3 Cara Mengatasi Mual dan Pusing Saat Hamil

Mengatasi mual dan pusing saat hamil – pada saat menjalani proses kehamilan, ibu hamil pasti sering mengalami gelaja mual, muntah, dan juga pusing. Dan jika Anda mengalami hal tersebut rasanya Anda tidak perlu merasa terlalu khawatir karena hal itu adalah hal yang wajar terutama pada tahap awal masa kehamilan selain itu juga hal tersebut bukanlah hal yang membahayakan bagi ibu hamil.

Namun, hal yang perlu Anda perhatikan jika Anda adalah seorang ibu hamil adalah hal tersebut tidak boleh Anda abaikan begitu saja, harus ada penyelesaiannya. Mengapa demikian? Karena gejala mual, muntah, dan juga pusing pada ibu hamil bisa saja mengganggu kenyamanan serta dapat menghambat asupan nutrisi yang diterima janin di dalam kandungan. Oleh karena itu Anda harus mulai mencari cara untuk mengatasi mual dan pusing saat hamil.

Tahukan Anda, bahwa faktanya gejala mual, muntah, dan pusing ini biasa disebut dengan morning sickness dan sering kali dialami oleh ibu hamil, bahkan fakta membuktikan bahwa ada sekitar 70% wanita hamil yang mengalami gejala morning sickness tersebut. Bahkan tidak sedikit juga ibu hamil yang mengalami gejala morning sickness tersebut sepanjang hari.

Hal ini tentu saja sangat tidak baik, karena dengan mengalami perasaan mual dan pusing tersebut, ibu hamil bisa saja kehilangan selera makan dan asupan gizi serta nutrisi yang diterima oleh janin pun akan berkurang, dan tentu saja hal ini bukanlah hal yang baik bagi pertumbuhan janin di dalam rahim. Hal ini terbilang wajar terjadi pada ibu hamil karena hal ini adalah akibat dari adanya perubahan serta peningkatan produksi hormon yang terjadi pada ibu hamil.

Baca Juga  Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Cara Mengatasi Mual dan Pusing Saat Hamil

Seperti yang sudah penulis sampaikan di atas, ibu hamil akan mengalami perubahan yang terjadi tidak hanya pada fisiknya saja, melainkan juga terjadi perubahan pada kondisi psikisnya yang terjadi karena adanya perubahan dan peningkatan hormon yang diproduksi oleh tubuh ibu hamil tersebut.

Efek yang ditimbulkan dari perubahan hormon tersebut pun bermacam-macam dan juga beragam, dan yang paling sering terjadi dan banyak dialami oleh ibu hamil adalah kondisi morning sickness yang ditandai dengan adanya gejala mual, muntah, dan juga pusing dan seperti namanya, kondisi ini biasanya terjadi pada saat pagi hari. Berikut ini penulis telah merangkum beberapa cara untuk mengatasi mual dan pusing saat hamil. Berikut ulasannya.

1. Hindari Makanan Pedas dan Berlemak

Memang, pada saat hamil wanita akan memiliki banyak permintaan yang aneh dan juga sering tidak masuk akal dan hal ini wajar terjadi dan sering disebut oleh masyarakat Indonesia dengan nama Ngidam. Dan juga banyak ibu hamil yang ngidam dan mengkonsumsi makanan pedas untuk mengatasi rasa mual yang mereka rasakan.

Baca Juga  Mau Tahu Obat Sakit Kepala Untuk Ibu Hamil Aman?

Namun yang mereka tidak ketahui adalah dengan mengkonsumsi makanan pedas tersebut malah bisa memicu kondisi morning sickness yang lebih parah dari pada sebelumnya. Jika Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, sebaiknya mengurangi konsumsi makanan pedas terutama makanan pedas yang memiliki kandungan lemak yang tinggi dan sebaiknya perbanyak mengkonsumsi air putih untuk menjaga cairan di dalam tubuh.

2. Jangan Langsung Bangun dari Tempat Tidur

Cara mengatasi mual dan pusing saat hamil yang selanjutnya adalah dengan cara tidak langsung bangun dari tempat tidur ketika baru bangun di pagi hari. Maksudnya adalah ketika Anda baru bangun, jangan langsung beranjak dari tempat tidur namun usahakan untuk diam sebentar sampai Anda benar-benar merasa nyaman, baru beranjak.

Mengapa demikian? Dengan begitu tubuh dan pikiran Anda akan menyesuaikan dengan keadaan sekitar dan kepala Anda pun tidak harus merasa terlalu pusing. Jika perlu, siapkan makanan kecil sebelum Anda tidur sehingga keesokan harinya Anda bisa mengkonsumsi makanan ringan tersebut tanpa harus beranjak dari tempat tidur untuk pergi ke dapur. Jangan lupa juga untuk menyiapkan air putih karena ketika bangun tidur pasti Anda kekurangan cairan tubuh.

Baca Juga  7 Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Untuk Janin Sehat Dan Cerdas

3. Menjaga Suhu Ruangan Stabil

Saat sedang menjalani proses kehamilan, dan untuk menghindari timbulnya perasaan mual, muntah, dan juga pusing, sebaiknya Anda mengusahakan untuk ruangan yang Anda tempati tersebut memiliki suhu yang stabil, tidak terlalu panas, dan juga tidak terlalu dingin. Mengapa demikian? Karena dengan suhu ruangan yang terlalu panas, bisa memicu timbulnya rasa mual dan juga ingin muntah.

Sementara itu dengan suhu ruangan yang terlalu dingin juga bisa memicu perasaan pusing yang tentu saja tidak nyaman. Namun kembali lagi, itu semua tergantung dari kebiasaan Anda dan juga kondisi apa yang menurut Anda paling nyaman dan bisa mendukung kenyamanan Anda dan janin di dalam kandungan.

Itu dia beberapa cara mengatasi mual dan pusing saat hamil. Selain cara di atas Anda juga bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah-buahan untuk mengurangi rasa mual tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah mampir.