Nutrisi dan Bahan Alami Rekomendasi Untuk Ibu Hamil

Hamil, adalah masa-masa yang dinanti-nantikan. Karena di masa-masa ini, anda akan mendapatkan buah hati anda. Tetapi, untuk mendapatkan anak yang sehat, anda harus menjaga pola hidup anda. Terutama dalam pola menjaga makanan. Tapi apa saja makanan sehat? Lalu kenapa makanan itu dipilih? Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil.

Sebelum masuk ke daftar makanan yang tepat untuk ibu hamil, kita harus tahu terlebih dahulu, apa saja yang dibutuhkan untuk janin yang lebih sehat? Berikut adalah penjelasannya:

  • 1. Asam folat : Agar tidak lahir cacat
  • 2. Kalsium : Untuk tulang dan gigi
  • 3. Serat : Membantu percernaan ibu hamil
  • 4. Zat besi : Berperan menyalurkan oksigen ke janin
  • 5. Protein : Membantu struktur tubuh dan otak
  • 6. Omega 3 : Pertumbuhan organ dan syaraf
  • 7. Magnesium : Mengurangi risiko prematur
  • 8. Kalium : Menjaga keseimbangan cairan
  • 9. Vitamin B6 : Membantu sistem syaraf dan otak janin.

Nutrisi dan Bahan Alami Penting Untuk Ibu Hamil

Setelah sudah mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh janin, sekarang saatnya memberikan daftar makanan apa saja yang tepat dan sehat untuk ibu hamil. Berikut adalah penjelasannya:

1. Bayam (Top Asam Folat)


Bayam adalah salah satu sayuran yang sangat baik untuk ibu. Karena didalam bayam, terdapat kandungan seperti zat besi, folat,  kalsium dan serat. Serat yang dikandung bayam, dapat membantu ibu hamil mengatasi masalah gangguan pencernaan dan sembelit.

Baca Juga  Bolehkah Buah Nanas untuk Ibu Hamil?

Selain itu, bayam juga mengandung vitamin C yang membantu ibu hamil membentuk sistem kekebalan tubuh. Lalu ada kandungan kalsium yang baik untuk ibu hamil, karena dapat membantu untuk pembentukan tulang pada janin. Lalu yang terakhir adalah zat besi yang baik untuk membantu memproduksi sel-sel darah merah.

Jika anda memilih bayam untuk dikonsumsi, pilihlah bayam yang kondisi nya masih segar. Anda bisa memakan bayam dengan dipadukan campuran wortel dan sedikit bawang merah.

2. Brokoli (Top Serat)

Sayuran kedua yang baik adalah Brokoli. Dengan cara penyajian yang tepat, brokoli bisa menjadi makanan yang enak dan bermanfaat. Jangan memakan brokoli yang sudah disimpan pada kulkas dalam kurun waktu lebih dari 24 jam, karena kandungan nutrisi nya tidak lebih baik daripada yang masih segar.
Manfaat Brokoli, diantaranya adalah:

  1. Mengandung asam folat yang cukup tinggi, sehingga dapat melindungi bayi dari kelainan tulang belakang dan cacat tabung syaraf.
  2. Zat besi pada brokoli bermanfaat untuk mencegah anemia, sehingga membuat ibu hamil selalu segar dan sehat sepanjang hari.
  3. Kalsium pada brokoli, adalah kunci utama untuk pertumbuhan tulang, gigi dan otot pada bayi.

3. Kubis (Top Kalsium)


Ketika anda dalam masa kehamilan, anda harus memasukan kubis sebagai makanan anda. Kubis diusahakan dimasak sampai benar-benar matang, jangan sampai memakan kubis mentah karena dapat membahayakan janin. Tetapi jika kubis dimasak dalam air seperti sup atau tumis, dapat sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Baca Juga  Anemia Pada Ibu Hamil, Penyebab dan Penanganan

Manfaat Kubis, diantaranya adalah:

  1. Kubis membantu proses pembentukkan tulang dan gigi, karena mengandung kalsium yang cukup tinggi
  2. Zat besi pada kubis dapat membantu dalam pembentukkan sel-sel darah merah dan menghindari dari anemia
  3. Asam folat pada Kubis membantu mencegah janin tidak memiliki cacat tabung syaraf
  4. Kubis juga bermanfaat bagi ibu hamil, karena mencegah sembelit dan sumber terbaik vitamin K dan vitamin C

4. Kembang Kol (Top Kalium)

Sayuran yang memiliki jenis yang sama dengan sayuran kubis ini, mempunyai bentuk seperti sayur brokoli tetapi dengan warna putih. Kembang kol bisa dikreasikan menjadi sajian sup atau sayuran tumis. Sayuran ini pun juga memiliki rasa yang lezat dan renyah, apalagi sayuran ini juga baik bagi ibu hamil.
Manfaat Kembang, diantaranya adalah:
Kandungan vitamin c pada kembang kol lebih dari cukup untuk mendukung kebutuhan ibu hamil. Vitamin C dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, dan membantu dalam penyerapan zat besi, sehingga dapat mencegah anemia.
Asam folat yang ada di kembang kol, dapat membantu pembentukan fungsi plasenta dan memelihara kesehatan janin.
Kalsium pada kembang kol juga membantu dalam pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi, selain itu juga dapat menghindari bayi dari cacat syaraf dan otot.

Baca Juga  Jangan Salah, Coklat Juga Punya Manfaat Untuk Ibu Hamil

5. Kacang Hijau (Top Asam Folat)

Kalau soal manfaat, kacang hijau sudah tidak usah ditanya lagi. Kajang hijau sendiri sudah sangat popular bagi masyarakat Indonesia, apalagi karena kandunga protein nya yang tinggi. Di Indonesia sendiri, kacang hijau masuk dalam tiga tanaman paling popular, setelah kedelai dan kacang tanah.

Di Indonesia, banyak olahan kacang hijau yang dapat ditemukan, seperti bubur kacang hijau, kue, dan makanan lainnya. Lalu apa saja manfaat kacang hijau untuk ibu hamil? Berikut adalah beberapa manfaatnya:

  1. Mengurangi resiko penyakit pernafasan pada bayi, jika di konsumsi setiap hari pada trimester pertama.
  2. Sumber protein nabatai yang sangat baik untuk ibu hamil. Kacang hijau bisa berguna untuk mengurangi rasa mual pada trimester pertama.
  3. Mengandung kalium yang sangat tinggi, yang mendukung kesehatan jantung pada ibu hamil dan juga janin.

Itulah beberapa makanan yang tepat untuk ibu hamil, jika diberi asupan yang tepat maka nantinya bayi akan menjadi sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Demikian artikel ini berakhir, semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk anda. Terima kasih sudah membaca.