Manfaat Kangkung Untuk Ibu Hamil

Walaupun kangkung terlihat seperti jenis sayuran biasa dan juga sederhana, namun nyatanya di balik kesederhanaan yang dimiliki kangkung tersimpan sejuta manfaat yang sangat luar biasa, khususnya untuk ibu hamil. Di bawah ini ada beberapa manfaat yang dimiliki kangkung bagi seorang ibu hamil, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. menambah energi
  2. membantu proses pembentukan tulang janin
  3. melancarkan pencernaan ibu hamil
  4. membantu meningkatkan kesehatan mata
  5. menyumbangkan asam folat.

 

1. Menambah Energi

Umumnya ibu hamil akan mengalami kondisi di mana tubuh cepat mengalami lemas dan juga letih, terutama di usia kehamilan trimester pertama. Hal ini biasanya terjadi ketika asupan zat besi yang kurang atau dalam kata lain seorang ibu hamil kekurangan darah, sehingga menjadikannya cepat merasa letih dan lesu.
Untuk mengatasi keluhan tersebut, maka ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi kangkung. Hal ini dikarenakan kangkung sendiri memiliki kandungan gizi yang baik untuk memenuhi setiap kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Dan pastinya, hal ini mampu memberikan ibu hamil energi yang cukup.

2. Membantu Proses Pembentukan Tulang Janin

Seperti yang kita ketahui, bahwa kangkung juga memiliki kandungan kalsium dalam jumlah yang cukup banyak, di mana kandungan kalsium ini mampu menguatkan tulang serta membantu proses pembentukan tulang janin yang masih berada di dalam kandungan. Maka dari itu, ketika hamil, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran hijau yang satu ini, karena sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda serta membantu proses tumbuh kembang janin dalam kandungan.

3. Melancarkan Proses Pencernaan

Umumnya para ibu hamil kerap kali mengalami berbagai masalah, dan salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil adalah sembelit atau susah buang air besar. Untuk mengatasi hal ini, maka Anda bisa mengonsumsi sayuran kangkung, karena dengan kandungan yang dimilikinya, kangkung dipercaya mampu mengatasi masalah sembelit yang umumnya dialami para ibu hamil.

4. Membantu Menjaga Kesehatan mata

Kangkung juga memiliki kandungan vitamin A, di mana kandungan vitamin A yang dimiliki kangkung cukup banyak. Vitamin A yang terkandung di dalam kangkung ternyata bisa bermanfaat juga untuk ibu hamil, di mana kandungan vitamin A ini mampu menjaga kesehatan mata Anda serta kesehatan mata janin dalam kandungan.

5. Penyumbang Asam Folat

Asam folat adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan janin guna membantu proses tumbuh kembangnya ketika ia berada di dalam kandungan. Bahkan kebutuhan janin terhadap asam folat ini sangatlah penting, akan tetapi sampai saat ini masih banyak di antaran para ibu hamil yang mengabaikan kandungan gizi yang satu ini. Berkaitan dengan asam folat, Anda bisa memperolehnya dari kangkung yang memang memiliki kandungan asam folat dalam jumlah yang cukup banyak.

Kandungan Gizi Sayur Kangkung

Di bawah ini ada beberapa jenis kandungan yang memang dimiliki oleh kangkung, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Energi = 29 kkal
  • Protein = 3 gr
  • Lemak = 0,3 gr
  • Karbohidrat = 5,4 gr
  • Kalsium = 73 mg
  • Fosfor = 50 mg
  • Zat Besi = 3 mg
  • Vitamin A= 6300 IU
  • Vitamin B1 = 0,07 mg
  • Vitamin C = 32 mg
Baca Juga  Kontroversi Daun Pepaya Untuk Ibu Hamil!