Obat Panas Dalam untuk Ibu Hamil Paling Manjur

Obat panas dalam untuk ibu hamil – Ada saja gangguan kesehatan atau ketidaknyamanan yang sering dirasakan wanita yang tengah mengandung. Yups, meski telah menjaga kesehatan dengan hati-hati namun seringkali gangguan tetap muncul tanpa dapat diantisipasi.

Salah satu keluhan yang cukup sering mengganggu ibu hamil adalah panas dalam. Kondisi ini sendiri merupakan situasi yang mana sang ibu merasakan panas atau rasa terbakar di area sekitar ulu hati atau sekitar sistem pencernaan. Beberapa menggambarkan bahwa rasa panas ini sering seperti rasa tertusuk benda tajam yang cukup menyakitkan.

Panas dalam umumnya diakibatkan oleh ketidakseimbangan makanan yang mempengaruhi suhu dalam tubuh. Kadangkala, panas dalam juga disebabkan oleh stres selama kehamilan atau naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Anda mungkin berpikir untuk langsung mengonsumsi obat pereda panas dalam apabila mengalami  gangguan ini, namun keberadaan jabang bayi di rahim tentu sedikit banyak menjadi pikiran sebab pengonsumsian obat sembarangan bisa saja mengganggu perkembangannya. Eits, Anda tak perlu khawatir sebab panas dalam dapat diatasi dengan cara mudah dan pengobatan sederhana.

Apa saja sih obat panas dalam untuk ibu hamil tradisional paling manjur? Jika penasaran, berikut adalah beberapa pilihan yang telah dihimpun oleh tim redaksi:

Obat Panas Dalam Alami yang Baik Untuk Ibu Hamil

obat panas dalam untuk ibu hamil

  • Jus labu kuning dan pepaya

Salah satu obat panas dalam untuk ibu hamil yang paling manjur bisa didapatkan melalui labu kuning dan pepaya. Anda dapat meracik minuman ini dengan memblender 100gram labu kuning yang dicampur dengan 50gram pepaya. Anda juga dapat menambahkan gula batu sebagai pemanis dan perasa minuman. Konsumsi ramuan ini secara teratur, maka panas dalam dapat segera menghilang.

  • Jeruk

Siapa yang menyangka bahwa jeruk dapat dijadikan sebagai obat panas dalam untuk ibu hamil. Kandungan asam askorbat yang dimiliki buah ini sangat bermanfaat untuk menetralkan asam lambung sehingga meredakan gejala panas dalam. Kandungan flavonoid dan fitonutrien di dalam buah ini juga bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran sang ibu. Konsumsi buah ini secara teratur maka Anda akan terhindar dari potensi terkena panas dalam. Selain baik untuk panas dalam jeruk juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil serta janin.

  • Kelapa hijau
Baca Juga  Cara Cepat Atasi sembelit pada Ibu Hamil Secara Alami

Kelapa hijau memang sejak dulu dikenal sebagai minuman yang menyegarkan bagi tubuh. Anda yang sedang hamil dan terkena panas dalam dapat menjadikannya sebagai alternatif mengatasi gangguan tersebut. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan air kelapa hijau dengan tiga sendok makan madu asli. Konsumsi ramuan ini ketika Anda sedang mengalami panas dalam, maka gangguan tersebut akan berangsur menghilang

  • Jeruk nipis

Jeruk nipis juga dapat dijadikan sebagai salah satu obat panas dalam untuk ibu hamil alami dan murah. Anda tinggal mencampurkan air jeruk nipis yang sudah diperas dengan menambahkan sedikit madu alami. Konsumsi minuman tersebut ketika gangguan datang, maka akan manjur untuk mengatasinya.

  • Pisang

Pisang memiliki kandungan antasid yang memiliki manfaat mencegah kenaikan asam lambung yang menjadi penyebab timbulnya panas dalam. Selain itu, buah ini mengandung banyak mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi yang baik bagi kesehatan. Pisang juga mengandung beta karoten dan vitamin B6 yang telah lama dipercaya berperan penting dalam membantu menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap sehat.

Artikel Menarik Lainnya: Bingung Memilih Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil? Ini Dia Daftarnya!

  • Kumur Air Garam

Kumur dengan menggunakan air garam, bisa membantu meredakan panas dalam. Cukup campurkan air putih hangat dengan satu sendok teh garam. Cukup lakukan  cara ini sehari sekali, ini bisa membantu tenggorokan lebih segar.  Berkumulah selama 20 sampai 30 menit kemudian buang.

  • Ampas Teh

Banyak orang yang membuat ampas teh celup begitu saja. Padahal masih memiliki manfaat untuk mengatasi panas dalam buat ibu hamil. Daun teh mampu mengatasi peradangan dan meradakan nyeri akibat panas dalam.

  • Madu

Madu memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Termasuk untuk ibu hamil, bisa membantu menghilangkan panas dalam. Penggunaanya pun sangat mudah, anda cukup memakan sehari dua kali. Bisa dicampurkan pada teh atau minuman lainnya. Cara mudah ini bisa membantu meredakan rasa sakit akibat panas dalam. Gunakan madu yang murni, bukan madu sachetan dan sudah dicampur banyak gula.

  • Air Beras

Air beras sering digunakan untuk perawatan wajah, tetapi bisa digunakan untuk meredakan panas dalam ibu hamil. Air beras dikenal dengan air tajin. Berwarna putih susu dan orang zaman dulu sering mengkonsumsinya sebagai pengganti susu. Air beras mengandung nutrisi tinggi. Proses pembuatannya memang cukup rumit. Cuci beras sampai bersih. Kemudian masukan ke panci dan tambahkan air. Rebus beras sampai mendidih dan mengental. Pisahkan bagian beras dan airnya, kemudian dinginkan air beras yang sudah direbus.  Minum 2 kali sehari sampai panas dalam sembuh.

  • Daun dan Akar Alang-Alang

Daun dan akar alang-alang sering digunakan sebagai ramuan tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Rumput liar ini mengandung  efek antipiretik. Selain itu mengandung flavanoid yang membantu menghambat prostagladin, sehingga mencegah suhu tubuh meningkat. Ambil beberapa alang-alang. Cabut sampai ke bagian akarnya. Potong dibagian pangkal batang, sehingga tersisa batang dan akarnya, cuci bersih bagian umbi alang-alang. Kemudian rebus dengan menggunakan air secukupnya. Tunggu sampai mendidih dan minum air rebusan alang-alang setiap harinya.

  • Sari Kacang Hijau

Sari kacang hijau ampuh mengobati panas dalam. Selain itu bisa membuat tubuh lebih segar dan berenergi. Anda bisa membuat sari kacang hijau sendiri dengan bahan yang sederhana. Kacang hijau mengandung vitamin B tinggi, membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan mengatasi masalah bibir kering. Rebus kacang hijau, seperti membuat bubur kacang hijau. Tidak perlu ditambah gula sama sekali. Bila rasanya kurang manis, gunakan madu untuk menambah rasa manisnya. Minum sehari sekali sampai panas dalam hilang.

  • Biji Selasih

Biji selasih sering digunakan untuk membuat es buah. Tetapi biji yang berwarna hitam ini bisa digunakan untuk mengobati panas dalam. Biji selasih mengandung vitamin c tinggi, sehingga membantu menurunkan panas di dalam tubuh. Ambilah satu sendok makan selasih, kemudian seduh dengan air panas. Campurkan dengan air dingin, kemudian minum selagi masih segar.

  • Konsumsi Banyak Air Putih

Perbanyak konsumsi air putih, menjadi cara sederhana untuk meredakan panas dalam. Selain itu aman untuk ibu hamil. Bila anda takut mengkonsumsi obat menghilangkan panas dalam, lebih baik menggunakan cara ini. mudah dan tidak memberikan efek samping berbahaya.

Mengonsumsi obat secara sembarangan tentu bukanlah hal yang direkomendasikan karena berpotensi membahayakan kesehatan ibu dan sang jabang bayi. Oleh karena itu beberapa alternatif bahan tradisional tersebut dapat dijadikan sebagai obat panas dalam untuk ibu hamil paling ampuh tanpa menimbulkan efek samping. Selain beberapa obat alami diatas, masih banyak bahan alami yang bisa  Selamat mencoba.