Hal-Hal Penting Seputar Masa Hamil 3 Bulan

Masa hamil 3 bulan bisa dikatakan sebagai awal perkembangan kehamilan di mana ibu hamil akan mulai memperhatikan kehamilannya. Dalam hal ini, sebagian besar pendapat medis mengatakan bahwa pada usia kehamilan ini embrio di dalam rahim akan berkembang menjadi janin. Ini tentu merupakan loncatan perkembangan yang cukup besar yang penting bagi ibu hamil.

Oleh karena itu, ketika kehamilan mulai masuk pada bulan ketiga, seorang ibu hamil harus mulai berbenah dan menjaga kesehatannya dengan baik. Selain itu, ibu hamil harus mulai siap dengan beberapa perubahan yang terjadi pada dirinya, baik secara fisik maupun mental. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beberapa hal penting terkait kehamilan usia 3 bulan. Selamat membaca.

Perkembangan Janin Usia 3 Bulan

Telah dijelaskan di awal bahwa usia kehamilan 3 bulan merupakan awal yang baru bagi ibu hamil. Pada masa kehamilan ini, ada beberapa perkembangan yang terjadi dan harus diketahui. Mengetahui apa saja perkembangan yang terjadi dalam kehamilan dapat menjadi titik untuk mawas diri dan memastikan bahwa kehamilan berada dalam kondisi yang sehat.

Adapun beberapa perkembangan dan juga ciri hamil 3 bulan yang harus senantiasa diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Saat memasuki usia 3 bulan, maka janin mulai berkembang dengan pesat. Janin sudah memiliki wajah dengan organ yang lengkap, seperti mata, mulut serta hidung
  • Di usia ini, janin sudah memiliki bakal gigi permanen sebanyak 32 buah
  • Janin usia 3 bulan sudah mulai memiliki jari kecil yang dilengkapi dengan kuku kecil pula. Kuku ini sudah mulai tumbuh baik di jari tangan maupun jari kaki janin
  • Alat kelamin janin mulai muncul. Namun, perkembangan alat kelamin ini belum bisa dikatakan signifikan
  • Tulang janin usia 3 bulan juga sudah mulai terbentuk dengan cukup sempurna. Dalam hal ini, otot janin juga sudah mulai terbentuk dengan cukup baik
  • Janin mulai bisa bergerak dengan sangat lembut. Gerakan yang bisa dilakukan janin ini merupakan bukti bahwa saraf dan juga otak janin sudah mulai bisa difungsikan
  • Jika ada pertanyaan mengenai janin 3 bulan sebesar apa, secara fisik, janin dengan usia 3 bulan memiliki panjang tubuh sekitar 3,5 inch
Baca Juga  Bolehkah Ibu Hamil Makan Ikan Asin?

Nah, beberapa poin di atas menunjukkan beberapa perkembangan yang terjadi di masa hamil 3 bulan. Tentu saja, pemeriksaan kandungan menjadi penting agar janin bisa tumbuh dengan baik dan senantiasa sehat tanpa mengalami kendala atau masalah lainnya.

Perubahan Tubuh Ibu Pada Kehamilan 3 Bulan

Selain perkembangan janin, hal lain yang perlu diperhatikan saat kehamilan memasuki usia 3 bulan adalah perubahan yang terjadi pada ibu hamil. Perubahan yang dimaksud tentu saja termasuk perubahan bentuk perut hamil 3 bulan, perubahan hormon dan lainnya. Tentu, menyimak beberapa perubahan tersebut menjadi penting karena akan berpengaruh juga pada kesehatan ibu hamil.

Adapun beberapa perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil saat kehamilan masuk di usia 3 bulan adalah sebagai berikut:

  • Berat badan ibu hamil pada kehamilan 3 bulan bisa dikatakan mengalami perubahan yang signifikan. Dalam hal ini, berat badan ibu hamil akan bertambah dengan drastis. Pertambahan berat badan ini adalah bukti bahwa janin di dalam perut mulai tumbuh.
  • Hormon dari ibu hamil pada usia kehamilan 3 bulan cenderung stabil dibandingkan dengan beberapa bulan awal. Dalam hal ini, mood ibu hamil mulai berubah dan mulai tidak mudah tersinggung
  • Perubahan terjadi pada aliran darah di dalam tubuh. Dalam hal ini, aliran darah menuju ke janin mulai meningkat. Perubahan ini akan berdampak pada kondisi fisik ibu hamil yang mengalami rasa kurang nyaman di bagian organ pencernaan bagian bawah. Oleh karena itu, jika ada hamil 3 bulan sakit perut bagian bawah, maka sebenarnya hal tersebut wajar.
  • Kondisi fisik ibu hamil mulai membaik. Meskipun seringkali muncul masalah hamil 3 bulan masih mual, namun ibu hamil sudah bisa melakukan aktivitas ringan, seperti melipat pakaian, menyetrika dan beberapa aktivitas lainnya.
Baca Juga  Rahasia Buah Kiwi Saat Dikonsumsi Ibu Hamil

Beberapa poin tersebut mengemukakan beberapa perubahan yang terjadi pada ibu hamil ketika masa hamil 3 bulan. Dari beberapa ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa terdapat beberapa perubahan yang cukup signifikan dan harus dipahami dengan baik. Dengan pemahaman ini, ibu hamil bisa menjaga kehamilannya agar tetap sehat setiap saat.

Tips Menjaga Kehamilan 3 Bulan Agar Sehat dan Tidak Keguguran

Menjaga kehamilan mulai usia kandungan 3 bulan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Selain janin yang mulai tumbuh dengan cukup pesat, terdapat risiko keguguran pada kehamilan tersebut. Oleh karena itu, anda harus mengetahui beberapa hal penting untuk menjaga kehamilan anda tetap sehat dan terhindar dari ancaman keguguran. Beberapa tips menjaga kehamilan di masa 3 bulan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Hindari Aktivitas Berat

Saat kehamilan memasuki usia 3 bulan, maka ibu hamil sebaiknya mulai menghindari aktivitas berat. Hal ini cukup beralasan karena biasanya ibu hamil di usia kehamilan 3 bulan akan mudah terasa lelah. Dengan aktivitas berat yang mereka lakukan, maka bisa saja ibu hamil akan kelelahan dan pingsan. Selain menghindari aktivitas berat, ibu hamil 3 bulan juga diharapkan bisa menghindari duduk atau berdiri terlalu lama.

  • Kendalikan Emosi
Baca Juga  Penasaran? Simak Tanda Kehamilan Anak Perempuan!

Perkembangan yang terjadi pada janin terkadang bisa mempengaruhi mood dari ibu hamil. Salah satu bukti yang mendukung hal ini adalah rasa emosi yang muncul pada ibu hamil. Nah, biasanya akan muncul keluhan ibu hamil 3 bulan seperti rasa mual di perut, pegal di punggung dan lainnya yang berimbas pada emosi. Padahal, emosi yang muncul tentu akan menyebabkan mood menjadi buruk. Oleh karena itu, ibu hamil 3 bulan harus bisa mengendalikan emosi dalam dirinya.

  • Menjaga Nutrisi

Memperhatikan pola makan adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan nutrisi yang cukup, maka masa hamil 3 bulan bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya masalah yang cukup berarti. Nah, dalam hal ini, ibu hamil harus memperhatikan kecukupan nutrisi hariannya. Konsumsi makanan bergizi dan buah-buahan menjadi hal yang sebaiknya dipenuhi. Selain itu, konsumsi susu khusus kehamilan juga bisa menjadi penunjang yang tepat untuk menjaga kesehatan kehamilannya.

  • Kurangi Frekuensi Hubungan Seksual

Salah satu pantangan hamil 3 bulan yang sebaiknya diperhatikan adalah perintah untuk mengurangi frekuensi berhubungan seksual dengan suami. Ini adalah hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Hubungan seksual yang terlampau sering akan membuat posisi janin berubah-ubah dan bisa saja akan menyebabkan masalah di kemudian hari.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai masa hamil 3 bulan. Dalam hal ini, selain mengetahui beberapa perkembangan janin, anda tentu juga harus memeriksakan kandungan anda ke dokter dengan rutin untuk mengetahui perkembangan janin secara lebih riil. Semoga bermanfaat.