10 Tips Pemulihan Pasca Melahirkan Normal

10 Tips Pemulihan Pasca Melahirkan Normal– Menjadi seorang ibu tentunya bukan saja berubah peran karena lahirnya seorang anak, namun juga lebih bertanggung jawab untuk membesarkan anak tersebut agar dapat tumbuh dengan sehat dan baik. Seorang wanita pasca melahirkan tentunya memerlukan perawatan dan perlakuan yang berbeda dengan pada saat ia masih mengandung atau hamil. Karena kini bayinya yang di kandung selama 9 bulan telah ia lahirkan dengan sehat dan selamat.

Fase pasca melahirkan tersebut, seorang ibu memiliki perubahan besar secara fisik maupun mental. Dan oleh sebab itu supaya ibu setelah melahirkan tetap dapat melakukan aktifitasnya sebagai ibu baru dan tetap dapat melakukan tugasnya sehari-hari maka kami berikan 10 Tips Pemulihan Pasca Melahirkan Normal yang tentunya akan sangat berguna untuk anda. Dimana setelah melahirkan tersebut kondisi tubuh akan menurun salah satunya yakni sistem pencernaan karena ada ketidakseimbangan energi di dalam tubuh, kemudian kurangnya tidur dan pola makan yang tidak menentu dapat lebih memperparah keadaan.

Tips-Pemulihan-Pasca-MelahirkanNah, berikut ini adalah 10 Tips Pemulihan Pasca Melahirkan:

  1. Konsumsi Makanan Yang Mudah Dicerna

Hindari makanan yang tidak baik untuk perncernaan dan juga kesehatan, karena setelah melahirkan Anda akan menyusui dan apa yang Anda makan tentunya akan berpengaruh pada bayi yang juga akan mencernanya ASI. Ibu yang baru saja melahirkan tentu saja masih dalam kondisi yang lemah, maka dari itu disarankan utnuk mengkonsumsi makanan yang simpel dan mudah dicerna, contohnya sup, semur, dan bubur.

  1. Gunakan Mentega

Hal ini tentunya sangat baik di lakukan untuk mengganti bahan untuk memasak yang biasanya menggunakan minyak jika diganti terlebih dahulu dengan margarin atau mentega. Tujuannya untuk dapat mengembalikan energi yang terkuras dan memperkuat jaringan pada tubuh ibu pasca melahirkan.

  1. Cukup Air

Untuk memulihkan energi dan tenaga tentunya ibu harus memperhatikan kecukupan asupan cairan dan yang paling baik serta ideal adalah air. Jika perlu Anda dapat mencoba untuk merebus dua liter air yang kemudian dicampur dengan satu sendok makan biji adas waktu pagi hari. Kemudian biarkan beberapa saat hingga dingin, lalu saring ke dalam botol dan minum sepanjang hari. Hal ini dilakukan karena biji adas dikenal membantu produksi ASI.

Baca Juga  Tips Pintar Milih Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil
  1. Konsumsi Kunyit

Dengan mengkonsumsi kunyit pasca melahirkan juga sangat di sarankan, karena bertujuan untuk pemulihan dan penyembuhan badan. Anda dapat menambahkan kunyit pada makanan yang Anda konsumsi.

  1. Istirahat Cukup

Seperti kita tahu bahwa secara tradisional, tubuh setelah melahirkan membutuhkan waktu 40 hari untuk benar-benar pulih setelah melahirkan. Ada baiknya dalam kurun waktu tersebut sebaiknya gunakan waktu unutk banyak istirahatlah dengan cukup dan benar.

  1. Lakukan Pijatan Rutin

Luangkanlah sedikit waktu setiap harinya untuk melakukan pijatan menggunakan minyak aroma terapi, selain dapat membawa energi baik dan juga semangat baru juga agar ibu terlihat segar dan kuat untuk melakukan berbagai aktifitas dan merawat si kecil.

  1. Tambahan Jahe

Jahe selain dapat menghangatkan badan juga dianggap sangat baik untuk memulihkan tenaga pasca melahirkan. Caranya cukup dengan mencampurkan jahe ke dalam makanan, baik itu sup maupun teh.

  1. Hindari Makanan Pedas

Sebisa mungkin hindarilah makanan pedas atau yang dapat membuah sakit perut. Karena selain akan mengganggu pencernaan juga tidak baik untuk produksi ASI. Memperbanyak konsumsi kacang-kacangan bagus untuk menutrisi tubuh dan dapat membantu produksi ASI.

  1. Konsumsi Buah

Setelah melahirkan maka Anda akan cenderung merasa lapar lebih sering, selain karena menyususi juga karena Anda membutuhkan pemulihan tenaga pasca melahirkan, Nah, dari pada Anda mengemil camilan yang kurang sehat, ada baiknya jika Anda mengkonsumsi banyak buah yang mengandung zat besi karena baik untuk produksi ASI dan juga membantu tubuh Anda menjadi lebih kuat.

  1. Dukungan Dari Orang Sekitar

Setelah melahirkan seorang wanita tentunya memerlukan dukungan moral dari lingkungan sekitar, sahabat serta keluarga. Maka dalam hal ini Anda tentunya sangat membutuhkan dukungan moral selama beberapa bulan pertama pasca melahirkan untuk penyembuhan yang tepat, baik fisik dan mental.

Baca Juga  Nutrisi dan Bahan Alami Rekomendasi Untuk Ibu Hamil

Nah, demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai 10 Tips Pemulihan Pasca Melahirkan Normal, semoga dapat bermanfaat dan membuat Anda lebih bersemangat lagi merawat dan menjaga si buah hati. Salam sehat selalu!!