Cara Mudah Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Setiap perempuan akan senang ketika bisa memenuhi kodratnya. Dengan demikian maka wanita akan senang ketika bisa mengandung sekaligus melahirkan. Akan tapi banyak perempuan yang setelah melahirkan mengalami permasalahan. Perut membesar menjadi permasalahan perempuan setelah melahirkan. Untuk itu cara mengecilkan perut setelah melahirkan menjadi salah satu solusi ampuh untuk perempuan.

cara mengecilkan perut setelah melahirkan

Banyak cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa dilakukan oleh perempuan. Akan tetapi ada yang berhasil dan yang tidak. Berikut beberapa cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang biasa jadikan referensi.

Cara Mudah Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan

cara mengecilkan perut setelah melahirkan

  1. Melakukan pernapasan dengan baik

Langkah mengecilkan perut usai melahirkan yang pertama yaitu dengan melakukan pernapasan dengan baik. Bernafas dengan baik adalah salah satu faktor penting yang harus di lakukan untuk mendukung proses pengecilan perut pasca melahirkan. Cara bernafas yang baik yaitu dengan mengambil napas atau menghirup udara melalui hidung. Ketika  bernapas dilakukan dengan baik tubuh menjadi mudah melakukan proses  stimulasi sehingga  kinerja otak akan lebih maksimal. Untuk itu salah melakukan pernafasan dengan baik.

  1. Menyusui Buah Hati

Upaya melakukan pengecilan perut setelah melahirkan yang kedua yaitu menyusui buah hati. Menyusui merupakan salah satu kewajiban yang dilakukan oleh semua wanita. Selain itu manusia juga bisa memenuhi asupan gizi bagi bayi sehingga akan tumbuh sehat. Menyusui merupakan salah satu langkah awal yang dapat dilakukan untuk pengecilan perut pasca melahirkan. Setiap bayi maka anda akan mengeluarkan 5000 kalori dalam setiap hari. Selain itu dengan menyusui maka akan merangsang kontraksi rahim dan membuat uterus menjadi susut.

  1. Pilih Makanan Rendah Kalori
Baca Juga  Keluhan Kehamilan Di Trimester Pertama

Memilih jenis makanan yang rendah lemak dan kalori merupakan salah satu cara efektif yang dapat dilakukan akan tetapi perlu diketahui jika bayi membutuhkan kualitas asi yang baik dari seorang ibunya. Dengan demikian sebagai perempuan sebaiknya anda bisa memilih makanan yang tidak mengandung banyak kalori. Lebih aman nya anda bisa meminta saran dari orang-orang terdekat di yang sudah pernah mengalami proses melahirkan.

  1. Makan Sering Dalam Jumlah Sedikit

Makan dengan porsinya sedikit akan membantu perempuan usai melahirkan untuk mengatasi lemak dan kalori agar tidak menumpuk dalam tubuh. Anda bisa makan sesering mungkin namun dalam posisi yang sedikit. Jika dilakukan dengan rutin maka akan mendapatkan hasil yang efektif. Selain itu hal ini juga  memiliki efektivitas yang baik penurunan berat badan. Makan jumlah sedikit bisa anda lakukan secara rutin untuk mengecilkan perut setelah melahirkan.

  1. Konsumsi Air Putih Dalam Jumlah Banyak

Air putih memiliki fungsi yang baik untuk tubuh yaitu di sampaikan semua organ dalam tubuh salah satunya saluran pencernaan dan peredaran darah sehingga bisa membedakan tumbuhan dari beragam penyakit dan racun. Air putih  dalam jumlah yang banyak berusaha membantu anda mengecilkan perut usai melahirkan. Cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan mengkonsumsi air putih ini cukup mudah dan praktis anda memperbanyak konsumsi air putih dalam aktivitas sehari hari. Air putih bisa membantu menahan rasa lapar yang muncul selain itu juga bisa mencairkan konsentrasi pada tubuh sehingga membuat banyak air yang keluar melalui sistem pencernaan.

  1. Olahraga Ringan dan Rutin
Baca Juga  Keluhan Kehamilan Di Trimester Pertama

Melakukan olahraga secara ringan adalah salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Dengan melakukan olahraga secara teratur pada otot otot yang kendur bisa kembali kencang. Akan tetapi usahakan jika olahraga yang dilakukan merupakan olahraga yang direkomendasikan oleh dokter artinya bahwa anda memang sudah sehat dan kuat untuk melakukan beragam gerakan olahraga., dengan melakukan langkah ini maka bisa lemak dan kalori dalam tubuh secara sehat.

  1. 7. Makan buah dan sayur berserat tinggi

Langkah mengecilkan perut usai melahirkan bayi bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat. Setelah melahirkan anda akan diberikan secara oleh dokter untuk memperbanyak jumlah asupan buah dan sayur. Langkah yang dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh karena pasca melahirkan tubuh masih sangat   lemah. Perut buncit yang nampak setelah melahirkan dikarenakan adanya penumpukan lemak serta kalori selain itu vitamin dalam tubuh jumlah berkurang dengan demikian maka makan buah dan sayur yang bisa membantu pencernaan lancar dan menghilangkan penumpukan lemak dalam tubuh.

  1. Hindari konsumsi jamu atau ramuan herbal

Jamu tradisional  atau ramuan herbal yang mau bisa menyegarkan kondisi tubuh karena drop. Akan tetapi perlu diingat jika jamu atau ramuan herbal tidak baik karena mengganggu kesehatan  penghambat pertumbuhan. Untuk itu sebaiknya anda menghindari hal ini terutama saat masih dalam proses menyusui.

  1. Hindari kebiasaan tidur setelah makan
Baca Juga  Ada beberapa gangguan yang harus di waspadai ketika hamil

Duduk setelah makan merupakan salah satu penyebab perut buncit pasca melahirkan. Untuk itu sebaiknya anak menghindari kebiasaan ini ingin mengecilkan perut setelah persalinan. Tidur seusai Makan tidak menyehatkan  tubuh karena bahan makanan harus dicerna oleh tubuh tertunda ketika anda sedang tidur sehingga akan menyebabkan penumpukan lemak dan kalori.

  1. Melakukan aktivitas

Jika anda sudah benar-benar pulih setelah melahirkan maka silahkan melakukan aktivitas seperti biasanya. Misalnya membersihkan rumah. Jangan menjadikan melahirkan sebagai alasan untuk secara berlebihan dan tidak melakukan aktivitas .

Aktivitas pekerjaan rumah tidak akan mengembalikan perut anda namun bisa mendorong proses pengecilan perut anda. Untuk itu jangan malas untuk melakukan beragam aktivitas setelah melahirkan.

  1. Memakai korset

Korset merupakan kain pengikat yang biasanya diikatkan pada bagian perut bagi ibu-ibu pasca melahirkan. Teknik tradisional pengikatan perut ini bertujuan selain untuk mengecilkan perut, juga untuk mengurangi pembengkakan serta mendorong otot dan jaringan pada perut agar kembali seperti semula. Pemakaian korset ini biasanya dilakukan selama 3 bulan setelah melahirkan. Manfaat menggunakan korset yang teratur sejak setelah melahirkan akan sangat efektif untuk meratakan perut dan mendukung punggung anda, terutama pada minggu-minggu awal setelah melahirkan.

Itulah cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa anda coba, selamat mencoba dan tetap semangat.