Tips Mencegah Bayi Lahir Prematur

Tips Mencegah Bayi Lahir Prematur – Selama masa kehamilan, seorang wanita harus menjaga baik-baik kehamilannya. Karena selama kehamilan wanita tersebut tidak hanya menjaga dirinya sendiri melainkan juga bayi yang di kandungnya. Banyak resiko yang bisa di alami oleh seorang wanita yang sedang hamil. Salah satunya yakni bayi lahir prematur.

Tips Mencegah Bayi Lahir Prematur

Bayi yang lahir prematur bisa disebabkan oleh faktor-faktor berikut ini:

  1. Faktor Dari Ibu

Bayi yang lahir dengan prematur bisa disebakan oleh ibunya yang memiliki berbagai masalah seperti postur tubuh yang kecil, gizi ibu hamil, kesehatan rahim ibu hamil, serta infeksi yang terjadi pada ibu hamil.

  1. Faktor Ekonomi

Kelahiran prematur juga di pengaruhi oleh faktor ekonomi seperti  situasi sosioekonomi keluarga, karakter kegiatan pekerjaan ibu, tingkat pendidikan, jalinan keluarga, dukungan psikologis suami sepanjang hamil, serta terjadinya stres lingkungan.

  1. Faktor Service Kesehatan

Masalah lain yang dapat menyebabkan bayi lahir prematur yakni kurangnya kontrol kehamilan, sehingga ibu hamil terbatasi segala sesuatu mengenai fasilitas dan pelayanan kesehatan yang belum berjalan dengan baik.

  1. Faktor Lingkungan serta Kesehatan

Faktor satu ini juga berpengaruh kepada kesehatan ibu hamil, yakni dimana seorang ibu terkontaminasi racun baik polusi maupun lingkungan sekitar tentunya bisa menjadi pemicu terjadinya kelahiran prematur.

Baca Juga  Obesitas Pada Ibu Hamil

Dengan berbagai faktor seperti di atas, maka ibu hamil harus waspada dengan resiko kelahiran prematur tersebut. Nah, di bawah ini adalah Tips Mencegah Bayi Lahir Prematur untuk ibu hamil:

  1. Ibu Hamil Harus Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Jangan pernah sepelakan masalah kesehatan gigi dan mulut. Biasakan untuk selalu menggok gigi setelah makan dan sebelum tidur selama kehamilan, hal ini juga didukung oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit gusi dan gigi bisa meningkatkan risiko bayi lahir prematur.

  1. Ibu Hamil Jangan Lewatkan Sarapan

Dalam hal ini beberapa ahli juga mengaitkan antara kebiasaan melewatkan sarapan dengan bayi lahir prematur. Nah, maka dari itu rutin sarapan sehat selama masa kehamilan

  1. Jangan Lupa Vaksin

Ibu hamil harus selalu melakukan berbagai vaksinasi yang di anjurkan, salah satunya yakni vaksin untuk menangkal flu. Walaupun terdengar tidak begitu penting. Akan tetapi hal ini sangat perlu dilakukan. Karena penyakit flu bisa menjadi faktor pemicu kelahiran premature

  1. Hindari Alkohol dan Rokok

Walaupun dalam beberapa riset disebutkan bahwa wine aman dikonsumi, namun alangkah baiknya jika kebiasaan minum alkohol dan merokok dihentikan untuk mencegah bayi lahir prematur.

  1. Perhatikan Berat Badan Ibu Hamil

Seperti kita tahu bahwa wanita hamil normalnya akan mengalami peningkatan berat badan. Maka dari itu perhatikan dan sesuaikan peningkatan berat badan dengan usia kehamilan. Karena jika ibu hamil memiliki berat badan yang kurang akan beresiko melahirkan bayi prematur. Untuk mengetahui berat badan ideal ibu hamil, bisa di cek di artikel kita tentang Berapakah Berat Badan Ideal untuk Ibu Hamil

  1. Rutin Kontrol Kehamilan dan Konsumsi Vitamin

Untuk mengetahui kesehatan kehamilan maka ibu hamil harus rutin memeriksakan kesehatan kehamilan kepada dokter kandungan. Selain itu konsumsi juga vitamin yang di butuhkan selama masa kehamilan. Yuk cek artikel kita dengan judul Nutrisi dan Bahan Alami Rekomendasi Untuk Ibu Hamil

  1. Minum air

Satu lagi penyebab bayi lahir prematur yakni dehidrasi.  Dimana kurangnya cairan tubuh dapat menyebabkan kontraksi yang akhirnya memicu bayi lahir prematur. Untuk itu banyak minum air putih selama kehamilan.

Baca Juga  Kiat Sehat Ibu Hamil dengan Gerakan Senam Ibu Hamil

Demikianlah  tadi ulasan kita mengenai Tips Mencegah Bayi Lahir Prematur. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam menjaga proses kehamilan senantiasa sehat. Salam sehat selalu!