islam, hanya dianjurkan untuk shalat dan membaca doa gerhana bulan untuk ibu hamil.

Doa Gerhana Bulan Untuk Ibu Hamil

Gerhana bulan merupakan sebuah fenomena alam, sebagai pertanda kekuasaan allah swt. Dalam islam gerhana matahari disebut sebagai kusufus syamsi dan gerhana bulan disebut sebagai khusuful qamar. Saat terjadi gerhana, kita disunahkan untuk berdoa dan shalat gerhana. Memohon ampun kepadaNya .

Gerhana Bulan dan Ibu Hamil

Banyak mitos yang beredar di masyarakat tentang gerhana bulan. Termasuk untuk para ibu hamil. Saat terjadi gerhana bulan, ibu hamil harus mandi malam, melakukan ritual, selamatan dan lainnya. Konon katanya bila tidak melakukan hal itu, bisa berpengaruh ke tumbuh kembang janin. Bisa membuat janin lahir cacat. Tetapi semua itu hanya mitos belaka. Belum ada penelitian ilmiah, yang mengatakan pengaruh gerhana bulan dengan tumbuh kembang bayi.

Baca Juga  Ibu Hamil Makan Buah Sirsak? Simak Informasi Berikut Ini!

Untuk para ibu hamil tidak perlu takut lagi beraktivitas di malam hari saat gerhana bulan. Bahkan anda bisa menyaksikan keindahan bulan ini. yang mungkin terjadi beberapa tahun sekali saja. Dibandingkan harus melakukan ritual aneh, lebih baik untuk berdoa dan shalat gerhana. Hal ini lebih disarankan dalam islam, dibandingkan melakukan ritual yang belum diketahui kebenarannya.

Hukum Shalat Gerhana

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda “sesungguhnya matahari dan bulan merupakan dua tanda kekuasaan Allah Azza wa Jalla. Terjadinya gerhana matahari atau bulan itu bukanlah karena kematian seseorang atau kehidupan. Oleh karena itu, jika kau menyaksikan gerhana bergegaslah untuk mengerjakan shalat.” (HR. Muslim)

Dari hadist diatas dapat disimpulkan bahwa hukum shalat gerhana adalah sunnah muakad atau sangat dianjurkan. Baik dilakukan oleh pria, wanita atau ibu hamil sekalipun. Saat datangnya gerhana bulan, sangat dianjurkan untuk melakukan shalat gerhana.

Tata Cara Shalat Gerhana Bulan

Selain mengetahui doa gerhana bulan untuk ibu hamil, anda juga harus tahu tata cara shalat gerhana bulan yang benar. Shalat gerhana bulan boleh dilakukan secara berjamaah atau sendiri. Tetapi shalat gerhana bulan di masjid lebih utama dibandingkan shalat sendiri. Tetapi buat ibu hamil, cukup lakukan shalat di rumah. Apalagi kondisi kandungan sudah membesar.

Baca Juga  Bolehkah Ibu Hamil Meminum Pocari Sweat? Nih, Informasinya!

Shalat gerhana bulan dilakukan sebanyak dua rakaat. Setiap rakaatnya ada dua kali rukuk. Ringkasannya sebagai berikut ini :

  • Niat
  • Takbiratul Ihram
  • Membaca surat al fatihan dan surat lain. Di sunnahkan untuk membaca surat panjang
  • Rukuk. Di sunnahkan rukuk yang lama
  • Berdiri lagi dan membaca al fatihah serta surat lainnya. Di sunnahkan membaca surat yang lebih pendek dibandingkan sebelumnya
  • Ruku Lagi, disunahkan waktunya lebih pendek dibandingkan rukuk pertama
  • I’tidal
  • Sujud
  • Duduk diantara dua sujud
  • Sujud kedua
  • Berdiri lagi untuk rakaat kedua. Dengan urutan yang sama dengan rakaat pertama
  • Setelah sujud kedua, duduk tahiyah akhir
  • Salam

Niat Shalat Gerhana Bulan

Niat memang tidak harus dilafalkan, anda bisa niat di dalam hati. Melafalkan sunah secara langsung hukumnya sunah. Tetapi bila ingin melafalkan, berikut ini niat shalat gerhana bulan

“Usholli sunnatal khusuufi rok’ataini lillahi ta’aalaa.

Artinya : aku niat shalat gerhana bulan dua rakaat karena allah ta’ala.

Doa Setelah Shalat Gerhana

Waktu shalat gerhana bulan dilakukan sejak mulainya gerhana hingga gerhana selesai. Untuk doanya sama, entah itu dilakukan oleh ibu hamil atau tidak hamil. Setelah shalat gerhana di sunahkan untuk berdoa. Karena doa gerhana bulan, menjadi salah satu doa yang mustajabah. Hal ini sesuai dengan hadist.

Baca Juga  Mengetahui Perkembangan Dan Posisi Bayi Dalam Kandungan

“ sesungguhnya matahari dan bulan itu adalah dua tanda kekuasaan allah, agar hamba takut kepadaNya. Terjadinya gerhana matahari dan bulan itu bukanlah karena kematian seseorang. Oleh karena itu bila engkau melihatnya, maka shalatlah dan berdoalah hingga gerhana itu hilang dari pandangan” (HR An Nasa’I Shahih)

Berdoalah sebanyak mungkin saat gerhana bulan. Untuk ibu hamil mintalah kesehatan untuk janin di kandungan. sehingga bisa melahirkan secara normal dan kondisi sehat. Jangan mudah percaya dengan mitos yang beredar di masyarakat. Apalagi mitosnya terlihat aneh dan tidak masuk akal. Lebih baik lakukan kegiatan yang lebih bermanfaat. Dengan perbanyak doa gerhana bulan untuk ibu hamil dan mendekatkan diri kepadaNya. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Deskripsi: doa gerhana bulan untuk ibu hamil sama dengan doa pada umumnya. Lakukan shalat saat gerhana bulan dan akhiri dengan doa keselamatan.

Artikel Lainnya: