Sangobion untuk Ibu Hamil Amankah?

Sangobion untuk ibu hamil amankah – Kehamilan seringkali hadir dengan berbagai perubahan baik dari segi fisik maupun mental. Salah satu yang pasti sering dirasakan oleh ibu hamil adalah perasaan lelah, letih, serta lesu hebat yang amat mengganggu kegiatan harian yang padat dan membutuhkan banyak tenaga.

Anda yang juga merasakan lelah dan lesu berkepanjangan mungkin sedang mengalami anemia. Gangguan ini sendiri dikenal sebagai gangguan yang terjadi apabila seseorang mengalami kekurangan jumlah sel darah merah (haemoglobin) dalam darah yang berfungsi sebagai pembawa oksigen.

Anemia sebenarnya bukanlah gangguan berat saat kehamilan. Namun demikian, anemia dapat memicu komplikasi berbahaya bila tidak ditangani dengan tepat. Pada kasus ekstrim misalnya, gangguan kesehatan ini bisa menimbulkan persalinan premature atau bayi terlahir di bawah berat rata-rata. Banyak ibu hamil yang mengalami anemia, karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh.

amankah ibu hamil mengkonsumsi sangobion

Bolehkah ibu hamil meminum sangobion

Atas dasar inilah kemudian para ibu hamil mawas diri dan mengusahakan untuk mengonsumsi penambah darah agar terhindar dari gangguan ini. Salah satu hal yang diyakini dapat menambah darah dengan cepat adalah Sangobion.

Berbicara tentang Sangobion sebagai obat anemia untuk ibu hamil, apakah tidak ada efek khusus yang ditimbulkan? Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi sangobion? Jika Anda penasaran dengan jawabannya, mari simak ulasan lebih lanjut berikut ini:

Apa sih Sangobion?

Sebelum mengetahui jawaban atas pertanyaan Sangobion untuk ibu hamil amankah, sebaiknya Anda mengetahui latar belakang produk ini terlebih dahulu. Sangobion merupakan obat yang diproduksi oleh PT. Merck Indonesia untuk mengatasi gejala anemia pada seorang individu. Produk ini terdiri atas tiga varian yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, antara lain Sangobion Kapsul yang diberikan khusus untuk orang dewasa, Sangobion Kids untuk anak-anak, serta Sangobion Baby untuk bayi.

Baca Juga  Mau Tahu Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil Aman?

Apa saja kandungan dalam Sangobion

Berdasarkan beberapa informasi resmi yang didapatkan di situs Sangobion diketahui bahwa Sangobion memiliki formula khusus yang mengandung Ferrous Gluconate, Maganese Sulfate, dan Cooper Sulfate yang sangat diperlukan untuk membentuk sel darah merah berkualitas. Produk ini juga dilengkapi dengan vitamin C untuk membantu menyerap zat besi. Selain itu, vitamin B12 dan Asam Folat yang dikandung juga bisa berguna bagi tubuh manusia.

Sangobion untuk ibu hamil amankah?

Apabila mencari jawaban atas pertanyaan bahaya ibu hamil minum sangobion, maka Anda boleh menjadi lega sebab sejauh ini belum ada penelitian yang menyebutkan bahaya mengonsumsi Sangobion untuk ibu hamil. Dengan kata lain, Anda dapat mengonsumsi Sangobion apabila terkena gangguan anemia selama kehamilan.

Pihak produsen Sangobion dalam laman resminya sendiri mengungkapkan bahwa produk mereka aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini secara tidak langsung juga menjadi jaminan bahwa mengonsumsi Sangobion tidak akan menyebabkan bahaya selama dalam batas yang ditentukan. Namun agar lebih pasti, sebaiknya Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter langganan untuk mengetahui apakah pengonsumsian Sangobion diperlukan.

Adakah manfaat lain Sangobion?

Sangobion ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai obat anemia pada ibu hamil karena produk ini juga bisa digunakan untuk meringankan morning sickness. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang  ada didalamnya dapat meringankan gejala mual dan muntah.

Sangobion juga mengandung vitamin C serta vitamin B12 dalam setiap kapsulnya. Kedua zat ini tentu cukup penting bagi ibu hamil karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh selama kehamilan sehingga Anda tidak akan mudah terserang penyakit dan menjadi lebih bugar. Secara umum sangobion digunakan untuk:

  • Mengatasi anemia defisiensi zat besi pada anak dan dewasa
  • Anemia saat mentruasi, kehamilan, pemulihan dari penyakit, penuaan dan lainnya
  • Anemia mikrositik hipokrom dan anemia megaloblastik
  • Kekurangan zat besi akibat penyakit kronis atau perdarahan
  • Pencegahan anemia pada pendonor darah.
Baca Juga  Inilah Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil Bikin Cantik

Aturan Pemakaian dan Cara Menyimpan Sangobion

Aturan pemakaian sangobion sesuai dengan anjuran yang diberikan pada kemasan. Jangan konsumsi terlalu berlebihan, karena bisa berbahaya bagi janin. Untuk penyimpanannya, sangobion harus disimpan di suhu ruangan. Jangan disimpan di tempat lembab dan terkena cahaya matahari langsung. Selain itu jangan di bekukan atau disimpan di kamar mandi. Karena bisa merusak kandungan didalamnya.

Anda harus memeriksa dengan teliti di bagian kemasan. Bagaimana cara penyimpanan yang benar. Jauhkan dari  hewan pemeliharaan dan jangkauan anak-anak. Bila tangga kadaluwarsa sudah habis, lebih baik untuk tidak  mengkonsumsinya. Untuk penderita penyakit tertentu saat hamil, lebih baik lakukan konsultasi ke dokter atau ahlinya.

Efek Samping Konsumsi Sangobion

Walaupun aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Konsumsi sangobion bisa memberikan efek samping tertentu. Efek  samping yang paling terlihat adalah feses yang berubah agak kehitaman. Karena kandungan zat besi tinggi di sangobion. Oleh karena itu, anda harus konsumsi sesuai takaran. Selain itu urine akan berubah agak kekuningan. Efek samping ini wajar, tidak membahayakan dan tidak perlu dikhawatirkan

Ada beberapa pengguna mengalami  gangguan sistem pencernaan. Bila hal ini terjadi pada anda, mungkin ada kandungan sangobion yang tidak cocok. Lebih baik dihentikan terlebih dahulu. Setiap orang mengalami efek samping yang berbeda-beda.  Bila anda mengalami efek samping tertentu, lebih baik hentikan penggunaan dan lakukan konsultasi ke dokter.

Baca Juga  All About kalsium untuk ibu hamil, Wajib Baca

Hal Penting Sebelum Konsumsi Sangobion

Ada  beberapa hal penting yang harus anda perhatikan sebelum konsumsi sangobion. Sangobion bisa menyebabkan kontradiksi pada orang yang memiliki gangguan fungsi zat besi atau penumpukan zat besi. Selain itu orang yang memiliki sistem pencernaan sensitif, lebih baik konsumsi sangobion pada saat makan. Ini untuk membantu mencegah gangguan pencernaan. Tetapi bisa mengurangi penyerapan zat besinya.

Obat Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Dengan Sangobion

Tidak semua obat bisa berinteraksi dengan obat lainnya. Hal ini bisa menyebabkan kinerja obat menurun dan meningkatkan risiko efek samping pemakaian. Jangan konsumsi sangobion dengan tetracyline. Obat ini digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri, termasuk mengobati jerawat. Untuk ibu hamil, lebih baik konsultasikan ke dokter. sebutkan obat saja yang anda konsumsi, sehingga dokter bisa tahu obat yang harus dikonsumsi dan yang tidak boleh.

Makanan dan Minuman Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Dengan Sangobion

Selain obat, ada beberapa jenis makanan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan sangobion. Karena bisa menyebabkan reaksi obat menurun atau interaksi tertentu. Misalnya mengkonsumsi sangobion dengan tembakau atau alkohol.

Pada saat konsumsi sangobion, perhatikan cara pemakaiannya dengan benar. Bila berlebih bisa menyebabkan overdosis mineral,vitamin dan zat besi. Gejala ini bisa menyebabkan kematian. Untuk kondisi parah, segera  hubungi rumah sakit dan lakukan pemeriksaan. Anda kini tahu jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil meminum sangobion? Akan tetapi mohon selalu memperhatikan dosis yang harus dikonsumsi. Tetap sehat dan semangat ya Bu. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan memberi tambahan indfo untuk anda.