Ibu Hamil Susah Tidur? Atasi Dengan Cara Ini Sekarang!

Bisakah tidur nyenyak, tanpa gangguan, dan nyaman ketika hamil? Bisa.

Hampir semua ibu hamil, pasti mengalami gangguan yang sama: sulit tidur ketika malam hari. Banyak sekali alasan dan penyebabnya, mulai dari:

  1. Posisi tidur tidak nyaman
  2. Terasa kram
  3. Hearbrun
  4. Sampai-sampai sering buang air kecil dan terbangun dari tidur

Tentu saja, hal di atas dan hal lainnya berdampak pada kualitas tidur. Kualitas tidur menjadi buruk adalah salah satu akar masalah hari dan aktivitas harian Anda menjadi terganggu. Istirahat ketika malam hari perlu berkualitas. Perlu optimal. Ini sangat penting. Dengan tidak optimalnya istirahat, kondisi fisik tentu akan terganggu. Pun, emosi juga akan menjadi sangat labil dan sangat mudah tersinggung.

Kalau Anda ibu hamil dan mengalami sulit tidur saat ini, saya punya kabar baik untuk Anda. Inilah tujuh tips untuk Anda mengatasi masalah sulit tidur. Praktekan cara ini, niscaya, kualitas tidur malam hari Anda akan meningkat dengan berbagai panduan dan masukan.

  1. Merendam kaki menggunakan air hangat

Kaki adalah tumpuan. Sepanjang hari, apapun jenis aktivitas yang Anda lakukan, mulai dari aktivitas kecil, ringan, sampai aktivitas berat, Anda menggunakan kaki sebagai tumpuan beban. Tidak ada salahnya, mulai esok hari Anda memanjakan kaki.

Baca Juga  Perut Gatal Saat Hamil? Atasi Dengan Cara Ini!

Cukup lakukan hal kecil, semisal, merendam kaki dengan air hangat. Apa manfaatnya? Dengan cara ini, otot akan melemas dan rileks. Kaku dan tegang pada otot kaki akan perlahan menghilang. Bila memungkinkan, Anda bisa menambah rendaman garam supaya makin rileks dan bisa melancarkan perederan darah.

Anda juga bisa merendam kaki sesaat sebelum tidur pada malam hari. Bukan hanya membuat bersih, tapi juga bisa meningkatkan relaksasi otot kaki Anda agar menjadi tidak ada gangguan yang muncul ketika terlelap.

  1. Berolahraga

Bergerak semasa hamil sangat penting. Menjaga kebugaran adalah salah satu tips penting untuk Anda praktekan. Ketika hamil, bukan berarti hanya melulu tentang istirahat. Aktif dan berolahraga sangat bagus untuk membuat tidur Anda menjadi berkualitas. Pun, olahraga juga bisa mengurangi kram pada bagian anggota tubuh tertentu. Tentu saja, pilih olahraga yang aman adalah bagian penting.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, lakukan olahraga kecil yang bisa membuat Anda lebih rileks menjalaninya. Pilih olahraga yang aman untuk janin Anda. Anda juga wajib untuk melakukan peregangan sebelum tidur dengan gerakan yang sederhana.

Baca Juga  4 Tips Aman Ibu Hamil Naik Pesawat

Sudah banyak tutorial di internet yang bisa Anda jadikan acuan untuk melakukan olahraga dan peregangan khusus untuk bumil.

  1. Selalu kenakan pakaian tidur yang nyaman

Bahan yang menyerap keringat dan longgar adalah menjadi kewajiban untuk Anda kenakan ketika tidur. Dengan menggunakan pakaian tidur, peredaran darah Anda juga menjadi lebih lancar dan tidak terganggu. Jangan gunakan pakaian ketat karena berpotensi membuat bumil sesak napas dan merasa panas.

  1. Jangan konsumsi kafein

Bukan jadi rahasia, kafein membuat Anda terjaga ketika malam hari. Sebaiknya, hindari atau kecilkan konsumsi kafein harian Anda. Hindari kopi, teh, dan cokelat ketika hamil.

Sebaiknya, membatasi dari sekarang adalah hal penting untuk Anda lakukan. Kalau Anda saat ini sedang ketergantungan dengan jenis makanan atau minuman yang mengandung kafein, kurangi secara perlahan. Lama-lama, akan menjadi kebiasaan untuk Anda tidak sama sekali mengonsumsi kafein.

  1. Posisi tidur harus sesuai

Manfaat Tidur Siang Untuk Ibu HamilKetika perut semakin membesar, posisi tidur akan semakin tidak nyaman. Sebaiknya, mulai untuk mencari posisi tidur yang membuat Anda nyaman. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kalau perlu, tambahkan bantal sebagai penopang tubuh tambahan ketika tidur. Pun, Anda juga bisa menggunakan bantal khusus ibu hamil yang sekarang banyak dijual di pasaran.

Baca Juga  Kiat Sehat Ibu Hamil dengan Gerakan Senam Ibu Hamil

Ahli banyak menyarankan untuk tidur dengan posisi miring dan lutut yang ditekuk. Anda juga bisa menggunakan posisi ini untuk menghindari heartburn.

  1. Jangan konsumsi makanan dan minuman sebelum tidur

Untuk ibu hamil, menjaga tetap terhidrasi dengan baik memang penting. Namun, jangan mengonsumsi makanan atau minuman sebelum tidur. Hal ini dapat menjadi biang kerok tidur Anda terganggu. Bahkan, kalau Anda banyak minum menjelang tidur, hal ini dapat membuat Anda terbangun untuk buang air kecil ketika sedang tidur. Sebaiknya, makan atau minum dengan porsi yang wajar. Satu gelas air putih sebelum tidur sangat lebih dari cukup untuk ibu hamil.

  1. Suasana kamar Anda harus kondusif dan tenang

Buat komitmen dengan pasangan Anda. Kamar tempat Anda tidur harus kondusif, nyaman, dan tenang. Hal ini dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk Anda mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Pun, Anda bisa menggunakan wangi aromaterapi dengan diffuser sebelum tidur. Hal ini dapat menambah relaksasi tubuh Anda.