Manfaat Tidur Siang Untuk Ibu Hamil

Hormon seorang wanita pasti akan berubah ketika masa kehamilan. Inilah penyebab mengapa banyak wanita hamil sering kali merasa letih, lesu, dan lemah ketika beraktivitas. Tentunya, dalam fase kehamilan, sangat menjadi kewajiban untuk ibu hamil sering beristirahat. Guna janin berkembang dengan baik, istirahat menjadi satu hal yang paling penting.

Tahukah Anda bahwa tidur siang adalah hal penting untuk ibu hamil? Ini adalah solusi terbaik. Untuk itu, dalam artikel ini, saya akan menjelaskan betapa bermanfaatnya tidur siang untuk Anda, ibu hamil.

  1. Membuat tubuh dan pikiran lebih rileks dan menaikkan mood

Tidur siang adalah media relaksasi, untuk Anda yang sedang hamil, cobalah tidur siang secara rutin. niscaya, Anda akan merasa lebih tenang, lebih nyaman, dan saraf otak akan seperti segar kembali setelah bangun.

Bukan hanya itu, tidur siang juga menghilangkan kekhawatiran, kecemasan, depresi, dan mudah marah. Kalau Anda sedang hamil, pasti sering merasakan hal ini, bukan? Tidur siang adalah solusi terbaik untuk Anda lakukan.

Pun, tidur siang juga akan membuat Anda ibu hamil 42 persen lebih bahagia dan semangat menjalani rutinitas selama hamil.

  1. Mengurangi potensi bayi lahir dengan berat badan abnormal

Khort Healthy Baby melakukan penelitian di Tiongkok. Dalam penelitian itu dijelaskan bahwa ibu hamil yang tidur siang selama 1-1,5 jam memiliki risiko melahirkan bayi dengan BBLRh atau bayi dengan berat badan lahir rendah 29 persen lebih kecil. Kategori BBLR yakni berkisar di bawah 2500 gram saat lahir.

Baca Juga  Mitos Menyesatkan Ketika Ibu Hamil Menyusui

Penelitian ini sebenarnya tidak spesifik menjelaskan tentang tidur siang. Penelitian ini lebih spesifik menerangkan manfaat tidur selama masa kehamilan untuk mendapatkan potensi terbaik selama beristirahat.

  1. Konsentrasi dan memori akan lebih tajam

Ketika Anda tidur siang, Anda secara tidak langsung memberi tubuh dan bayi untuk mengembalikan energi dengan cara beristirahat. Ketika Anda beraktivitas, tentunya energi berkurang dan membutuhkan jeda (istirahat. Lebih lagi, kalau Anda tidur siang secara teratur, hal ini dapat membawa potensi meninggikan konsentrasi dan daya ingat pikiran. Penurunan konsentarasi dan daya ingat yang kerap dialami ibu hamil bisa diminimalisir. Sehingga Anda bisa menjalani aktivitas lebih fit dan bugar.

  1. Menghilangkan stres setelah beraktivitas berat

Manfaat Tidur Siang Untuk Ibu HamilSangat berbahaya. Sudah sering kali kita mendengar bahwa stres dapat berpotensi menjadi membahayakan kesehatan ibu hamil dan bayinya. Apalagi, kalau Anda adalah ibu hamil namun masih bekerja setiap hari layaknya wanita normal, tidak bisa dipungkiri beban pekerjaan yang menumpuk memicu terjadinya stres. Ketika kondisi tubuh Anda sangat lelah dan ditambah dengan beban pikiran yang menumpuk, otak akan bekerja lebih keras. Hasilnya, otak Anda akan menegang. Karenanya, dengan rutin tidur siang setiap hari selama 30 sampai 60 menit, Anda berpotensi dapat mengurangi stres dengan pencapaian terbaik.

  1. Kualitas tidur malam akan meningkat

Ketika malam hari, seorang ibu hamil akan sulit sekali untuk tidur. Jangankan tidur, hanya untuk memejamkan mata saja, sangat sulit rasanya. Semisal, suhu kamar yang tidak sesuai yang mengganggu, kesulitan mencari posisi tidur yang nyaman, letak bantal tidak nyaman, dan lainnya. Ini menjadi masalah dan membuat sulit untuk tidur dengan nyaman.

Baca Juga  Penting! Ini Dia Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Dengan tidur siang rutin dengan durasi yang disesuaikan, tidur malam Anda akan lebih berkualitas. Selain itu, dengan tidur siang, kondisi tubuh Anda akan menjadi lebih optimal daripada biasanya.

  1. Jumlah darah dan nutrisi meningkat

Seorang bidan, Lynn Simpson, MD, dari Fit Pregnancy, Columbia University Medical, New York, Amerika Serikat, menjelaskan kalau posisi tidur siang yang benar bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi ibu hamil. Kamu bisa mencoba tidur siang dengan posisi miring ke kiri.

Dengan posisi ini, nyatanya sangat membantu seorang ibu hamil untuk meningkat nutrisi dan jumlah darahnya. Aliran yang dibawa oleh plasenta dan bayi akan menjadi lebih baik. Melakukan posisi miring bisa Anda lakukan dengan cara mengganjal bantal di bagian punggung dan depan tubuh Anda.

  1. Mencegah gangguan jantung dan mengembalikan stamina

Luar biasanya adalah: tidur siang sangat memungkinkan untuk membuat Anda dan janin lebih rileks dan sehat. Semisal, risiko kematian akibat penyakit jantung dapat Anda hindari dengan kemungkinan 98 persen.

Baca Juga  Waspadai Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil!

Menyimpan tenaga dan mengembalikan stamina usai bangun tidur, serta meningkatkan kualitas tidur malam sebanyak 12 persen. Tentu hal ini menjadi keuntungan yang bisa langsung dirasakan ibu hamil.

Pertanyaannya, apakah selama ini Anda menerapkan tidur siang secara rutin dalam kegiatan harian Anda? Kalau belum, segera praktekan, ya! Kalau dirasa bermanfaat, bagikan postingan ini ke teman Anda yang ingin hamil atau sedang hamil. Selamat mencoba, ya.