Mengetahui Perkembangan Dan Posisi Bayi Dalam Kandungan

Kehamilan merupakan salah satu bentuk kebahagiaan dari orang tua, terutama wanita sebagai calon ibu. Kehamilan yang terjadi akan menjadi gerbang menuju peran wanita sesungguhnya, yakni menjadi seorang ibu. Namun, tentu saja, seiring pentingnya kehamilan, maka anda sebagai calon ibu perlu mengetahui beragam perkembangan terkait kehamilan. Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai posisi bayi dalam kandungan.

Mengetahui Perkembangan Dan Posisi Bayi Dalam Kandungan

Mengetahui perkembangan janin tentu saja merupakan hal yang penting. Perkembangan tersebut menunjukkan bahwa janin berada dalam kondisi yang sehat hingga nanti dilahirkan. Selain itu, dengan memeriksa perkembangan janin, maka anda juga mengantisipasi jika ternyata terdapat masalah pada janin, terutama posisi janin di dalam rahim.

Perkembangan janin akan semakin signifikan ketika memasuki bulan keenam hingga nanti memasuki waktu kelahiran. Oleh karena itu, pada kesempatan ini akan dibahas perkembangan janin sejak usia 6 hingga 9 bulan. Selamat membaca.

Posisi Janin Dalam Kandungan Usia 6 Bulan

Perlu diketahui bahwa usia 6 bulan bisa disebut sebagai usia kehamilan yang sudah cukup matang. Dalam hal ini, janin yang ada di dalam rahim pun juga bisa dikatakan sudah dewasa karena janin sudah memiliki panca indera yang nyaris sempurna. Ada beberapa perkembangan dari janin berusia 6 bulan, seperti:

  • Kulit janin yang berusia 6 bulan lebih tebal daripada sebelumnya. Namun, jaringan kulit belum terlihat secara sempurna.
  • Indera mata berkembang dengan cukup signifikan. Retina pada bola mata sudah terbentuk. Namun, janin belum bisa melihat dan sensitivitas pada cahaya mulai meningkat pesat.
  • Paru-paru janin sudah terbentuk dan terus berkembang. Sudah terdapat cairan yang menjaga paru-paru satu dengan lainnya tidak lengket.
  • Kepala janin sudah semakin berkembang dan bisa dikatakan sudah cukup sempurna. Dalam hal ini, jam tidur bayi sedikit demi sedikit juga sudah mulai berkurang.
Baca Juga  Daftar Vitamin Penyubur Kandungan Supaya Cepat Hamil

Setelah beberapa perkembangan tersebut, lantas bagaimana posisi janin 6 bulan tersebut di dalam kandungan? Nah, menurut penelitian, posisi kepala janin saat kehamilan masuk ke bulan keenam sudah mulai berubah ke bawah. Namun, waktu perubahan posisi kepala janin ini berbeda dari ibu satu ke ibu lainnya.

Posisi Janin Dalam Kandungan Usia 7 Bulan

Memasuki usia janin 7 bulan, maka perkembangan janin akan lebih pesat lagi. Bisa dikatakan bahwa usia 7 bulan merupakan awal dari kematangan janin. Kelahiran premature kebanyakan terjadi pada usia kehamilan 7 bulan. Hal ini bisa ditarik kesimpulan bahwa janin usia 7 bulan sudah siap menyongsong kelahiran.

Adapun beberapa perkembangan janin usia 7 bulan termasuk posisi bayi dalam kandungan adalah sebagai berikut:

  • Sudah mulai terjadi penumpukan lemak di bagian tubuh janin. Lemak ini akan membuat janin tetap merasa hangat meskipun berada di dalam cairan ketuban.
  • Otak janin mulai berkembang dengan pesat dan sudah mulai membentuk jaringan dengan cukup sempurna. Selain itu, sel saraf sudah mulai sempurna dan bisa bekerja
  • Alat kelamin janin sudah mulai terlihat. Namun, janin dengan kelamin perempuan bisa berubah menjadi laki-laki dan tidak sebaliknya.
  • Janin sudah mulai bisa bermimpi
  • Denyut jantung janin terasa semakin keras
  • Secara fisik, janin dengan usia 7 bulan memiliki berat sekitar 1,100 gram dengan panjang sekitar 35 hingga 38 cm dan akan terus berkembang
  • Janin akan bergerak dengan lebih sering. Hal ini dikarenakan janin mulai merasakan rahim semakin sempit dan seolah ia sudah merasa kurang nyaman untuk berada terlalu lama di dalam rahim
Baca Juga  Sangobion untuk Ibu Hamil Amankah?

Lantas, bagaimana posisi bayi dalam kandungan pada saat usia kehamilan 7 bulan? Dalam hal ini bisa dipastikan bahwa secara normal posisi janin 7 bulan sudah berada dalam posisi siap dilahirkan dengan kepala berada di bawah. Namun, dalam kasus berbeda bisa saja janin berada dalam posisi yang tidak semestinya dan harus segera dilakukan pengecekan.

Posisi Janin Dalam Kandungan Usia 8 Bulan

Kehamilan janin pada usia 8 bulan bisa dikatakan merupakan fase kehamilan tahap akhir yang mendekati waktu persalinan. Seorang ibu dengan kehamilan 8 bulan harus mulai sering melakukan pemeriksaan terhadap janin yang ia kandung, minimal dua minggu sekali. Nah, pada usia 8 bulan, janin mengalami perkembangan yang cukup pesat. Beberapa perkembangan janin usia 8 bulan yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  • Janin usia 8 bulan sudah sangat aktif di dalam kandungan. Janin akan bergerak di dalam perut dan mulai memiliki ikatan batin yang kuat dengan ibu.
  • Otak janin usia 8 bulan sudah bisa bekerja dan berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan bergizi yang menunjang perkembangan otak janin
  • Semua indera pada janin sudah bisa berfungsi dengan baik
  • Paru-paru mulai terbentuk dengan cukup sempurna
  • Mata janin sudah lebih fokus dan berkembang lebih signifikan dibandingkan dengan bulan sebelumnya
  • Secara fisik, janin sudah memiliki berat sekitar 1,8 kilogram dengan panjang mencapai 45 hingga 50 cm.
Baca Juga  Ibu Hamil Makan Sardin Kalengan Terlalu Sering, Apakah Boleh?

Lantas, bagaimana dengan posisi janin 8 bulan tersebut? Jika di awal dikatakan janin sudah siap untuk dilahirkan, maka posisi bayi dalam kandungan yang berusia 8 bulan seharusnya sudah berada di atas panggul. Ini adalah posisi janin secara normal, terlepas dari masalah yang bisa saja terjadi.

Posisi Janin Dalam Kandungan Usia 9 Bulan

Nah, perkembangan janin yang terakhir adalah janin usia 9 bulan. Pada usia ini, seluruh organ janin bisa dikatakan sudah sempurna dan paru-paru janin sudah terbentuk dengan sempurna. Untuk posisi janin 9 bulan, kepala janin sudah berada di panggul dan siap untuk menyongsong waktu kelahiran.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai perkembangan serta posisi bayi dalam kandungan. Ketahui beberapa ulasan di atas untuk memastikan kandungan anda selalu sehat. Semoga bermanfaat.