Penting, Ini Manfaat Yogurt Yang Perlu Diketahui Oleh Ibu Hamil

Kehamilan merupakan sebuah pengalaman menyenangkan sekaligus mendebarkan bagi banyak perempuan. Hal inilah yang kemudian membuat ibu hamil umumnya memberikan yang terbaik agar anak yang dikandung dapat tumbuh sehat dan sempurna.

Satu langkah yang dilakukan untuk memastikan perkembangannya adalah dengan mengatur pola makan sehat. Secara otomatis, ibu biasanya mengurangi makanan junk food dan menggantinya dengan olahan lebih bernutrisi.

Tentu saja terdapat banyak pilihan asupan bergizi yang dapat dimasukkan dalam daftar diet harian, termasuk yogurt. Pasti anda penasaran, bolehkah ibu hamil minum yogurt? Eits, jangan terlalu takut, makanan bertekstur lembut yang memiliki rasa menyegarkan ini merupakan asupan sehat yang ternyata bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan bayinya lho.

manfaat yogurt untuk ibu hamil

Yogurt berasal dari bahasa Turki yang berarti “padat” atau “tebal” yang melambangkan tekstur makanan ini. Yogurt sebenarnya merupakan susu yang diolah melalui fermentasi bakteri yang menghasilkan asam laktat yang berperan menghasilkan tekstur mirip gel beraroma unik. Susu yang digunakan dalam olahan ini bermacam-macam, mulai dari susu sapi hingga sari kacang kedelai.

Baca Juga  Usir Ketidaknyamanan Ibu Hamil dengan Perawatan Spa

Yogurt yang telah dikonsumsi sebagai makanan pendamping selama bertahun-tahun ini memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Apa saja sih manfaat yogurt untuk ibu hamil? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini:

Kumpulan Manfaat Yogurt yang Baik Untuk Ibu Hamil

  • Mencegah konstipasi

Konstipasi (terhambatnya proses pengeluaran sisa makanan) sering dialami oleh ibu hamil yang menyebabkan feses mengeras, perut nyeri dan mulas. Gangguan ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari peningkatan hormone progesterone, perut yang makin membesar, hingga penekanan rektum.

Gangguan yang pastinya sangat mengganggu aktivitas harian tersebut sebenarnya dapat disiasati dengan mengonsumsi yogurt. Yups, salah satu manfaat yogurt untuk ibu hamil memang membantu melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan bakteri baik dalam yogurt dapat membantu menjaga keseimbangan mikroflora dalam usus yang nantinya dapat memperlancar pencernaan.

  • Menjaga kesehatan sang calon ibu
Baca Juga  Nih, 11 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Menjaga kesehatan tubuh selama kehamilan memang menjadi salah satu hal yang cukup signifikan karena kesehatan yang memburuk tidak hanya mengganggu sang ibu namun juga jabang bayi. Disinilah manfaat yogurt untuk ibu hamil cukup terlihat karena produk olahan susu ini mengandung beragam nutrisi dan mineral, seperti kalium, fosfor, riboflavin, yodium, seng, dan lain sebagainya yang bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan sang ibu.

  • Menguatkan tulang

Ibu hamil wajib menjaga kesehatan tulangnya selama kehamilan agar terhindar dari potensi terkena osteoporosis. Nah, Anda dapat memulainya dengan mengonsumsi yogurt yang kaya akan kandungan kalsium. Bukan hanya bermanfaat bagi ibu, kalsium salam yogurt juga berguna menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin dengan baik.

  • Menjadi sumber vitamin D

Vitamin D sangat diperlukan untuk menyerap kalsium yang dibutuhkan ibu hamil selama kehamilan agar tulang tetap kuat. Satu cup yogurt diketahui mengandung 5 IU vitamin D yang diperlukan untuk membantu sistem tulang ibu menjadi lebih sehat.

Baca Juga  Mau Tahu Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil? Nih Informasinya!

Bukan hanya itu, asupan vitamin D yang cukup saat kehamilan juga bermanfaat bagi sang buah hati lho. Hal ini dikarenakan vitamin D juga berpengaruh terhadap pertumbuhan tulang dan gigi calon bayi.

  • Menurunkan resiko darah tinggi

Hipertensi (darah tinggi) menjadi momok yang cukup menakutkan bagi ibu hamil karena berbahaya bagi keselamatannya maupun sang bayi. Nah, salah satu manfaat yogurt untuk ibu hamil adalah kemampuannya menjaga keseimbangan tekanan darah dalam tubuh sehingga Anda dapat terbebas dari hipertensi.

Itulah beberapa daftar manfaat yogurt untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Kini Anda tak perlu ragu lagi memasukkan olahan susu ini sebagai menu diet kehamilan alami ‘kan? Selamat menikmati segelas yogurt segar ya bu.