Gerah Saat Hamil – Perubahan yang dialami Ibu yang sedang mengandung tidak hanya terjadi pada kondisi fisik dengan adanya penambahan berat badan. Salah satu yang sering terjadi adalah naiknya konsistensi hormon progesteron yang dapat mempengaruhi terbukanya pembuluh darah kulit. Berkeringat sendiri adalah suatu reaksi alamiah untuk mendinginkan tubuh yang mengalami kepanasan atau lebih tepatnya suhu badan mulai menaik.

Terbukanya pembuluh darah inilah yang nantinya meningkatkan aliran darah di area kulit dan menyebabkan kenaikan suhu badan secara signifikan. Hal inilah yang kemudian menyebabkan munculnya keluhan Gerah Saat Hamil. 

Penyebab Ibu Hamil Merasa Gerah dan Mengeluarkan Banyak Keringat

Tetapi apabila keringat tersebut keluar lebih banyak dari biasanya ketika hamil merupakan masalah yang cukup beresiko karena bagi ibu yang sedang hamil sendiri bisa saja masuk angin atau merasa pengap. Nah untuk penyebab dari itu semua bisa kalian simak ulasanya di bawah ini :

  • Kemungkinan yang pertama dari keluarnya keringat dari anda yang sedang hamil yaitu adanya peningkatan aliran darah kedalam kulit sehingga suhu badan bagi perempuan yang sedang hamil akan merasakan hangat serta merangsang kelenjar keringat yang berfuingsi untuk mendinginkan tubuh .
  • Lalu penyebab yang kedua yaitu terjadinya peningkatan hormone ibu dan hormone tersebut dinamakan hormone progresteron dimana hormo n tersebut akan membuka pori – pori sehingga ibu hamil akan mengalami kenaikan suhu yang cukup tinggi.
  • Ketika usia kandungan sudah semakin tua atau semakin besar maka ukuran janinpun akan semakin membesar sehingga dapat membuat ibu hamil akan sesak nafas maka dari itu akan memper mudah untuk mengeluarkan keringat.
Baca Juga  6 Cara Pintar Mengatasi Perut Kencang Saat Hamil

Itulah penyebab utama dari mengapa ibu hamil koh suka mengeluarkan keringat yang begitu banyak  dan perlu kalian ketahui juga sob apabila ibu hamil koh banyak mengeluarkan keringat yang terlalu sering maka akan membuat ibu hamil sering mengalami kram dan juga berkurangnya garam mineral ketika keringat itu muncul.

Solusi Ibu Hamil Ketika Merasa Gerah

Suhu tubuh yang meningkat pastinya memicu kemunculan keringat yang dalam banyak kondisi cukup mengganggu aktivitas Ibu. Eits, Anda tak perlu cemas sebab tim redaksi siap membantu Anda untuk menghadirkan solusi bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan rasa gerah saat hamil berikut ini:

Gerah Saat Hamil
  • Perbanyak Minum Air Putih

Mengkonsumsi air putih ini sangat baik untuk kesehatan, terutama Anda yang sedang berbadan dua karena suhu tubuh yang meningkat dapat dinetralisir dengan air putih. Pengonsumsian air putih ini juga bermaksud untuk menghindari timbulnya dehidrasi yang mungkin terjadi karena ibu banyak mengeluarkan cairan melalui keringat. Jadi, untuk para Ibu hamil konsumsilah air putih minimal 6 gelas per hari ya.

  • Konsumsi Buah- buahan Segar

Perasaan gerah saat hamil ini dapat menimbulkan rasa dahaga pada Ibu. Nah, hal ini dapat disiasati dengan memperbanyak konsumsi buah.  Buah-buahan segar seperti semangka, jeruk, pir, dan melon yang mengandung banyak air terbukti dapat mengurangi rasa dahaga saat gerah.

Ini Buah yang Baik untuk Ibu Hamil dan Manfaatnya

  • Pilih Pakaian yang Nyaman dikenakan
Baca Juga  Obat Demam untuk Ibu Hamil Ini Tak Punya Efek Samping

Ibu yang mengalami gerah saat hamil ini, harus cermat dalam penggunaan pakaian. Sebaiknya, gunakan pakaian yang berukuran lebih longgar dan berbahan serat alam karena kain-kain seperti itu sangat mudah menyerap keringat sehingga sirkulasi udara dalam tubuh juga dapat berlangsung lancar.

  • Berenang

Olahraga yang satu ini memiliki kelebihan yaitu tidak menimbulkan keringat. Berenang selain dapat membugarkan tubuh, dapat juga memberikan efek segar pada tubuh. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengurangi gerah yang dialami Ibu hamil.

  • Mengikuti Yoga

Ibu yang sedang hamil harus pintar dalam memenejemen hati karena fakor pikiran yang stress ternyata dapat memicu timbulnya keringat berlebih. Perasaan cemas dan khawatir akan semakin membuat Anda kepanasan, oleh karena itu Anda disarankan mengikuti yoga untuk menanggulangi masalah ini. Yoga akan membantu Anda untuk menstimulasi perasaan tenang dan rileks, sekaligus dapat mendinginkan suhu tubuh Anda.

Baca juga: Penasaran? Simak Tanda Kehamilan Anak Perempuan!

Berkeringat saat hamil memang sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan Ibu dalam beraktifitas. Kondisi ini sebenarnya umum terjadi pada Ibu hamil dan bisa diatasi dengan cara yang telah dibagikan sebelumnya, namun Anda harus tetap waspada karena keluhan ini dalam kondisi ekstrim dapat menyebabkani  hyperhidrosis yaitu suatu kejadian dimana tubuh memproduksi keringat berlebih. Jika gerah saat hamil telah dianggap berlebihan, maka Anda bisa segera konsultasi dengan dokter kandungan langganan.

Baca Juga  3 Cara Mengatasi Mual dan Pusing Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *