Mual saat hamil – Morning sickness atau all-day-sickness adalah hal yang biasa dialami oleh banyak perempuan yang mengandung. Kejadian ini sendiri mengacu pada rasa mual dan ingin muntah yang umum dialami ketika menginjak trimester pertama hingga di tengah-tengah kehamilan.

Meski banyak perempuan mengalami, namun sesungguhnya belum ada yang tahu penyebab  mual saat hamil ini secara pasti. Beberapa ahli berargumen bahwa sesungguhnya morning sickness terjadi karena perubahan hormon dan sistem metabolism tubuh selama kehamilan. Selain itu, hal ini juga bisa terjadi karena adanya perubahan pada lingkungan internal tubuh, perubahan tingkat gula darah, emosi dan stress, serta peningkatan kesensitifan pada lingkungan dan toksin.

mual saat hamil

 

Morning sickness memang bukanlah hal yang membahayakan, namun dapat cukup mengganggu terutama jika Anda berada dalam satu kegiatan ‘kan? Eits jangan khawatir sebab ternyata ada cara mengatasi dan menghilangkan mual saat hamil lho.
 
Mau tahu cara mengurangi mual saat hamil? Simak informasi berikut ini ya:
  •  Makan secara teratur
Perut kosong dapat membuat Anda merasa ingin muntah . Oleh karena itu, jangan sampai membiarkan perut tak terisi lebih dari tiga jam karena dapat memicu morning sickness.
  • Makanlah dengan porsi kecil
Makan dalam jumlah besar juga dapat memicu rasa mual karena tubuh dipaksa memroses banyak asupan makanan. Belajarlah bijak dengan makan dalam porsi lebih kecil namun sering untuk menghindarinya.
  •  Hindari alergen
Anda yang memiliki alergi terhadap makanan atau suatu hal tertentu sebaiknya menghindarinya sebab interaksi dengan allergen dapat memicu rasa mual dan menyebabkan ingin muntah.
  • Konsumsi lemon dan peppermint
Anda dapat mencegah gangguan ini dengan mengonsumsi makanan pencegah mual saat hamil, seperti lemon dan peppermint. Buatlah lemonade menggunakan lemon asli dan tambahkan peppermint. Minumlah secara teratur dan Anda akan terhindar dari gangguan morning sickness.
  • Lakukan latihan pernafasan atau yoga
Sebagaimana diketahui, salah satu penyebab morning sickness adalah stres dan tekanan yang dirasakan ibu hamil. Jika ini menjadi sebabnya, maka obat yang paling ampuh adalah dengan melakukan latihan pernafasan atau yoga yang mampu membuat Anda merasa tenang serta rileks.

 

Mual saat hamil memang merupakan hal yang lumrah terjadi pada ibu hamil, meski tidak semua mengalaminya. Namun bila gejala mual tidak dapat berkurang atau malah bertambah parah, segera konsultasikan dengan dokter kesayangan. Tetap sehat dan semangat ya bu.
Baca Juga  Perut Gatal Saat Hamil? Atasi Dengan Cara Ini!

1 Comment

Nih, 11 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil - Tentang Ibu - Tentang Ibu · June 22, 2018 at 1:47 am

[…] mual atau mundah pada pagi hari. Manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat mengurangi rasa mual serta ingin muntah bagi wanita hamil. Cobalah meminum segelas jus semangka saat pagi hari agar mencegah muah dan muntah saat […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *