6 Tanda Ibu Hamil yang Menjadi Sinyal Berbahaya (Wajib BACA!)


Sepertinya hampir semua orang dewasa tahu bahwa ibu hamil lebih rentan untuk terkena berbagai penyaki atau beberapa hal yang dapat membahayakan kesehatan diri dan janin yang sedang dikandungnya. Hal ini lah yang menyebabkan wanita hamil lebih diprioritaskan di banyak tempat, terlebih lagi di tempat umum.

Hal ini terjadi karena pada wanita hamil terdapat banyak perubahan yang terjadi pada dirinya, mulai dari perubahan hormon, berat badan yang semakin meningkat setiap harinya, serta hadirnya janin yang ada di dalam rahimnya yang menyebabkan ibu hamil harus mendapat perhatian dan perawatan yang serba ekstra.

Dalam menjalani proses kehamilan, Anda akan merasakan beberapa gejala yang memang sudah umum dan wajar dialami oleh ibu hamil, namun beberapa gejala ini jika dirasakan terlalu sering atau berlebihan maka sebaiknya anda waspada dan berhati-hati. Berikut ini adalah tanda-tanda atau gejala yang wajib anda waspadai.

Mual dan Muntah Yang Terjadi Secara Berlebihan


Dalam menjanalin proses kehamilan, dapat dipastikan semua wanita mengalami gejala mual dan muntah-muntah. Namun jika Anda yang sedang mengandung mengalami gejala mual dan muntah yang tidak wajar serta berlebihan, sepertinya Anda harus lebih waspada.

Dalam keadaan normal dan tidak mengandung, muntah akan menyebabkan dehidrasi,  dan menyebabkan tubuh kekurangan cairan elektrolit, kekurangan gizi, pusing, serta penurunan berat badan. Jika hal ini terjadi pada ibu hamil, maka sebutan medisnya adalah hyperemesis gravidarum. Dan jika terjadi pada Anda, mungkin Anda segera membutuhkan pertolongan medis.

Salah Satu Bagian Atau Sisi Tubuh Mengalami Bengkak Yang Tidak Wajar

Ibu hamil pasti mengalami yang namanya peningkatan berat badan, dan hal ini adalah wajar karena seiring dengan bertumbuh dan berkembangnya janin dalam kandungan, maka tubuh ibu hamil pun harus menyesuaikan dan bertambah melar.

Hal ini wajar karena tubuh memproduksi lebih banyak darah dan cairan untuk mendukung pertumbuhan janin dengan baik, namun jika cairan serta darah yang dihasilkan oleh tubuh ini berlebihan, maka akan timbul bengkak atau edema pada wajah, tangan, dan kaki wanita yang sedang mengandung atau hamil.

Yang berbahaya dari hal ini adalah jika hanya satu bagian atau satu sisi saja yang mengalami pembengkakkan. Jika hal ini terjadi maka kemungkinan besar Anda mengalami pembekuan darah. Dan akan tambah lebih berbahaya lagi jika pembengkakkan itu terjadi secara tiba-tiba dan disertai dengan tekanan darah tinggi dan proteinuria atau adanya kandungan protein serta urin yang berlebih karena adanya kerusakkan pada ginjal.

Hal ini akan memicu kondisi preeklampsia yang akan berpengaruh pada janin yang sedang dikandung dan dapat menyebabkan kelahiran bayi yang prematur dan pertumbuhan bayi yang lahir tersebut akan mengalami penghambatan dalam proses pertumbuhan.

Bayi Dalam Kandungan Harus Aktif bergerak, Setidaknya 10 Kali Dalam 1 Jam


Janin yang memiliki tingkat pergerakan aktif yang tinggi menandakan bahwa kehamilan yang dialami seorang wanita itu dalam keadaan sehat. Hal yang berbahaya adalah jika bayi tidak bergerak setelah diberi stimulus berupa air minum dingin. Atau bayi bergerak dengan intensifitas kurang dari 10 kali dalam waktu 2 jam.

Jika hal ini terjadi, maka bisa saja menjadi tanda bahwa janin yang berada di dalam kandungan sedang kekurangan asupan nutrisi atau oksigen yang cukup. Jika demikian, maka Anda harus segera melakukan kunjungan ke dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Perhatikan Saat Ada Rasa Sakit Ketika Buang Air Kecil

Saat sedang hamil, wanita seringkali mengalami rasa sakit saat sedang buang air kecil atau BAK. Hal ini terbilang wajar karena kandung kemih wanita sedang dalam keadaan tertekan karena adanya pertumbuhan janin di dalam rahim.

Namun jika rasa nyeri saat buang air kecil dirasa menganggu atau tidak wajar, Anda tidak boleh mengjiraukan hal tersebut karena bisa saja ini menjadi tanda adanya infeksi pada saluran kemih. Jika anda mengabaikan hal ini, bisa saja bayi anda lahir dalam keadaan prematur dan bisa menimbulkan masalah serius.

Volume Pendarahan Yang Tinggi

Volume pendarahan yang tinggi ini juga bisa menjadi salah satu tanda adanya hal yang tidak beres dalam kehamilan Anda. Sebenarnya pendarahan pada saat kehamilan ini bisa dibilang sebagai hal yang wajar dan sering terjadi, namun hal ini wajar jika pendarahannya hanya terbatas pada bercak-bercak saja.

Kondisi pendarahan yang berlebihan ini bisa jadi tanda adanya keguguran dalam kehamilan atau adanya kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka jangan tunggu apapun lagi, Anda harus segera pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan kandungan Anda.

Adanya Kontraksi Yang Terjadi Lebih Cepat Dari HPL


Ibu hamil biasanya akan segera memeriksakan HPL atau hari Perkiraan Lahir saat mengetahui dirinya sedang mengandung janin. Salah satu ciri datangnya waktu kelahiran adalah adanya kontraksi yang dialami oleh wanita hamil. Namun jika Anda mengalami kontraksi padahal masih jauh dari hari perkiraan lahir, bisa jadi ini adalah tanda adanya kelahiran prematur.

Jika umur Janin yang berada di dalam kandungan masih belum siap untuk dilahirkan, maka Anda bisa meminta bantuan dari dokter karena dokter bisa melakukan tindakan medis agar janin yang anda kandung bisa bertahan di dalam kandungan sampai waktu melahirkan tiba.


Setelah mengetahui berbagai tanda yang sudah penulis jabarkan tentang ibu hamil di atas, kamu tidak perlu khawatir dalam menghadapi kelahiran. Sesungguhnya kelahiran itu harus disambut dengan rasa gembira dan tidak boleh terlalu panik atau khawatir karena perasaan tersebut dapat mempengaruhi emosi janin dalam kandungan.

Baca Juga  Cara Cepat Atasi sembelit pada Ibu Hamil Secara Alami