Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil Tanpa Efek Samping

Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil tanpa efek samping – kehamilan merupakan sebuah proses yang sejatinya banyak didambakan oleh semua pasangan suami istri, karena dengan mengalami kehamilan maka kedua pasangan tersebut akan mendapatkan seorang anak yang akan melengkapi keluarga tersebut agar semakin erat dan harmonis.

Namun, dalam menjalani proses kehamilan ini lah si ibu hamil akan mengalami banyak sekali perubahan yang terjadi pada dirinya. Perubahan ini pun bermacam-macam, bisa dimulai dari perubahan fisik bahkan terjadi juga pada perubahan psikis. Salah satu perubahan yang terjadi dan dirasakan adalah timbulnya rasa sembelit. Cara mengatasi sembelit pada ibu hamil pun bermacam-macam.

Sembelit sendiri adalah sebuah penyakit yang mempengaruhi ibu hamil pada saat buang air besar. Memang, buang air besar adalah hal yang manusiawi dan hal yang seringkali dialami oleh ibu hamil. Dan hal ini pun juga sering dialami ibu hamil baik pada tahapan yang ringan, maupun tahapan yang lebih berat.

Selain itu juga sembelit yang terjadi pada ibu hamil juga bisa disebabkan karena ibu hamil menghasilkan hormon yang lebih tinggi dibandingkan dengan manusia lain pada umumnya. Selain itu juga pertumbuhan janin bayi yang terjadi di dalam rahim ibu hamil juga bisa menjadi salah satu alasan utama terjadinya sembelit karena gerakan usus ibu hamil akan menjadi lebih lambat. Beberapa hal tersebut lah yang bisa jadi menjadi penyebab ibu hamil mengalami sembelit.

Baca Juga  Penyebab keputihan saat hamil dan cara mengatasinya

Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

 

Nah, Anda yang sedang menjalani proses kehamilan atau ada orang dekat Anda yang sedang menjalani kehamilan pasti seringkali mengalami sembelit, bukan? Dan tentu saja hal tersebut sangat tidak nyaman, apalagi hal tersebut bisa membuat ibu hamil merasakan stress dan juga bisa menimbulkan perasaan yang tidak menyenangkan.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut penulis telah menyiapkan beberapa cara untuk menghindari atau cara mengatasi sembelit pada ibu hamil. Penasaran? Jika iya, silahkan simak artikel ini sampai habis ya. Berikut ulasan dan cara mengatasinya.

1. Mengkonsumsi Makanan Dalam Jumlah Kecil

Jika Anda adalah seorang wanita yang kebetulan sedang menjalani proses kehamilan dan mulai merasakan gejala sembelit sepertinya mulai sekarang harus mencoba untuk mengurangi porsi makanan yang Anda konsumsi dalam waktu 1 hari. Mulai biasakan diri untuk mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang sedikit meskipun hal tersebut sering dilakukan.

Baca Juga  4 Tips Aman Ibu Hamil Naik Pesawat

Bila Anda mengkonsumsi makanan dengan porsi yang besar dan banyak hal itu memang dapat menyebabkan sistem pencernaan bekerja dengan kuat, namun sayangnya malah membuat sistem pencernaan bekerja secara tidak maksimal. Sementara itu dengan mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak atau sedikit, maka sistem pencernaan akan dapat menerimanya dengan baik.

2. Banyak Menggerakan Tubuh

Meskipun dalam menjalani proses kehamilan sang ibu hamil tidak boleh terlalu banyak bergerak atau tidak boleh terlalu lelah, namun dengan lebih banyak berdiam diri juga tidak baik, karena hal tersebut dapat berpengaruh pada sistem pencernaan tubuh. Dengan sistem pencernaan yang tidak baik, maka kemungkinan untuk terkena sembelit pun akan semakin tinggi.

Jadi, jika Anda sedang hamil maka dengan menggerakan anggota tubuh dengan olah raga ringan pun akan berdampak baik bagi tubuh dan juga dapat membuat sistem pencernaan bekerja dengan baik. Dengan menggerakan tubuh juga akan sangat baik untuk otot tubuh terutama otot perut agar tidak terlalu kaku. Bahkan, banyak pakar kehamilan menyarankan ibu hamil untuk melakukan olah raga ringan selama kurang lebih 20 menit setiap harinya.

Baca Juga  Waspadai Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil!

3. Mengonsumsi Segelas Air Lemon Pada Pagi Hari

Jika Anda sedang menjalani masa kehamilan dan kebetulan tidak memiliki permasalahan kesehatan khususnya penyakit maag, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi segelas air lemon hangat di setiap pagi hari. Mengapa demikian? Karena di dalam air lemon terdapat kandungan asam yang sangat baik untuk tubuh.

Terlebih lagi kadar asam di dalam lemon ini juga bisa Anda manfaatkan karena bisa mendorong sistem pencernaan, khususnya bagian usus sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit sembelit. Bahkan jika dilakukan secara teratur, mengkonsumsi air lemon hangat setiap pagi juga membuat tubuh ibu hamil lebih sehat dan kuat.

Itu dia beberapa cara mengatasi sembelit pada ibu hamil yang bisa Anda coba atau sarankan kepada orang-orang terdekat Anda yang kebetulan sedang menjalani proses kehamilan dan juga kebetulan memiliki keluhan tentang sembelit. Cara mengatasi sembelit yang sudah penulis jabarkan di atas tadi juga terbukti aman dan tidak memiliki efek samping yang buruk pada perkembangan janin. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih sudah mampir.