Ibu Hamil dan Kesalahan yang Sering Dilakukan

Kehamilan memang mempengaruhi pola hidup wanita, tetapi hal itu bukan berarti ibu hamil harus menuruti semua hal. Ada hal yang harus dilakukan dan ada yang tidak boleh dilakukan. Kebanyakan ibu hamil melakukan kesalahan umum, yang berdampak pada janin. Walaupun pernah melakukan kesalahan itu, bukan berarti anda sudah terlambat untuk mengubah kebiasaan anda. 

Biasanya, kesalahan kecil kebiasaan ibu, bisa berdampak besar kepada sang bayi.
Maka dari itu, kami akan memberikan anda kesalahan yang sering dilakukan saat hamil, yang akan membantu anda untuk melihat apa saja kebiasaan yang harus dilakukan dan tidak harus dilakukan. Berikut adalah penjelasannya:

1. Berlebihan memuaskan rasa ngidam

Seperti yang sudah kita ketahui, kehamilan merupakan peristiwa alami dan normal. Memang, anda harus menghindari makan-makanan tertentu yang akan berdampak pada janin anda. Tetapi, kehamilan sendiri bukan menjadi alasan anda untuk memanjakan tubuh secara berlebihan, contohnya seperti dengan mengkonsumsi makanan yang anda idam-idam kan.
Disaat kehamilan anda, seharusnya anda makan secara sewajarnya saja. Makan sebatang atau dua batang coklat saat anda merasa ngidam.

Baca juga: Kebiasaan baik untuk ibu hamil

2. Ibu Hamil Terus Menerus Tidur

Tidak sedikit orang yang mengatakan, bahwa saat hamil, anda harus perbanyak istirahat. Perubahan hormonal dan fisik anda, membuat anda menuntut lebih banyak istirahat. Kurang istirahat sendiri, akan menambah kelelahan anda akibat kehamilan.
Tidur memang adalah hal yang sangat penting selama kehamilan. Tetapi anda harus memiliki porsi tidur yang tepat. Pastikan juga anda memiliki posisi tidur yang nyaman, karena nanti akan berdampak pada janin.

3. Ibu Hamil Tidak Berolahraga

Jika kebiasaan anda adalah jarang berolahraga, dan duduk santai, nanti anda akan cenderung menemukan alasan untuk duduk dan santai-santai saat hamil. Banyak wanita diluar sana yang mengatakan bahwa perjalanan bolak-balik rumah dan kantor yang mereka lakukan setiap hari atau melakukan perkejaan rumah tangga cukup menjadi latihan dan membantu membakar kalori lebih banyak. Padahal, kenyataannya aktivitas sehari-hari yang sering dilakukan bukanlah alternative untuk menggantikan olahraga.

Baca Juga  Ibu Hamil Susah Tidur? Atasi Dengan Cara Ini Sekarang!

Baca juga: Pantangan untuk ibu hamil

Olahraga pada saat kehamilan, adalah sesuatu yang penting. Karena kekurangan olahraga, biasanya akan menempatkan anda pada risiko komplikasi, seperti peningkatan tekanan darah dan denyut nadi, ditambah lagi anda berisiko mengembangkan diabetes gestasional. Semua itu, bukan hanya anda yang akan terkena dampaknya, tetapi juga janin anda.

Olahraga sendiri mempunyai manfaat pada saat hamil, yaitu dapat mengurangi hormone stress, meningkatkan sirkulasi, mempersiapkan untuk persalinan, dan yang terakhir adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Jika anda bingung mau melakukan olahraga apa, anda bisa menanyakan nya pada dokter, nanti anda akan diberikan resep jenis latihan untuk anda.

4. Makan Dengan Porsi Dua Orang

Walau didalam tubuh ibu hamil ada manusia lain, tetapi bukan berarti anda harus makan dengan poris dua orang. Menurut sebuah studi dalam jurnal Obstetrics & Gynecology, hampir 50% wanita mendapatkan lebih berat badan selama masa kehamilan, itu hanya karena mereka berpikir, bahwa mereka harus menaikkan dua kali lipat kalori mereka untuk mereka dan bayinya.
Perempuan yang mempunyai obesitas selama masa kehamilan, memiliki risiko keguguran atau bayi lahir mati, persalinan yang sulit dan lahir prematur, diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, sleep apnea, preeklampsia dan pembekuan darah. Bayi yang lahir dari ibu yang mengalami obesitas, biasanya akan memiliki cacat lahir dan menjadi gemuk sendiri di hari yang akan datang.

Normalnya, berat badan yang bertambah selama kehamilan bertambah sekitar 11,5-12 kilogram. Makan dengan porsi yang tepat, dapat membantu anda mencegah semua masalah yang tadi dijelaskan.

5. Berlebihan Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

Disaat kehamilan, anda pasti sudah tahu, kalau anda memerlukan vitamin prenatal. Tetapi, bukan berarti anda membutuhkan vitamin tersebut secara berlebihan, hal itu sebenarnya belum terbukti dapat membantu anda melancarkan kehamilan anda, malah justru bisa berbalik membahayakan anda dan janin anda.

Baca juga: Ide nama bayi dari tokoh Islam

Makanan, sebenarnya itulah sumber utama nutrisi yang harus anda konsumsi. Diet yang melibatkan whole-grains dan protein nabati, sudah lebih dari cukup untuk memasok tubuh anda, dengan nutrisi yang dibutuhkan anda dan janin anda. Intinya, anda tidak harus menjauhi vitamin, dan tidak juga berlebihan dalam mengkonsumsi nya. Anda juga tidak harus mengandalkan vitamin dan mineral untuk memenuhi nutrisi tubuh.

6. Tidak Melanjutkan Obat-obatan Untuk Kondisi Kesehatan

Tidak sedikit wanita yang berpikir, bahwa obat-obatan dapat menyebabkan cacat lahir, dan pada akhirnya menghentikan mengkonsumsi obat-obatan saat hamil. Untuk kondisi kesehatan kronis seperti diabetes, penyakit kejiwaan, gangguan kejang, yang harus diatasi dengan baik, ini adalah keputusan yang buruk untuk dipilih.
Solusi nya, anda bisa berkonsultasi dengan dokter, agar nantinya diberikan keputusan lebih lanjut untuk masalah ini.

7. Sembarangan Menggunakan Obat Non-resep

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa ibu hamil harus menghindari antasida, krim jerawat atau parasetamol saat hamil. Pengobatan sendiri, dapat merugikan anda sendiri. Maka dari itu, anda harus menggunakan obat yang sudah mempunyai resep dari dokter. Jika sembarangan, ditakutkan bayi anda nantinya akan mempunyai kelainan bawaan.
Bagaimana, apakah anda pernah melakukan kebiasaan diatas? Jika anda pernah melakukan kebiasaan diatas, anda harus mengubah kebiasaan diatas, agar nantinya akan berdampak baik bagi anda dan janin. Terima kasih telah membaca, semoga artikel kesalahan yang dilakukan saat ibu hamil ini berguna bagi anda dan pembaca lain nya.