9 Cara Aman Mengobati Batuk dan Pilek Untuk Ibu Hamil

Cara Mengatasi Batuk Pada Ibu Hamil – Wanita hamil akan terkena bermacam keluhan saat masa kehamilan, seperti batuk dan pilek. Ibu hamil terkadang merasa khawatir saat batuk atau udara dingin menyerang, untuk mengobatinya wanita hamil sangat berhati-hati memilih obat. Bila salah memilih, bisa berpengaruh ke tumbuh kembang janin.

Apabila salah menggunakan obat batuk untuk ibu hamil dapat mengganggu pertumbuhan bayi dalam kandungan karena masih sensitif terhadap paparan bahan kimia dari obat. Oleh karena itu kami akan memberikan beberapa cara yang dapat dilakukan saat wanita hamil sedang batuk atau flu. Lebih baik menggunakan cara alami yang lebih aman untuk ibu hamil dan janinnya.

obat batuk tradisional untuk ibu hamilLangkah-Langkah Mengobati Batuk dan Flu Untuk Ibu Hamil

  • Banyak minum air mineral (putih)

Minum air putih memiliki manfaat banyak sekali. Bisa membantu melancarkan sistem metabolisme dan tubuh lebih sehat, Saat batuk dan flu menyerang, diperlukan cairan untuk mengganti cairan dalam tubuh dengan meminum air. Hindari meminum air dingin, untuk menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Air putih bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga flu dan batuk cepat sembuh.

  • Membuang lendir saat flu

Wanita hamil saat batuk dan flu sebaiknya membuang atau meludahkan lendir, apabila tak membuangnya akan menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Lendir saat flu mengandung bakteri atau kotoran, sehingga sebaiknya membuangnya. Pada saat membersihkan lendir harus hati-hati, jangan sampai melukai bagian hidung.

  • Masalah Teh

Masalah teh berasal dari India yang berisi rempah-rempat seperti daun herbal, cengkeh dan lainnya. Masalah teh merupakan obat batuk tradisional untuk ibu hamil yang dapat dipilih karena dapat mengobati rasa dingin pada wanita hamil. Anda bisa merebusnya kemudian minum selagi hangat. Minuam air rebusan masalah teh, membuat tubuh lebih hangat dan flu sembuh.,

  • Berkumur Menggunakan Air Hangat
Baca Juga  6 Obat Sakit Gigi Yang Aman dan Ampuh Untuk Ibu Hamil

Salah satu obat alami yang dapat dicoba untuk mengatasi batuk pada ibu hamil yakni dengan berkumur air hangat yang dicampur dengan garam. Tips ini dapat meringankan batuk dan radang tenggorokan. Cara ini memang terlihat sepele, tetapi ampuh mengatasi flu dan batuk. Air hangat bisa membantu menghangatkan tenggorokan. Bila dicampur dengan garam, bisa menghilangkan racun atau virus penyebab flu.

  • Menghirup uap hangat

Langkah lain mengobati batuk dan pilek untuk ibu hamil dengan steam. Steam atau penguapan sangat bagus melancarkan aliran di hidung. Untuk penderita asma, baiknya menggunakan cara ini. steam bisa mengencerkan dahak dan lendir. Sediakan tempat yang digunakan untuk menampung uap air panas, kemudian uap air panas dihirup. Tambahkan sedikit tetesan minyak kayu putih atau mentol untuk hidung yang tersumbat. Anda bisa menggunakan alat nabulizer untuk proses penguapan lebih mudah.

  • Minuman campuran jeruk nipis dan madu

Obat batuk alami untuk ibu hamil adalah dengan meminum campuran jeruk nipis dan madu yang di seduh air hangat. Minuman ini dapat melegakan tenggorokan. Jeruk nipis dan madu merupakan paduan ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit. Termasuk flu dan batuk.  Jeruk nipis mengandung vitamin c tinggi, yang bekerja sebagai antioksidan alami. Sehingga daya tahan tubuh meningkat. Sedangkan madu, manfaatnya sudah tidak diragukan lagi untuk kesehatan tubuh.,

  • Mengkonsumsi Sup Hangat

Sup hangat dapat memberikan kehangatan serta mengurangi batuk dan flu. Sup juga dapat membantu menambah cairan tubuh yang dibutuhkan wanita hamil. Ada banyak jenis sup yang bisa dibuat. Bisa menggunakan sup sayuran, sup daging dan lainnya. Sesuaikan dengan kondisi anda, makan selagi hangat supaya lebih cepat sembuh.

Baca Juga  Bolehkah Ibu Hamil Puasa? Ini Jawabannya
  • Istirahat yang cukup

Bila anda malas untuk mengobati flu dan batuk, lebih baik istirahat yang cukup. Setelah konsumsi makanan atau minuman yang hangat, cobalah untuk beristirahat. Istirahat yang cukup akan membuat proses pemulihan lebih cepat. Tetapi bila kondisi semakin memburuk, sebaiknya segera diobat yang tepat.

  • Menggunakan Bantuan Bantal

Maksudnya adalah saat calon ibu tidur, gunakanlah bantal yang ditumpuk agak tinggi agar posisi kepala lebih tinggi. Hal ini  akan membuat cairan dahak dapat mengalir melalui dinding tenggorokan sehingga memberikan efek lebih lega walaupun saat tidur. Bila dada sakit dan sesak napas, cara ini juga sangat membantu. Apalagi umur janin sudah masuk ke trimester terakhir, sehingga sulit melakukan posisi tidur yang lain.

Cara Mencegah Terkena Batuk dan Flu Saat Masa Kehamilan

Setelah mengetahui cara mengatasinya, anda juga harus melakukan pencegahan. Agar ibu hamil dapat terhindar dari berbagai penyakit salah satunya batuk dan flu, cobalah beberapa tips berikut agar tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

  • Mencuci Tangan Sebelum Makan

Memang benar hal ini cara sederhana untuk hidup sehat namun tidak boleh diremehkan. Karena jutaan kuman akan masuk ke dalam tubuh apabila saat makan calon ibu tidak mencuci tangannya. Salah satu hal yang dapat meminimmalisir terjangkit batuk atau flu lebih parah lagi dengan selalu mencuci tangan agar tubuh tidak mudah sakit.

  • Olahraga Secara Teratur

Walaupun sedang hamil, namun tidak menutup kemungkinan untuk berolahraga, akan tetapi ada batasannya. Contoh bisa melakukan senam ringan seperti peregangan kaki atau jalan-jalan di pagi hari agar tubuh mengeluarkan racun yang menyebabkan batuk dan flu. Tidak perlu melakukan olahraga berat. Bila ibu hamil tidak pernah melakukan olahraga, bisa berpengaruh ke perkembangan janinnya,

  • Menghindari Kontak Langsung dengan Orang yang Terkena Batuk
Baca Juga  Penting! Ini Dia Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Bumil harus memperhatikan kehehatan juga, karena pada masa kehamilan, tubuh calon ibu mudah capek dan virus-virus penyakit dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, jangan mendekati orang yang terkena penyakit batuk dan pilek agar tidak tertular ke pada anda. Gunakan masker untuk menghalang terkena virus dari penderita lainnya.

  • Menjaga Kebersihan Kamar Tidur

Tempat yang cukup vital dan dapat menularkan berbagai penyakit adalah tempat tidur. Karena saat ibu hamil tidur ada jutaan virus penyakit dan bakteri yang dapat masuk dengan mudah di dalam tubuh. Untuk itu, bersihkan tempat tidur secara rutin agar terhindar dari beragam penyakit. Jemur kasur dan bantal, selain itu selalu sapu kamar rutin setiap hari.

  • Konsumsi Makanan Minuman Sehat

Apa yang ibu hamil konsumsi, juga mempengaruhi kesehatannya. Untuk terhindar dari flu dan batuk, jangan konsumsi makanan pemicu flu. Apalagi makanan yang dibeli di pinggir jalan dan tidak diketahui kebersihannya.  Konsumsi makanan yang kotor, bisa memicu timbulnya flu dan batuk.

Kami telah membahas beberapa cara mengobati batuk dan flu untuk ibu hamil. Selain beristirahat yang cukup serta melakukan langkah-langkah diatas, gunakan tisu untuk menghilangkan lendir saat pilek. Apabila batuk dan flu masih membandel, konsultasikan ke dokter agar mendapatkan cara mengatasi dan mendapatkan obat batuk yang pas untuk ibu hamil.