Ide Nama Bayi Laki-Laki Dari Tokoh Islam

Islam, sebagai agama samawi, memiliki etika dan ketentuan tersendiri dalam pemberian nama untuk anak. Jika kita pernah mendengar adanya pepatah nama adalah sebuah doa, begitulah kira-kira Islam memandang pemberian nama seorang bayi. Dalam hal ini, salah satu saran dari Islam adalah memberikan nama nama bayi laki laki Islami dimana diambil dari tokoh orang-orang yang saleh.

Saran ini tentu saja tidak bersifat mutlak. Artinya, saran tersebut boleh dipakai maupun tidak. Hanya saja, alasan pemberian nama sesuai tokoh Islam tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan inspirasi kepribadian dari nama tokoh dimana akan berperan dalam membentuk kepribadian anak saat tumbuh dewasa. Ada beberapa ide dan rekomendasi nama tokoh laki-laki Islami dimana bisa dijadikan ide nama bayi anda. Simak penjelasannya di bawah ini. Selamat membaca.

nama bayi laki laki

 

Contoh Nama Bayi Cowok Islami:

Yahya
Ide nama pertama dari tokoh Islam yang berperan di masanya adalah Yahya. Yahya adalah salah satu dari 25 Nabi dan Rasul yang wajib diketahui dalam ajaran umat Islam. Dalam hal ini, Yahya merupakan sebuah karunia tak ternilai dari Allah kepada Nabi Zakaria. Ya, hal ini dikarenakan kelahiran Yahya terjadi pada saat Nabi Zakaria sudah lanjut usia sedangkan istrinya dalam kondisi yang mandul.
Kisah Nabi Yahya memang tidak terlalu banyak diceritakan dalam Al Qur’an. Hanya saja, telah banyak diketahui bahwa Yahya memiliki ilmu yang luar biasa dan hikmah sejak kecil. Tidak hanya pandai, Yahya juga sangat berbakti kepada kedua orang tuanya dan ia juga tegas serta bertakwa pada Allah.
Nama Yahya dalam bahasa Arab berarti hidup. Jika dimaknai maka ada doa dari orang tua yang berharap anaknya tumbuh dewasa dengan senantiasa sehat. Nama Yahya cukup sering digunakan dalam penamaan anak. Beberapa orang yang menggunakan nama Yahya adalah mantan presiden Gambia dan juga Pakistan.
Musa
Siapa yang tidak pernah mendengar nama yang satu ini? Ya, nama Musa juga berasal dari nama Nabi dan Rasul yang wajib untuk diimani. Musa adalah nama Nabi yang paling banyak disebutkan dalam Al Qur’an yakni sebanyak 136 kali. Banyaknya penyebutan nama Musa mengandung arti bahwa kita perlu merenungi kisah hidupnya, terutama ketika Musa berperang melawan Fir’aun.
Sebagai Nabi dan Rasul, Musa termasuk salah satu yang mendapatkan banyak mukjizat dan juga kemuliaan. Musa termasuk Nabi yang mendapatkan gelar Ulul Azmi bersama Nabi Nuh, Ibrahim, Isa dan juga Muhammad. Gelar ini diberikan sebab kesabaran dari para Nabi dalam menghadapi ujian yang diberikan Allah kepadanya.
Makna nama Musa adalah diselamatkan dari air. Jika dirujuk sesuai kisah hidupnya, makna nama ini diambil berdasarkan kisah hidupnya saat melawan Fir’aun. Namun, terlepas dari itu semua, Musa adalah nama bayi Islami yang tepat dengan harapan bayi akan tumbuh menjadi laki-laki kuat, sabar dan tidak mudah menyerah.
Ayub
Tokoh Islam lain yang bisa menjadi inspirasi untuk memberikan nama adalah Ayub. Ayub juga merupakan salah satu nabi yang terkenal karena ketabahannya. Beliau diuji dengan sakit berkepanjangan yang tidak ada obatnya. Selain itu, beliau juga diuji dengan kehilangan harta dan nyawa dari anak-anaknya.
Sakit yang diderita oleh Nabi Ayub berlangsung hingga 18 tahun. Namun, meskipun sakitnya terjadi sangat panjang, Nabi Ayub tidak pernah merasa marah dan mengeluh kepada Allah. Keimanan Nabi Ayub justru semakin bertambah ketika sakit yang ia derita bertambah parah dari hari ke hari.
Ketika sakitnya semakin parah, istri Nabi Ayub yang dulu menemaninya lantas tidak sabar dan meninggalkannya. Namun, Nabi Ayub tetap juga bersabar. Bahkan, ketika beliau akhirnya sembuh, Nabi Ayub tidak dendam kepada istrinya dan keimanan Nabi Ayub semakin bertambah.
Jika dilihat dari kisah hidupnya, Nabi Ayub dapat menjadi inspirasi yang sangat tepat. Oleh karena itu, pemberian nama Ayub sebagai nama bayi laki laki adalah tepat dan bisa memotivasi agar memiliki kesabaran dan keimanan seperti beliau.
Umar
Umar adalah khalifah kedua sepeninggalan Abu Bakar As Shidiq. Memiliki watak yang sangat keras, masuknya Umar ke dalam agama Islam memberikan kekuatan yang baru bagi umat Islam waktu itu. Meskipun sangat memusuhi Islam ketika dirinya masih kafir, Umar ketika sudah berislam secara total membantu dakwah Nabi dan para sahabat.
Satu hal yang sangat menarik dari kisah Umar adalah ketika hatinya tersentuh karena lantunan ayat Al Qur’an. Umar yang biasa hidup dalam kondisi yang keras ternyata memiliki hati yang begitu lembut. Tidak hanya itu, ketika beliau menjabat sebagai khalifah, beliau membawa sendiri bantuan makanan untuk diberikan kepada warganya yang kelaparan.
Dengan mengambil kisah hidupnya, Umar dapat menjadi inspirasi nama bayi Islami yang tepat. Dengan nama tersebut, ada lantunan doa yang menginginkan anak tumbuh menjadi seorang laki-laki pemberani dimana tetap memiliki hati yang lembut.
Al Fatih
Nama lengkapnya sebenarnya Muhammad Al Fatih atau Sultan Mehmed. Beliau adalah pemimpin umat Islam dalam perebutan Constantinople dimana menjadi pusat Romawi pada masa itu. Al Fatih menjadi sosok yang fenomenal karena berhasil membuktikan nubuat Nabi yang diucapkan beratus tahun sebelumnya.
Tidak hanya itu, ketika memimpin pasukan Islam menggempur Constantinople, usia Al Fatih masih sekitar 22 tahun. Hal yang membanggakan dari Muhammad Al Fatih adalah beliau tidak pernah meninggalkan salat tahajud sepanjang hidupnya. Dengan memberikan nama Al Fatih, ada kesan dan keinginan orang tua agar anaknya tumbuh menjadi lelaki pemberani yang senantiasa bertakwa kepada Allah.
Demikian pembahasan mengenai rekomendasi nama anak laki laki yang diambil dari tokoh Islam. Tentu saja, masih banyak tokoh lain yang bisa dijadikan referensi pemberian nama. Semoga membantu. Jika ternyata bayi yang dimiliki adalah perempuan, maka nama yang harus bunda pilih adalah nama bayi perempuan

 

Deskripsi: nama anak laki laki dapat diambil dari tokoh Islam dimana bisa memberikan inspirasi melalui kisah hidup dan kepribadiannya.
Baca Juga  Pilihan Nama Bayi Perempuan Islami Terbaik Dan Artinya