Tips Melahirkan Secara Normal yang Perlu Diketahui

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai tips persiapan melahirkan normal saya memberikan informasi apa itu bedanya melahirkan secara natural dan normal. Kedua proses melahirkan bayi  sama sama vaginal birth alias melahirkan melalui vagina. Namun jika anda memilih melahirkan secara natural berarti anak tidak menggunakan obat obatan untuk membantu dalam proses konstraksi atau obat obatan untuk mengurangi rasa sakit anda melahirkan.

persiapan melahirkan normal

Lalu bagaimana cara melahirkan secara normal. Yuk simak beberapa informasi proses melahirkan normal berikut ini.

Tahap Persalinan Normal

Proses persalinan normal terjadi dalam tiga tahap  yaitu proses melahirkan normal yang dimulai dengan adanya kontraksi rahim yang jaraknya semakin pendek yaitu di setiap 5 menit sekali. Pada waktu itu mulut rahim akan semakin membesar atau disebut dengan istilah bukaan. Terdapat 10 buka bukaan pertama berarti mulut rahim terbuka 100 cm sedangkan bukaan kesepuluh berarti mulkilahi rahim terbuka hingga sel perimeter persalinan dapat dilakukan ketika mencapai bukaan ke-10.

Pra konstraksi yang lebih sering serta semakin kuat. Pada tahap ini kepala bayi semakin dekat dengan vagina serta ketuban pecah sehingga akhirnya akan keluar. Beberapa kasus menunjukkan ketuban pecah sebelum ibu sampai di rumah sakit. Ada pun juga air ketuban tidak pecah pecah sehingga harus dipecahkan oleh dokter. Ujung kepala bayi muncul pada mulut vagina serta akan menyembul keluar itu mata bayi akan berkedip dan mulutnya bergerak seperti sedang menyusui. Bayi biasanya keluar dengan posisi kepala menghadap ke punggung terlebih dahulu.

Baca Juga  Ada beberapa gangguan yang harus di waspadai ketika hamil

persiapan melahirkan normal

Setelah kepala yang keluar maka kepala berputar arah kemudian disusul keluarnya bahu sampai kaki ini merupakan konstraksi terakhir serta bayi keluar sepenuhnya setelah itu tali pusar dipotong tanpa adanya rasa sakit sedikit pun.

Setelah kedua dilanjutkan dengan tahap ketiga. Pada tahap ini yaitu keluarnya pelasenta, plasenta akan keluar dalam jangka waktu lima belas menit setelah kelahiran bayi.

Tips Melahirkan Secara Normal

  1. Persiapkan diri sebelum persalinan

Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat diri anda yakin bahwa proses persalinan akan berjalan secara baik. Kemampuan diri anda dalam menjalani  persalinan normal adalah salah satu jangan awal untuk menuju tahap persalinan normal tanpa jahitan. Terdapat beberapa cara seperti pijatan premium yang umumnya dilakukan saat bulan bulan akhir trisemester ketiga dan juga melayani dengan melakukan senam kegel yang memiliki tujuan untuk melatih otot-otot pada lubang pengeluaran. Ibu hamil harusnya paham jika semua proses yang dilakukan memiliki tujuan satu yaitu membuat proses persalinan menjadi lancar, jadi jangan pernah ragu.

  1. Memilih Tempat

Tempat juga merupakan faktor dalam mendapatkan proses persalinan normal tanpa dengan jahitan bantuan tempat yang nyaman akan menjadikan anda merasa rileks saat mengalami proses persalinan. Anda bisa memberi tempat yang memungkinkan anda bisa bergerak dengan bebas seperti tempat tidur dengan ukuran tidak terlalu lebar namun tidak terlalu sempit serta mengganggu proses persalinan. Suasana yang rame juga menjadikan anda tidak rilis sehingga silahkan pilih tempat yang nyaman dan jauh dari keramaian. Untuk itu pastikan terlebih dahulu anda memilih tempat yang tepat selama menjalani proses persalinan. Aakan lebih baik jika anda melakukan survey tempat terlebih dahulu dimana anda akan melakukan proses persalinan, dengan mengetahui tempatnya itu akan membuat adaptasi menjadi lebih mudah.

  1. Menghindari kelelahan berlebih menuju masa persalinan
Baca Juga  Cara Mudah Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

Ibu hamil bisa mengalami sie tomy yaitu adanya gangguan pada ibu hamil itu sendiri baik itu gangguan ringan atau berat. Gangguan ringan seperti adanya kelelahan merupakan salah satu alasan kenapa dilakukan pengguntingan atau robekan. Dengan demikian sebaiknya anda menghindari aktivitas yang berlebihan saat memasuki bulan akhir kehamilan dan mendekati persalinan. Silahkan melakukan istilah yang cukup dan menjaga asupan nutrisi dengan makanan yang kaya akan kalori untuk energi extra menjelang persalinan. Selain itu ibu hamil juga harus menghindari stress karena jika seseorang stress akan membuat orang tersebut menjadi lebih cepat lelah, Hal tersebut dikarenakan strees bisa memicu mual dan kalori terbakar sia sia.

  1. Latih otot dengan gerakan ringan

Gerakan ringan yang umum dilakukan dalam tahap trimester terakhir adalah melakukan gerakan kepala dan hidung hingga menyentuh lantai begitu juga dengan tangan jari jari kaki lutut juga ikut menyentuh lantai. Hal ini membantu janin anda memasuki posisi terbaik serta mendorong bayi meminimalisir keadaan sungsang saat lahir. Anda juga bisa mengelola posisi lain misalnya melakukan aktivitas rumah serta berjalan sebanyak yang ada sanggup untuk melakukan nya ketika anda melakukan posisi jongkok sebaiknya menggunakan bantuan dengan berpegang pada benda yang kuat di dekat anda.

  1. Gunakan aromaterapi untuk membantu tubuh lebih rileks
Baca Juga  Keluhan Kehamilan Di Trimester Pertama

Ramuan aroma  terapi mampu membuat suasana menjadi lebih rileks. Untuk anda yang melakukan pemijatan perineum cara menggunakan minyak seperti zaitun atau bunga akan membantu peregangan otot sehingga suasana semakin nyaman dan memberikan ketenangan mendekati masa persalinan anda. Ketenangan merupakan salah satu hal yang dibutuhkan karena bisa membantu anda mendapatkan proses persalinan yang normal dan lancar selain itu anda juga bisa meminimalisir jahitan pada proses persalinan ketika anda rileks.

Itulah cara melahirkan normal yang bisa anda terapkan. Melakukan persalinan dengan normal akan menghindarkan tubuh anda dari bahaya-bahaya yang tidak diinginkan. Hal yang paling wajib di perhatikan adalah jangan pernah tegang saat akan melakukan proses persalinan karena panik akan membuat anda menjadi kurang nyaman. Semoga informasi yang kami sajikan bermanfaat agar proses persalinan anda lancar tanpa hambatan.