Ini Cara Mengatasi dan Obat Gatal untuk Ibu Hamil

Cara Mengatasi Gatal Saat Masa Kehamilan – Perubahan hormonal seringkali menyebabkan banyak perubahan pada ibu yang sedang hamil. Tak jarang beberapa gangguan muncul seiring dengan tumbuh kembang jabang bayi di perut, salah satunya adalah gatal-gatal di kulit.

Gatal pada ibu hamil umumnya terjadi di sekitar perut maupun payudara yang disebabkan oleh perubahan hormonal. Meningkatnya hormone HCG (Human Chorionic Gonadatrophin) dan hormone esterogen sering menjadi penyebab utama timbulnya gangguan kesehatan ini.

Peregangan yang terjadi pada kulit akibat makin membesarnya payudara dan perut juga bisa menjadi dalang penyebab gatal pada ibu hamil. Selain itu, kulit ibu hamil yang terlalu kering juga dapat menjadi salah satu yang menyebabkan gatal pada sang ibu.

obat gatal untuk ibu hamil

Penyebab Gatal Pada Ibu Hamil

Ada banyak yang yang menyebabkan gatal pada ibu hamil. Hal ini memang wajar, hampir semua ibu hamil merasakannya. Inilah penyebab gatal pada ibu hamil:

  • Adanya peningkatan suplai darah ke kulit
  • Jaringan di bawah lapisan kulit melebar akibat membesarnya kandungan
  • Kulit kering
  • Adanya perubahan hormon di dalam tubuh, sehingga menyebabkan gatal di bagian telapak tangan, tangan, kaki dan perut
  • Gangguan pada kulit, seperti eksim. Eksim bisa terjadi karena kehamilan atau sebelum kehamilan dan akan memburuk pada masa kehamilan. Tidak semua ibu hamil mengalami eksim.
  • Iritasi kulit akibat gigitan tungau atau infeksi jamur
  • Beberapa ibu hamil mengalami kondisi palmar erythema atau kemerahan dibagian telapak tangan. Gejala ini disertai dengan rasa gatal. hal ini dikarenakan hormon estrogen meningkat selama kehamilan

Kondisi tertentu gatal pada ibu hamil bisa disebabkan oleh penyakit serius, misalnya dikarenakan kolesstatis obstetrik. Tidak semua ibu hamil mengalami hal ini.  kolestatis obstetrik merupakan penyakit gangguan hati yang bisa terjadi pada ibu hamil.  Pada gangguan ini, garam empedu tidak bisa mengalir dari hati ke usus untuk melakukan proses pencernaan. Tetapi hanya berhenti di dalam tubuh saja.  Bila mengalami hal ini, harus ditangani oleh medis dan dilakukan perawatan khusus karena bisa mengganggu perkembangan janin.

Baca Juga  Bahaya Ibu Hamil Minum Kiranti, Mitos atau Fakta?

Cara Mengatasi Gatal Saat Masa Kehamilan

Lalu, apakah yang harus dilakukan jika hal ini terjadi? Well, Anda tidak perlu ke dokter terlebih dahulu sebab tim redaksi memiliki solusi obat gatal untuk ibu hamil yang aman berikut ini:

Tips Pintar Mengatasi Gatal Saat Masa Kehamilan

  • Selesaikan dengan Lidah buaya

Lidah buaya ternyata dapat menjadi obat gatal untuk ibu hamil ampuh yang tidak memberikan efek negatif bagi tubuh. Penggunaan gel lidah buaya memiliki manfaat banyak sekali. Tidak hanya mengatasi jerawat di wajah saja. Kandungan di dalam lidah buaya bersifat antiperadangan, sehingga bisa mengatasi gatal lebih efektif. Anda hanya perlu mengambil beberapa tangkai lidah buaya dan mengeluarkan cairan lendirnya. Oleskan secara merata di area yang terasa gatal, dan voila rasa gatal yang menganggu akan segera hilang. Bila ingin lebih praktis, beli produk kecantikan gel lidah buaya yang kini banyak di pasaran.

  • Gunakan Body Lotion atau Body Butter

Pelembap kulit umumnya dapat digunakan sebagai obat gatal untuk ibu hamil karena dapat menghidrasi kulit sehingga mengurangi rasa gatal dan kering. Pilihlah pelembap yang tidak memiliki kandungan alkohol agar Anda bisa terbebas dari pengaruh buruk. Selain itu pilih pelembab yang tanpa pewangi. Selalu oleskan pelembab di bagian tubuh  yang gatal. ini bisa mengatasi rasa gatal hilang dan kulit lebih kering.

  • Mandilah menggunakan air dingin
Baca Juga  Minum Obat Maag Saat Hamil Apakah Aman? Nih, Informasinya!

Salah satu cara dan obat gatal untuk ibu hamil yang ampuh dan murah lainnya adalah dengan mandi menggunakan air dingin. Hindari penggunaan air hangat karena akan menyebabkan kulit menjadi lebih kering sehingga gatal yang ditimbulkan akan semakin parah. Jangan lupa gunakan pula sabun lembut yang tanpa pewangi untuk meminimalisir potensi iritasi yang mungkin terjadi.

  • Hindari penggunaan baju ketat

Baju ketat sebenarnya sangat tidak direkomendasikan untuk ibu yang sedang mengandung karena dapat menyiksa kulit. Oleh karena itu, gunakanlah baju dengan ukuran longgar agar kulit dapat bernafas bebas. Gunakan pula bahan yang berasal dari katun agar dapat menyerap keringat lebih baik. memakai pakaian terlalu ketat, juga bisa mengganggu tumbuh kembang janin. Karena janin tertekan di area perut.

  • Konsumsi air putih dengan baik

Salah satu penyebab gatal pada ibu hamil adalah kulit yang terlalu kering. Oleh karena itu, mengonsumsi air putih yang cukup dapat menjadi solusi obat gatal untuk ibu hamil yang ampuh dan tentu saja sangat murah. Sehingga kulit lebih terhidrasi dan tidak kering. Setiap orang memiliki maksimum minum air berbeda-beda. Ada yang 1  liter per hari dan 2 liter perhari. Jadi konsumsi air putih sesuai kemampuan anda.

  • Jangan pernah Digaruk

Bila merasa gatal dibagian kulit, jangan digaruk. Karena bisa menyebabkan iritasi. Apalagi anda menggaruk terlalu keras dengan kondisi kuku tajam. Ini bisa melukai bagian kulit ibu hamil. Bisa gunakan kompres air dingin, untuk membuat rasa gatalnya reda dan menghilang.

  • Gunakan Krim antigatal

Untuk kondisi parah, anda bisa menggunakan krim antigatal. Untuk penggunaanya harus sesuai anjuran dokter. karena ibu hamil dilarang untuk berhubungan dengan bahan kimia terus menerus. Tanyakan krim gatal yang aman untuk ibu hamil. Sehingga rasa gatal hilang dan tidak membahayakan janin anda.

  • Jangan Keluar Saat Cuaca Panas
Baca Juga  Waspadai Pendarahan Saat Hamil Muda, Apa Sebabnya?

Jangan keluar rumah pada saat kondisi cuaca panas.  Panas sinar matahari bisa menyebabkan  kulit kering sehingga rasa gatal semakin parah. Bila ingin keluar rumah, gunakan pelembab  yang mengandung SPF. Sehingga bisa melindungi kulit anda dari sinar matahari.

  • Kompres Air Dingin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jangan garuk bagian yang gatal. lebih baik gunakan kompres air dingin di area gatal. sensasi dingin bisa membuat rasa gatal hilang dan kulit lebih nyaman. Masukan beberapa balok es ke handuk kering. Kemudian letakan di area  kulit yang gatal.

Gatal pada ibu hamil ini umumnya muncul pada trimester ketiga kehamilan. Gejala ini akan terus menjadi parah seiring dengan makin tuanya masa kehamilan. Gatal ini sendiri memiliki intensitas berbeda pada setiap ibu, mulai dari yang ringan hingga perut.

Gatal pada ibu hamil sendiri dapat terjadi di area perut dan payudara, namun bisa menyebar ke area paha, kaki, lengan, hingga bokong. Pada beberapa kasus, gatal yang dialami sang ibu hamil dapat menyebabkan timbulnya rasa kebas, ruam, plak, dan kemerahan. Beberapa ibu juga mengalami timbulnya bintik cairan seperti bekas digigit serangga.

Apabila beberapa pilihan obat untuk gatal untuk ibu hamil alami yang telah kami sajikan tersebut tidak dapat meredakan rasa gatal yang mendera, ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter kandungan kesayangan. Selamat mencoba ya bu, semoga selalu sehat dan bahagia.