Mempunyai bayi yang lahir sehat adalah impian semua ibu, bermacam cara dilakukan untuk itu. Sejak dulu banyak tradisi yang menyebutkan bagaimana cara menjaga bayi selama 9 bulan sampai akhirnya lahir.

Tradisi-tradisi tersebut ada beberapa yang bisa diterima oleh medis, tetapi tidak sedikit pula yang masih dalam penyelidikan medis untuk mengetahui apa efek tersebut untuk bayi. Dimasa kehamilan, anda dituntut untuk memberikan nutrisi yang cukup untuk mendukung perkembangan janin.

14 Pantangan Lengkap Untuk Ibu Hamil

kompor gas terbaik

Ada juga pantangan konsumsi yang harus anda hindari, agar bayi anda menerima efek buruknya. Lalu apa saja Pantangan Untuk Ibu Hamil yang harus anda ketahui? Berikut adalah daftarnya:

1. Makanan Mentah

pantangan ibu hamil - makanan mentah

Makanan mentah memang memiliki resiko tinggi memicu gangguan kesehatan, mulai dari yang berasal dari hewan sampai sayuran. Makanan mentah seperti ikan mentah, daging mentah, dan yang belum matang itu mengandung virus dan bakteri yang banyak.

Makanan mentah sangat mempengaruhi Ibu Hamil yang usia kehamilannya masih muda, jadi jangan salah pilih makanan. Lebih baik anda mengkonsumsi makanan baik yang sudah matang agar lebih sehat dan tidak beresiko pada kesehatan.

2. Ikan dan Seafood Dengan Kandungan Merkuri

Khasiat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

Sudah banyak orang yang tau jika ikan laut itu memang sangat bagus untuk kesehatan janin anda, tetapi ada ikan tertentu yang berbahaya bagi kesehatan janin anda.

Anda harus lebih teliti memilih ikan mana yang anda akan makan, ikan yang banyak mengandung merkuri itu seperti ikan mackerel, ikan todak, dan tilefish. Jauhi memilih ikan yang mengandung merkuri, agar janin dan anda sendiri terjaga kesehatan nya.

Walaupun makanan seafood mengandung cukup banyak omega 3 yang penting untuk pertumbuhan janin serta ibu hamil. Namun harus memilih beberapa makanan seafood yang tidak memiliki merkuri di dalamnya.

Bahan makanan seafood yang harus dihindari untuk dimakan yakni udang, markerel, salmon, kerang serta salmon. Apabila ingin memakan ikan, ibu hamil dapat menggantinya dengan ikan yang hidup di air tawar.

Bunda juga bisa membaca artikel kita tentang manfaat minyak ikan untuk ibu hamil

3. Makanan Pemicu Alergi

Jika anda mempunyai riwayat mempunyai alergi terhadap makanan tertentu, berarti janin yang anda kandung mungkin juga mempunyai masalah yang sama. Hindari jenis makanan yang menyebabkan alergi seperti kacang atau produk olahannya, lakukan disaat hamil maupun disaat menyusui agar menurunkan risiko alergi terhadap anak.

4. Minuman Beralkohol dan Rokok

minuman beralkohol untuk ibu hamil

Sudah banyak yang tau jika minuman beralkohol itu berbahaya bagi kesehatan, apalagi terhadap janin. Minuman tersebut akan menyebabkan asupan gizi terhambat dan oksigen yang tersendat.

Baca Juga  Berapakah Berat Badan Ideal Ibu Hamil?

Jika anda tetap meminum minuman beralkohol maka yang akan terjadi adalah beresiko tinggi dalam beberapa gangguan bayi, yaitu IQ dan fisik. Mengonsumsi alkohol selama kehamilan dapat menyebabkan gangguan Fetal Alcohol Syndrom yang berpengaruh pada kesehatan mental calon buah hati.

Rokok – sebagaimana diketahui- mengandung ratusan jenis racun yang berbagaya bagi kesehatan. Anda yang “bandel” dan tetap merokok selama hamil dikhawatirkan akan berdampak pada kesehatan sang calon bayi tercinta.

5. Kalori yang berlebih

Kalori memang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, jika berlebihan maka yang ada akan terjadi yang namanya obesitas. Jika anda mengalami obesitas ketika mengandung, bayi anda berisiko terkena diabetes atau obesitas sama seperti anda.

Tetapi bukan berarti juga anda bisa menurunkan berat badan disaat anda sedang mengandung, nutrisi tidak boleh terhambat karena hal itu.

6. Memakai baju ketat

Memakai baju hangat memang nyaman jika dipakai pada saat hawa dingin. Tetapi tidak boleh dipakai jika anda sedang mengandung, apalagi pada bagian perut yang akan menganggu perkembangan janin anda.

Bagi anda yang ingin tetap modis tetapi tidak mau menganggu perkembangan janin anda, banyak pilihan baju hamil yang dapat anda beli. Tapi harus anda perhatikan, bahwa baju yang anda pilih tidak mempunyai karet pada bagian perut.

7. Susu Yang Tidak Dipasteurisasi

pantangan ibu hamil - susu

Susu yang satu ini tidak dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil. Bagi anda yang belum tahu Pasteurisasi itu apa, Pasteurisasi adalah proses yang bertujuan untuk membasmi atau membunuh bakteri jahat pada susu dengan menggunakan suhu panas.

Jika anda ingin mengonsumsi susu produk olahan, perhatikan terlebih dahulu apakah susu tersebut sudah di pasteurisasi atau belum. Karena jika susu tersebut belum dipasteurisasi, susu tersebut berisiko mengandung bakteri listeria yang berbahaya bagi janin anda dan berisiko keguguran.

8. Berendam Dalam Air Panas Atau Sauna

Disaat sedang mengandung, ibu hamil tidak diperkenankan untuk berada di tempat bersuhu panas. Ini dikarenakan risiko keguguran akan meningkat dua kali lipat, jika ibu hamil berendam di air panas atau sauna pada usia kehamilan 3 bulan.

9. Mengkonsumsi Obat Tanpa Adanya Petunjuk Dokter

Dalam keadaan hamil, ibu hamil tidak diperkenankan untuk meminum obat-obatan tanpa petunjuk dari dokter. Ini dikarenakan obat yang dikonsumsi ibu hamil ditakutkan akan masuk kedalam plasenta dan sirkulasi janin kandungan.

Baca Juga  Kontroversi Daun Pepaya Untuk Ibu Hamil!

Diketahui bahwa beberapa obat tertentu dapat di sekresi melalui air susu ibu, yang akan berujung samanya kadar antara ibu dan bayi. Di kondisi tersebut, kesehatan bayi akan dalam keadaan berbahaya.

Jika memang terbukti aman, maka obat tersebut dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Maka dari itu, hanya minum obat yang sesuai dengan petunjuk dokter agar tidak berbahaya bagi janin.

10. Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

ibu hamil dengan sepatu hak tinggi

Sepatu hak tinggi memang akan meningkatkan penampilan dari seorang wanita, tetapi hal tersebut ternyata berbahaya bagi ibu hamil. Ini dikarenakan disaat menggunakan sepatu hak tinggi akan menyebabkan otot-otot di daerah pinggang akan mengalami peregangan.

Akibat yang terasa pada ibu hamil adalah pegal-pegal pada bagian pinggang. Keadaan itu biasanya disebabkan oleh perubahan sumbu tubuh yang dialami oleh ibu hamil.

Sepatu hak tinggi sangat berbahaya pada ibu hamil karena akan menganggu keseimbangan, apalagi jika kehamilan semakin membesar maka yang akan terjadi adalah bisa jadi ibu hamil akan terjatuh. Kalau hal itu terjadi, kemungkinan terburuk adalah gugurnya janin.

11. Sayuran dan buah yang tidak dicuci

sayuran sehat untuk ibu hamil
Sayur dan buah tentu mengandung berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil, sehingga sangat dianjurkan pengonsumsiannya selama kehamilan berlangsung. Meski demikian, Anda tidak boleh sembarangan mengonsumsinya tanpa dicuci terlebih dahulu.
 

Ingatlah bahwa buah dan sayur dipasar seringkali bercampur dengan banyak hal dan tersentuh udara luar sehingga memungkinkan adanya bakteri maupun virus. Biasakan untuk selalu mencuci buah dan sayur dengan air mengalir hingga benar-benar bersih sebelum dikonsumsi ya.

12. Minuman yang Mengandung Kafein Tinggi

ibu hamil minum kopi

Apakah ibu hamil suka dengan kopi? Apabila jawabannya iya, kami sarankan untuk membatasi minuman yang mengandung cukup banyak kafein ini saat masa kehamilan. Minuman mengandung kafein tinggi salah satunya kopi ini dapat menyebabkan keguguran saat masa kehamilan di trimester pertama. Karena trimester pertama merupakan masa dimana ibu hamil sangat rentan terjadi keguguran. 

13. Makanan dari Daging Olahan

Pantangan ibu hamil lainnya yakni membatasi makanan dari daging olahan yang banyak kita jumpai di pasar atau supermarket. Kenapa perlu dibatasi? Sebabnya yakni tingkat higienisnya tidak diperhatikan bahkan masih kurang. Banyak juga daging olahan yang diolah secara sembarangan yang mengakibatkan penyakit berbahaya apabila dikonsumsi secara belebihan.

Ada beberapa penelitian yang mengemukakan bahwa mengkonsumsi daging dalam jumlah banyak secara terus menerus dapat menyebabkan resiko mati muda lebih tinggi. Untuk itu, asupan gizi setiap hari perlu diperhatikan dan usahakan memilih bahan yang alami seperti sayur-sayuran, buah-buahan serta protein dari tumbuhan seperti tempe.

14. Penggunaan Pemanis Buatan Pada Minuman

Salah satu bahan yang cukup berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan adalah pemanis buatan atau sering disebut seribu manis. Menurut pakar kehamilan, salah satu pantangan ibu hamil yakni mengkonsumsi pemanis buatan pada minumannya. Kenapa demikian? Karena pada pemanis buatan terkandung banyak zat-zat kimia buatan manusia agar memberikan rasa manis dan tentunya tidak sehat bagi ibu yang sedang hamil.

Baca Juga  Daftar Vitamin Penyubur Kandungan Supaya Cepat Hamil

Beberapa pemanis buatan seperti aspartame, splenda dan sakarin boleh dikonsumsi oleh ibu hamil namun ada batasnya. Lebih baik mengganti minum-minuman yang mengandung pemanis buatan dengan air putih atau jus buah. Selain sehat untuk calon ibu, namun asupan gizi pada jus buah dapat membantu perkembangan janin yang dikandungnya.

Itulah beberapa larangan ibu hamil yang patut diperhatikan oleh setiap calon ibu. Apabila Anda mematuhinya maka kemungkinan janin tumbuh sehat hingga masa melahirkan tiba semakin besar. Meski banyak pantangan ibu hamil yang beredar, namun bukan berarti semua wajib diuruti karena sebagian pantangan merupakan mitos lho. 

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Berikut Informasinya!

Larangan minum es bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan ukuran bayi membesar misalnya, sedikit salah kaprah karena sebenarnya yang membuat bayi besar adalah kandungan glukosa pada es. Kunci menyikapi berbagai pantangan ibu hamil harus ada ketahui. Biasakan mencari tahu dan memastikan terlebih dahulu kebenaran sebuah pernyataan.


1 Comment

Ibu Hamil Makan Buah Sirsak? Simak Informasi Berikut Ini! - Tentang Ibu - Tentang Ibu · June 22, 2018 at 1:58 am

[…] Baca juga 10 Hal Pantangan untuk Ibu Hamil […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *